Saturday, July 27, 2019

Pengertian Pendidikan Abjad Serta Tujuannya

Pengertian pendidikan abjad Serta Tujuannya. Pendidikan abjad ini merupakan salah satu alat yang paling penting dan harus dimiliki oleh setiap orang. Sehingga tingkat pengertian pendidikan abjad seseorang juga merupakan salah satu alat terbesar yang akan menjamin kualitas hidup seseorang dan keberhasilan pergaulan di dalam masyarakat.

Definisi Pendidikan Karakter

Menurut Muchlas Samani & Harianto, pendidikan abjad konsep dan model,(Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2011),hal.45 Pendidikan abjad yaitu upaya sadar dan sungguh-sungguh dari seorang guru untuk mengerjakan nilai-nilai kepada para sisiwanya.

Dikutip dari wikipedia Pendidikan abjad merupakan bentuk aktivitas insan yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pendidikan abjad yaitu untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik.

Menurut Dharma kusuma, pendidikan abjad kajian teori dan praktik di sekolah, (Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2011),hal.5 pendidikan abjad yaitu sebuah perjuangan untuk mendidik bawah umur biar sanggup mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikanya dalam kehidupan sehari-hari,sehingga mereka sanggup menunjukkan donasi yang positifkepada lingkunganya.

Menurut Depdiknas (2010), pendidikan abjad yaitu segala sesuatu yang dilakukan guru, yang bisa mempengaruhi abjad pesertadidik. Guru membantu membentuk tabiat penerima didik. Hal ini mencakup keteladanan bagaimana sikap guru, cara guru berbicara atau memberikan materi, bagaimana guru bertoleransi, dan aneka macam hal terkait lainnya. Berdasarkan grand designyang dikembangkan Kemendiknas tersebut, secara psikologis dan sosial kultural pembentukan abjad dalam diri individu merupakan fungsi dari seluruh potensi individu insan (kognitif, afektif, konaktif, dan psikomotorik) dalam konteks interaksi sosial kultural (dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat) dan berlangsung sepanjang hayat.

Tujuan Pendidikan Karakter

Pendidikan abjad bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakteratau etika mulia penerima didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai standar kompetensi lulusan. Melalui pendidikan abjad dibutuhkan penerima didik bisa secara berdikari meningkatkan dan memakai pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai abjad dan etika mulia sehingga terwujud dalam sikap sehari-hari.

Menurut Rachman (2000),tujuan pendidikan abjad diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Mengembangkan potensi afektif penerima didik sebagai insan dan warga negara yang mempunyai nilai-nilai karakter.
  • Mengembangkan kebiasaan dan sikap penerima didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya dan abjad bangsa.
  • Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab penerima didik sebagai generasi penerus bangsa.
  • Mengembangkan kemampuan penerima didik menjadi insan yang berdikari dan kreatif.
  • Mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan mencar ilmu yang aman, jujur, penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan penuh kekuatan.

Pendidikan abjad memilki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya yaitu membentuk pribadi anak, supaya menjadi insan yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik. Adapun kriteria insan yang baik, warga masyarakat yang baik, dan warga negara yang baik bagi suatu masyarakat atau bangsa, secara umum yaitu nilai-nilai sosial tertentu, yang banyak dipengaruhi oleh budaya masyarakat dan bangsanya. Oleh alasannya yaitu itu, hakikat dari pendidikan abjad dalam konteks pendidikan di Indonesia yaitu pendidikan nilai, yakni pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia sendiri, dalam rangka membina kepribadian generasi muda.

Pendidikan abjad bagi anak bertujuan biar secara sedini mungkin dapat:
  • Mengetahui aneka macam abjad baik manusia.
  • Mengartikan dan menjelaskan aneka macam karakter.
  • Menunjukkan rujukan sikap berkarakter dikehidupan sehari-hari.
  • Memahami sisi baik menjalankan sikap berkarakter.
  • Memahami dampak jelek alasannya yaitu tidak menjalankan abjad baik.
  • Melaksanakan sikap berkarakter dalam kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment