Saturday, July 27, 2019

Pengertian Keadilan Organisasi Serta Aspek-Aspeknya

Pengertian Keadilan Organisasi Serta Aspek-Aspeknya. Karyawan memakai istilah keadilan organisasi untuk menggambarkan suatu keadilan yang berlangsung di lingkungan organisasi. Yang mana Keadilan organisasi menekankan kepada keputusan manajer, persamaan yang dirasakan, efek keadilan dan relasi antara individu dengan lingkungan kerjanya serta menggambarkan persepsi individu mengenai keadilan di daerah kerja. Berikut ialah klarifikasi seputar pengertian keadilan organisasi

Definisi Keadilan Organisasi

Menurut Greenberg (2010:201) keadilan organisasi ialah persepsi masyarakat ihwal keadilan dalam organisasi, yang terdiri dari persepsi ihwal bagaimana keputusan dibentuk mengenai distribusi hasil (keadilan prosedural) dan keadilan yang dirasakan orang-orang hasil-hasil itu sendiri (seperti yang dipelajari dalam equity theory).

Menurut Kreitner dan Kinicki (2010:221) dalam bukunya yang berjudul Organizational Behavior, keadilan organisasional mencerminkan sejauh mana karyawan melihat bagaimana mereka diperlakukan secara adil di daerah kerja. Dapat identifikasi dari tiga komponen yang berbeda dari keadilan organisasi antara lain keadilan distibutif, keadilan prosedural dan keadilan interaksional.

Menurut Laghari dan Memon (2015) beropini bahwa keadilan organisasi menjadi elemen utama yang berfokus pada keadilan yang terjadi di daerah kerja dan kepuasan yang dirasakan oleh karyawan. Sehingga keadilan organisasi didasari oleh bagaimana setiap karyawan menilai sikap dan sikap karyawan lain dan bagaimana sikap organisasi terhadap mereka.

Menurut Ivancevich et al (2011:136), keadilan organisasional merupakan penelitian ilmu organisasi yang berfokus pada persepsi dan evaluasi oleh karyawan mengenai kewajaran mekanisme dasar dan keputusan organisasi mereka. Inti keadilan ialah bahwa karyawan membandingkan perjuangan dan penghargaan yang mereka terima dengan orang lain dalam situasi kerja yang serupa.

Aspek Keadilan Organisasi

  • Keadilan Prosedural. Terkait dengan organisasi, contohnya kesepakatan organisasi dan mekanisme formal yang ada di organisasi. Keadilan prosedural dianggap sebagai nilai untuk membandingkan proses yang dialami seseorang dengan beberapa peraturan yang telah digeneralisasikan.
  • Keadilan distributif merupakan keadilan dari sebuah distribusi dimana semua pihak mendapat hasil atau pembagian yang sama. keadilan distributif sanggup diartikan sebagai evaluasi karyawan terhadap kesesuaian imbalan atau kompensasi yang diterima dari organisasi sudah sesuai dan dianggap wajar.
  • Keadilan interaksional merupakan persepsi rasa hormat, sopan santun, bermartabat yang dirasakan oleh karyawan terhadap perlakuan seorang atasan dalam mengambil sebuah keputusan kepada karyawannya. Keadilan interaksional berkaitan dengan bagaimana kewajaran perlakuan interpersonal yang dirasakan oleh karyawan dalam pengambilan keputusan didalam organisasi

No comments:

Post a Comment