Saturday, July 27, 2019

Pengertian Pemberdayaan Masyarakat

Pengertian Pemberdayaan Masyarakat. Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya pemerintah untuk mendorong akselerasi penurunan angka kemiskinan yang berbasis partisipasi yang diperlukan sanggup membuat proses penguatan sosial yang sanggup mengantar masyarakat miskin menuju masyarakat yang madani, sejahtera, berkeadilan serta berlandaskan iktikad dan takwa.

Definisi Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan masyarakat ialah upaya meningkatkan kemampuan dan potensi yang dimiliki masyarakat, sehingga masyarakat sanggup mewujudkan jati diri, harkat dan martabatnya. Secara maksimal untuk bertahan untuk berbagi diri secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri baik di bidang sosial, ekonomi, agama, dan budaya.

Menurut (Sumaryadi, 2005:11) pemberdayaan masyarakat ialah “upaya mempersiapkan masyarakat seiring dengan langkah memperkuat kelembagaan masyarakat supaya mereka bisa mewujudkan kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan dalam suasana keadilan sosial yang berkelanjutan”.

Menurut (Abu Huraerah, 2008:87) Pemberdayaan masyarakat ialah sebuah proses dalam bingkai perjuangan memperkuat apa yang lazim disebut community self-reliance atau kemandirian. Dalam proses ini masyarakat didampingi untuk membuat analisis duduk masalah yang dihadapi, dibantu untuk menemukan alternatif solusi duduk masalah tersebut, serta diperlihatkan seni administrasi memanfaatkan banyak sekali kemampuan yang dimiliki.

Menurut (Chamber, 1995). Pemberdayaan masyarakat ialah konsep pembanguan ekonomi yang merangkum nilai-nilai masyarakat untuk membangun paradigma gres dalam pembangunan yang bersifat people- centered, participatory, empowerment and sustainable.

Menurut Wrihatnolo dan Dwidjowijoto (2007: 74),  “konsep pemberdayaan masyarakat meliputi pengertian community development (pembangunan masyarakat) dan community based development (pembangunan yang bertumpu pada masyarakat), dan tahap selanjutnya muncul istilah community driven development yang diterjemahkan sebagai pembangunan yang diarahkan masyarakat atau diistilahkan sebagai pembangunan yang digerakkan oleh masyarakat...”

Upaya pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan tiga hal

  • Menciptakan iklim yang memungkinkan potensi insan berkembang. Titik tolaknya ialah pemfokusan bahwa setiap insan dan masyarakat mempunyai potensi-potensi, lalu diberikan motivasi dan penyadaran bahwa potensi itu sanggup dikembangkan
  • Memperkuat potensi yang dimiliki masyarakat dimana perlu langkah-langkah yang lebih positif dan nyata, penyediaan banyak sekali masukan serta pembukaan banyak sekali saluran kepada banyak sekali peluang yang akan membuat masyarakat bisa dan memanfaatkan peluang. Pemberdayaan pada jalur ini sanggup berupa pemberian banyak sekali santunan produktif, pelatihan, pembangunan sarana dan prasarana baik fisik maupun sosial, dan pengembangan kelembagaan di tingkat masyarakat.
  • Pemberdayaan mengandung arti pemihakan pada pihak yang lemah untuk mencegah persaingan yang tidak seimbang dan membuat kemitraan yang saling menguntungkan.

Upaya pokok dalam setiap pemberdayaan masyarakat

  • Bina manusia. Yang termasuk ke dalam upaya bina insan ialah semua aktivitas yang termasuk dalam upaya penguatan atau pengembangan kapasitas
  • Bina usaha menjadi suatu upaya penting dalam setiap pemberdayaankarena bina insan tanpa menawarkan efek atau manfaat bagiperbaikan kesejahteraan (ekonomi atau non ekonomi) akanmenambah kekecewaan. Sebaliknya, hanya bina insan yangmampu (dalam waktu dekat) menawarkan efek atau manfaat bagiperbaikan kesejahteraan yang akan memperoleh dukungan dalambentuk partisipasi masyarakat.
  • Bina lingkungan. Terpenuhinya segala kewajiban yang ditetapkan dalam persyarataninvestasi dan operasi yang terkait dengan perlindungan, pelestariandan pemulihan (rehabilitasi/reklamasi) sumber daya alam danlingkungan hidup.
  • Bina kelembagaan. Kelembagaan sering diartikan sebagai pranata sosial atau organisasisosial, apabila memenuhi 4 komponen yaitu: Komponen person, kepentingan, hukum dan struktur.

No comments:

Post a Comment