Sunday, July 28, 2019

Pengertian Kompetensi Serta Karakteristiknya

Pengertian Kompetensi Serta Karakteristiknya. Mungkin anda pernah mendengar kata kompetensi namun tahukah anda apa yang dimaksud dengan kompetensi. Berikut yaitu klarifikasi singkat seputar pengertian kompetensi serta tipe karakteristik kompetensi.

Definisi Kompetensi

Menurut estimologi kompetensi diartikan sebagai kemampuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan atau melaksanakan pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan perilaku kerja. Sehingga dapatlah dirumuskan bahwa kompetensi sebagai kemampuan seseorang yang sanggup terobservasi meliputi atas pengetahuan, keterampilan dan perilaku kerja dalam dalam menuntaskan suatu pekerjaan atau kiprah menuntaskan suatu pekerjaan atau kiprah sesuai dengan standar performa yang ditetapkan

Definisi kompetensi berdasarkan Depdikbud (1994) yaitu karakteristik yang dimiliki oleh individu dan dipakai secara sempurna dengan cara yang konsisten untuk mencapai kinerja yang diinginkan.

Kompetensi dimaknai pula sebagai pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir, dan bertindak. Kompetensi sanggup pula dimaksudkan sebagai kemampuan melaksanakan kiprah yang diperoleh melalui pendidikan dan / atau latihan (Herry, 1998),

Menurut Finch dan Crunkilton, kompetensi yaitu penguasaan terhadap suatu tugas, keterampilan, sikap, dan apresiasi yang diharapkan untuk menunjang keberhasilan. Hal itu mengatakan bahwa kompetensi meliputi tugas, keterampilan perilaku dan apresiasi yang harus dimiliki penerima didik untuk sanggup melaksanakan kiprah - kiprah pembelajaran sesuai dengan jenis pekerjaan tertentu.

Menurut UU No. 13/2003 wacana Ketenagakerjaan: pasal 1 (10), “Kompetensi yaitu kemampuan kerja setiap individu yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan perilaku kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan”.

Kompetensi merupakan pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak secara konsisten dan terus menerus yang memungkinkan seseorang menjadi kompeten, dalam arti mempunyai pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai dan perilaku dasar untuk melaksanakan sesuatu. Kebiasaan berpikir dan bertindak itu didasari oleh kebijaksanaan pekerti luhur baik dalam kehidupan pribadi, sosial, kemasyarakatan, keberagamaan, dan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kompetensi dibagi atas 2 kategori, yaitu
  • Kompetensi Inti atau Dasar; yaitu kompetensi minimal yang mutlak dimiliki oleh pelaku profesi, dan
  • Kompetensi Tambahan atau Lanjutan; yaitu pengembangan dari pengetahuan dan keterampilan dasar untuk mendukung kiprah suatu profesi dalam memenuhi tuntutan / kebutuhan masyarakat yang sangat dinamis serta perkembangan IPTEK.

Tipe karakteristik kompetensi

  1. Motif-motif (motives), sesuatu yang secara konsisten dipikirkan dan diinginkan, yang menyebabkan tindakan seseorang;
  2. ciri-ciri (traits), karakteristik fisik dan respon-respon yang konsisten terhadap situasi atau informasi;
  3. Konsep diri (self-concept), sikap-sikap, nilai-nilai atau citra wacana diri sendiri seseorang;
  4. Pengetahuan (knowledge), gosip yang dimiliki seseorang dalam area spesifik tertentu;
  5. Keterampilan (skill), kecakapan seseorang untuk menampilkan kiprah fisik atau kiprah mental tertentu.

No comments:

Post a Comment