Sunday, July 28, 2019

Pengertian Akuntansi Keuangan Dan Fungsinya

Pengertian Akuntansi Keuangan Dan Fungsinya. Apa Yang Dimaksud dengan Akuntansi Keuangan. Akuntansi keuangan dalam penyusunan laporan keuangan yang berafiliasi dengan unit ekonomi atau perusahaan secara keseluruhan yang digunakan oleh pihak internal maupun eksternal. Berikut yaitu klarifikasi seputar pengertian akuntansi keuangan Serta Fungsi Akuntansi Keuangan

Definisi Fungsi Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan yaitu suatu cabang dari akuntansi dimana informasi keuangan pada suatu bisnis dicatat, diklasifikasi, diringkas, diinterpretasikan dan dikomunikasikan.

Menurut Donald E. Kieso, etal dalam bukunya yang berjudul “Akuntansi Intermediate” Pengertian Akuntansi Keuangan  yaitu : “Akuntansi keuangan yaitu sebuah proses yang berakhir pada pembuatan laporan keuangan menyangkut perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan baik pihak-pihak internal maupun pihak eksternal.”

Dikutip dari wikipedia. Akuntansi keuangan yaitu bab dari akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, menyerupai pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Prinsip utama yang digunakan dalam akuntansi keuangan yaitu persamaan akuntansi (Aset = Liabilitas + Ekuitas). Akuntansi keuangan berafiliasi dengan duduk masalah pencatatan transaksi untuk suatu perusahaan atau organisasi dan penyusunan banyak sekali laporan terjadwal dari hasil pencatatan tersebut. Laporan ini yang disusun untuk kepentingan umum dan biasanya digunakan pemilik perusahaan untuk menilai prestasi manajer atau digunakan manajer sebagai pertanggungjawaban keuangan terhadap para pemegang saham. Hal penting dari akuntansi keuangan yaitu adanya Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang merupakan aturan-aturan yang harus digunakan di dalam pengukuran dan penyajian laporan keuangan untuk kepentingan eksternal.

Menurut Warren Reeve Fess dalam buku “Accounting Pengantar Akuntansi” Pengertian Akuntansi Keuangan yaitu : “Financial accounting is primarily concerned with the recording and reporting of economic data and activites for a business. Although such reports provide useful information for managers, they are the primary reports for owners, creditors, governmental agencies, and the public.” Akuntansi keuangan yaitu pencatatan dan pelaporan data serta kegiatan ekonomi perusahaan.Walaupun laporan tersebut menghasilkan informasi yang mempunyai kegunaan bagi manajer, namun hal itu merupakan laporan utama bagi pemilik, kreditor, forum pemerintah dan masyarakat.”

Fungsi Akuntansi Keuangan

  1. Mengumpulkan dan menyimpan data dari semua acara dan transaksi perusahaan.
  2. Memperoses data menjadi informasi yang mempunyai kegunaan bagi pihak manajemen.
  3. Memanage data-data yang ada kedalam kelompok-kelompok yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
  4. Mengendalikan kontrol data yang cukup sehingga aset dari suatu organisasi atau perusahaan terjaga.
  5. Merencanakan fungsi akuntansi keuangan pada suau perpusahaan harus terlebih dahulu mengidentifikasikan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap informasi akuntansi. Kemudian perusahaan harus mengetahui informasi apa yang diharapkan oleh mereka. Selanjutnya, dirancang struktur organisasi dan sistem informasi akuntansi yang sanggup memenuhi kebutuhan informasi pemakai tersebut.

No comments:

Post a Comment