Sunday, July 28, 2019

Pengertian Taktik Komunikasi Serta Kriteria Dan Tujuannya

Pengertian Strategi Komunikasi Serta Kriteria Dan Tujuannya. Strategi komunikasi pada hakikatnya merupakan perencanaan dan administrasi untuk mencapai satu tujuan. Dalam berkomunikasi harus sanggup menciptakan seni administrasi komunikasi terlebih dahulu biar pesan yang kita sampaikan sanggup mencapai sasaran komunikasi yang diinginkan.

Definisi Strategi Komunikasi

Menurut Middleton seni administrasi komunikasi yaitu kombinasi terbaik dari semua elemen komunikasi mulai dari komunikator, pesan, susukan (media) akseptor hingga pada imbas (efek) yang dirancang untuk mencapai tujuan komunikasi yang optimal.

Secara Umum Strategi komunikasi yaitu tahapan nyata dalam rangkaian aktifitas komunikasi yang berbasis pada satuan teknik bagi pengimplemintasian tujuan komunikasi, adapun tekniknya yaitu satu pilihan tindakan komunikasi tertentu menurut seni administrasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Kriteria Strategi Komunikasi

  • Menegidentifikasi visi dan misi.
  • Menentukan aktivitas dan kegiatan.
  • Menentukan tujuan dan hasil.
  • Seleksi audiens yang menjadi sasaran.
  • Mengembangkan pesan
  • Identifikasi pembawa pesan
  • Mekanisme komunikasi/media.
  • Scan konteks dan persaingan

Tujuan Strategi Komunikasi

  1. Memberitahu (Announcing) Strategi bertujuan untuk memberitahukan informasi inti dari pesan yang ingin disampaikan guna menarik sasaran, yang nantinya akan memunculkan informasi-informasi pendukung lainnya ke permukaan.
  2. Memotivasi (Motivating) Sesorang melaksanakan tindakan dimulai dari motivasi yang ia ciptakan, maka dari itu seni administrasi bertujuan untuk memotivasi seseorang biar melakuan hal berkaitan dengan tujuan atau isi pesan yang hendak disampaikan.
  3. Mendidik (Educating) Lebih dari sekedar memberitahu, seni administrasi bertujuan untuk mendidik melalui pesan yang disampaikan sehingga masyarakat sanggup menilai baik jelek atau perlu tidaknya mendapatkan pesan yang kita sampaikan.
  4. Menyebarkan informasi (Informing) Untuk mengefektifkan komunikasi, seni administrasi bertujuan untuk berbagi informasi secara spesifik sesuai dengan sasaran atau sasaran komunikan yang telah ditentukan.
  5. Mendukung pembuatan keputusan (Supporting decision making) Strategi disini bertujuan untuk menciptakan seseorang berani mengambil keputusan dari rangkaian penyampaian informasi yang didapatnya.

Referensi
Perencanaan Strategi Komunikasi

No comments:

Post a Comment