Saturday, July 27, 2019

Pengertian Gaya Hidup Hedonis Serta Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi

Pengertian Gaya Hidup Hedonis serta Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Hedonisme yaitu pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi senang dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan anutan atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. gejala orang hedonis yaitu menganggap bahwa bahan yaitu tujuan final untuk mendapat kesenangan, entah dengan cara bagaimana mendapat bahan baik halal maupun haram yang tidak boleh agama.

Definisi Gaya Hidup Hedonis

Menurut Levan’s & Linda (Rianton, 2012) gaya hidup hedonis yaitu referensi sikap yang sanggup diketahui dari aktifitas, minat maupun pendapat yang selalu menekankan pada kesenangan hidup.

Menurut Susianto (Rianton, 2012) menjelaskan bawa gaya hidup hedonis yaitu referensi hidup yang mengarahkan aktifitasnya untuk mencari kesenangan hidup dan aktifitas tersebut berupa menghabiskan waktu di luar rumah, lebih banyak bermain, senang pada keramaian kota, senang membeli barang yang kurang diharapkan dan selalu ingin menjadi sentra perhatian.

Menurut Sujanto ( Masmuadi, 2007) menjelaskan bahwa gaya hidup hedonis yang berorientasi pada kesenangan umumnya banyak ditemukan dikalangan remaja. Hal ini alasannya yaitu sampaumur mulai mencari identitas diri melalui penggunaan simbol status ibarat mobil, pakaian, dan pemilikan barang-barang lain yang gampang terlihat.

Aspek - aspek Gaya Hidup Hedonis

  • Minat diartikan sebagai apa yang menarik dari suatu lingkungan individu tersebut memperhatikannya. Minat sanggup muncul terhadap suatu objek, peristiwa, atau topic yang menekankan pada unsur kesenangan hidup.
  • Aktivitas yang dimaksud yaitu cara individu memakai waktunyayang berwujud tindakan positif yang sanggup dilihat. Misalnya lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah, lebih banyak membeli barang-barang yang kurang diperlukan, pergi ke sentra perbelanjaan dan kafe.
  • Opini adalah pendapat seseorang yang diberikan dalam merespon situasi dikala muncul perrtanyaan-pertanyaan atau ihwal isu-isu sosial dan produk-produk yang berkaitan dengan hidup.

Faktor yang mempengeruhi Gaya Hidup Hedonis

  • Faktor internal yaitu sikap, pengalaman, dan pengamatan, kepribadian, konsep diri, motif, dan persepsi.
  • Faktor eksternal yaitu Kelompok referensi, Keluarga, Kelas social, dan Kebudayaan.

No comments:

Post a Comment