Sunday, July 28, 2019

Pengertian Ontologi

Pengertian Ontologi. Istilah ontologi muncul sekitar pertengahan kala ke-17. Pada waktu itu ungkapan filsafat mengenai yang ada (philosophia entis) dipakai untuk hal yang sama. Menurut akar kata Yunani, ontologi berarti ‘teori mengenai ada yang berada’ Oleh lantaran itu, orang dapat memakai ontologi dengan filsafat pertama Aristoteles, yang lalu disebut sebagai metafisika. Namun pada kenyataannya, ontologi hanya merupakan bab pertama metafisika, yakni teori mengenai yang ada, yang berada secara terbatas sebagaimana adanya dan apa yang secara hakiki dan secara eksklusif termasuk ada tersebut.

 Istilah ontologi muncul sekitar pertengahan kala ke Pengertian Ontologi

Definisi Ontologi

Dikutip dari wikipedai Ontologi ialah merupakan salah satu kajian filsafat yang paling kuno dan berasal dari Yunani. Studi tersebut membahas keberadaan sesuatu yang bersifat konkret. Tokoh Yunani yang mempunyai pandangan yang bersifat ontologis dikenal menyerupai Thales, Plato, dan Aristoteles . Pada masanya, kebanyakan orang belum membedaan antara penampakan dengan kenyataan. Thales populer sebagai filsuf yang pernah hingga pada kesimpulan bahwa air merupakan substansi terdalam yang merupakan asal mula segala sesuatu. Namun yang lebih penting ialah pendiriannya bahwa mungkin sekali segala sesuatu itu berasal dari satu substansi belaka (sehingga sesuatu itu tidak dapat dianggap ada bangkit sendiri).

Menurut istilah Ontologi ialah ilmu yang membahas wacana hakikat yang ada, yang merupakan ultimate reality baik yang berbentuk jasmani/konkret maupun rohani/abstrak

Ontologi ialah teori dari cabang filsafat yang membahas wacana realitas. Realitas ialah kenyataan yang selanjutnya menjurus pada suatu kebenaran. Bedanya realitas dalam ontologi ini melahirkan pertanyaan-pertanyaan : apakah sebenarnya hakikat dari realitas yang ada ini; apakah realitas yang ada ini sesuatu realita bahan saja; adakah sesuatu di balik realita itu; apakah realita ini monoisme, dualisme, atau pluralisme.

Menurut Ensiklopedi Britannica Yang juga diangkat dari Konsepsi Aristoteles. Ontologi Yaitu teori atau studi wacana being / wujud menyerupai karakteristik dasar dari seluruh realitas. Ontologi sinonim dengan metafisika yaitu, studi filosofis untuk memilih sifat nyata yang orisinil (real nature) dari suatu benda untuk memilih arti, struktur dan prinsip benda tersebut. (Filosofi ini didefinisikan oleh Aristoteles kala ke-4 SM).

No comments:

Post a Comment