Sunday, July 28, 2019

Pengertian Skripsi Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Skripsi Dan Jenis-Jenisnya. Apa Yang dimaksud dengan Skripsi...? Skripsi merupakan salah satu karya ilmiah dalam suatu bidang studi yang ditulis oleh mahasiswa jadwal sarjana (S1) pada selesai bidang studi. Karya ilmiah ini merupakan salah satu persyaratan untuk menuntaskan studi jadwal dan sanggup ditulis menurut hasil penelitian lapangan, hasil pengembangan atau hasil kajian pustaka.

Penulisan skripsi juga merupakan bab dari aktivitas pendalaman displin ilmu lewat aktivitas tulis-menulis bagi mahasiswa jadwal S-1. Bahkan, alasannya yaitu pentingnya aktivitas ini, kadar kelulusan atau ketuntasan jadwal S-1 ini ditentukan oleh kualitas hasil skripsi yang disusunnya. Mengapa demikian? Karena skripsi merupakan karya selesai atau karya puncak yang dianggap sanggup menawarkan indikator kadar pemahaman atau ketercapaian displin ilmu mahasiswa yang bersangkutan. (Masnur Muslich Maryaeni)

Definisi Skripsi

Menurut Munslich Mansnur, 2009: 4. . Skripsi yaitu karya ilmiah yang ditulis mahasiswa jadwal S1 yang membahas topik atau bidang tertentu menurut hasil kajian pustaka yang ditulis oleh para ahli, hasil penelitian lapangan, atau hasil pengembangan (eksperimen).

Menurut Rahyono Fx, 2010:23. Skripsi yaitu laporan tertulis hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dengan bimbingan Dosen Pembimbing untuk dipertahankan dihadapan Penguji dan sebagai syarat untuk memperoleh derajat Sarjana. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang mahasiswa sebagai kiprah selesai untuk memperoleh gelar sarjana.

Secara Umum Skripsi yaitu istilah yang dipakai di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan goresan pena hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan / fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan memakai kaidah-kaidah yang berlaku.

Jenis-jenis Skripsi

  • Skripsi menurut hasil kajian pustaka. Kajian pustaka ialah kajian atau pembahasan suatu topik yang dilakukan untuk memecahkan suatu persoalan yang berpijak pada pengkajian kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. bahan-bahan pustaka ini diposisikan sebagai sumber ide atau wangsit yang sanggup membangkitkan gagasan atau anutan lain. Oleh alasannya yaitu itu, contoh pikir deduktif sering diterapkan dalam skripsi jenis kajian pustaka ini.
  • Skripsi menurut hasil penelitian lapangan. Penelitian lapangan ialah jenis penelitian yang berorentasi pada pengumpulan data empiris dilapangan. skripsi jenis penelitian lapangan ini ada dua jenis, yaitu skripsi penelitian lapangan kuantitatif dan skripsi penelitian lapangan kualitatif.
  • Skripsi menurut hasil pengembangan. Penelitian pengembangan ialah perancangan aktivitas untuk memecahkan permasalahan-permasalahan faktual dengan memanfaatkan teori-teori, dan konsep-konsep, dan prinsip-prinsip, atau temuan-temuan penelitian yang relevan. skripsi berjenis penelitian lapangan berupaya menguji balasan yang diajukan terhadap suatu masalah, skripsi berjenis pengembangan berupaya menerapkan pemecahan suatu masalah.

Referensi
Masnur Muslich Maryaeni, Bagaimana menulis Skripsi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), cet 1, h. 4.

No comments:

Post a Comment