Monday, July 29, 2019

Pengertian Sumber Daya Insan Dan Komponennya

Pengertian Sumber Daya Manusia Dan Komponennya. Pada ketika ini tenaga kerja biasa juga dikenal dengan istilah Sumber Daya Manusia. Sumber daya insan mempunyai posisi yang sangat strategis dalam organisasi, artinya unsur insan memegang peranan penting dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Eksistensi sumber daya insan itulah yang terdapat dalam organisasi yang kuat. Mencapai kondisi yang diharapkan dibutuhkan adanya administrasi terhadap sumber daya insan secara memadai sehingga terciptalah sumber daya insan yang berkualitas, loyal dan berprestasi.

Pengertian Sumber Daya Manusia Dan Komponennya Pengertian Sumber Daya Manusia Dan Komponennya

Sumber daya insan merupakan salah satu hal yang terpenting dalam sebuah organisasi. Secara umum, suatu organisasi (dalam hal ini perusahaan) tidak sanggup dipisahkan dari sumber daya manusia. Keberhasilan suatu perusahaan mencapai tujuannya tidak lepas dari tugas sumber daya insan yang efektif. Efektifitas kerja karyawan sangat mendukung perusahaan dalam mencapai tujuan organisasi dan meningkatkan kinerja perusahaan tersebut. Usaha untuk terus meningkatkan efektifitas kerja karyawan harus terus dilakukan oleh perusahaan.

Definisi Sumber Daya Manusia

Menurut Werther dan Davis dalam Sutrisno (2009:1) pengertian sumber daya insan ialah pegawai yang siap, bisa dan siaga dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi. Timbulnya kebutuhan untuk membantu organisasi dalam melaksanakan tujuannya merupakan profesionalisme dalam bekerja. Kebutuhan akan profesionalisme mengatakan bahwa semakin berperannya sumber daya insan dalam mencapai keberhasilan organisasi.

Dikutip dari wikipedia. Sumber daya insan (SDM) ialah merupakan salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak sanggup dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang memilih perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa insan yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi itu.

Menurut Hadari Nawawi yang dimaksud sebagai sumber daya insan mencakup tiga pengertian, yaitu :
  • Sumber daya insan ialah insan yang bekerja di lingkungan suatu organisasi yang disebut juga personil, tenaga kerja atau karyawan.
  • Sumber daya insan ialah potensi manusiawi sebagai pelopor organisasi dalam mewujudkan eksistensinya.
  • Sumber daya insan ialah potensi yang merupakan aset dan berfungsi sebagai modal baik non material ataupun non finansial di dalam organisasi bisnis, yang sanggup diwujudkan menjadi potensi faktual secara fisik dan non fisik dalam mewujudkan eksistensinya.

Sumber daya insan secara mikro ialah individu yang bekerja dan menjadi anggota suatu perusahaan atau institusi dan biasa disebut sebagai pegawai, buruh, karyawan, pekerja, tenaga kerja dan lain sebagainya.

Sumber daya insan secara makro ialah penduduk suatu negara yang sudah memasuki usia angkatan kerja, baik yang belum bekerja maupun yang sudah bekerja.

Pengertian sumber daya insan secara umum ialah insan yang ada di dalam lingkungan suatu organisasi untuk bekerja, yang mempunyai potensi untuk melaksanakan kegiatan organisasi. Sumber daya insan juga sanggup disebut sebagai aset yang dimiliki oleh suatu organisasi untuk menghasilkan suatu potensi dalam bentuk hasil kerja yang faktual bagi kepentingan organisasi.

Komponen Sumber Daya Manusia

  1. Pengusaha, ialah setiap orang yang menginvestasikan modalnya untuk memperoleh pendapatan dan besarnya pendapatan itu tidak menentu tergantung pada keuntungan yang dicapai perusahaan tersebut.
  2. Karyawan, ialah penjual jasa (pikiran dan tenaganya) untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan dan berhak memperoleh kompensasi yang besarnya telah ditetapkan terlebih dahulu (sesuai perjanjian).
  3. Pemimpin, ialah seseorang yang mempergunakan wewenang dan kepemimpinannya untuk mengarahkan orang lain serta bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut dalam mencapai suatu tujuan.

No comments:

Post a Comment