Thursday, November 7, 2019

Macam Simetri Lipat Dan Simetri Putar Berdiri Datar

Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar - Seperti yang telah diajarkan dalam pembelajaran matematika bahwa setiap berdiri datar mempunyai sifat dan ciri ciri yang berbeda antara satu berdiri datar dengan yang lain. Baik simetri lipat dan simetri putar termasuk dalam salah satu sifat pada berdiri datar tersebut. Bahkan sifat dan macam simetri pada berdiri datar sendiri telah menjadi bahan yang umum kita jumpai di sekolah.

Terdapat aneka macam jenis jenis berdiri datar yang tentunya mempunyai simetri lipat dan simetri putar yang berbeda beda diantaranya yaitu Persegi, Persegi Panjang, Segitiga sama kaki, Belah Ketupat, Jajar Genjang, Segitiga sama sisi, Segitiga siku-siku, Trapesium siku-siku, Trapesium sama kaki, Trapesium sembarang, Layang layang, dan Lingkaran. Setiap berdiri datar tersebut mempunyai simetri lipat dan simetri putar yang berbeda satu sama lain yang intinya sanggup kita identifikasi dengan memakai pemikiran atau logika semata.

Macam Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar

Dalam artikel kali ini kita akan membahas bahan wacana sifat berdiri datar yakni simetri baik itu simetri lipat dan simetri putar yang terdapat pada semua berdiri datar. Langsung saja kita simak bahan kali ini. Perlu kita ingat bahwa terdapat berdiri datar yang dengan kriteria dibawah ini:
  • Memiliki simetri putar dan simetri lipat.
  • Memiliki simetri putar dan tidak mempunyai simetri lipat.
  • Tidak mempunyai simetri putar tetapi mempunyai simetri lipat.
  • Tidak mempunyai simetri putar dan simetri lipat.

Simetri lipat berdiri datar

Simetri lipat pada berdiri datar sanggup diartikan sebagai jumlah lipatan yang ada pada berdiri datar yang sanggup membagi berdiri datar itu hingga setengah bagiannya menutupi setengah bab berdiri datar yang lainnya. Singkatnya garis yang bisa membagi berdiri datar menjadi dua buah dan kongruen disebut sumbu simetri. Tidak semua jenis berdiri datar mempunyai sumbu simetri alasannya yaitu ada beberapa berdiri datar yang tidak mempunyai sumbu simetri bahkan mempunyai sumbu simetri yang tidak terbatas.

Simetri putar berdiri datar

Sebuah berdiri datar dikatakan mempunyai simetri putar kalau berdiri datar tersebut mempunyai ttik sentra yang apabila diputar kurang dari satu putaran  mampu menghasilkan berdiri dengan bentuk yang semula. Kaprikornus sanggup disimpulkan simetri putar pada berdiri datar yaitu banyaknya bayang bayang berdiri yang bisa dihasilkan dalam kurang dari satu putaran.

Simetri putar dan simetri lipat persegi
Persegi merupakan berdiri datar yang bisa dikatakan fleksibel alasannya yaitu mempunyai 4 simetri lipat dan 4 simpetri putar. Apabila kita lipat persegi tersebut maka akan terdapat 4 lipatan yang bisa menutupi bab lain. Dan apabila kita putar sebanyak 90 derajat maka akan membentuk persegi juga.

Selain berdiri persegi intinya masih terdapat aneka macam berdiri datar ibarat segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga tak beraturan, jajar genjang, layang layang, belah ketupat, persegi panjang, bulat dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tabel di bawah ini:
Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Macam Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar
Macam Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar
Itulah bahan tentang Macam Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar yang sanggup aku sampaikan kali ini. Pada dasarnya selain mempunyai simetri berdiri datar juga mempunyai sifat sifat dan ciri ciri yang akan kita bahas dalam artikel selanjutnya. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment