Monday, November 18, 2019

Contoh Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi

Contoh Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi - Kalimat Persuasif yakni jenis kalimat yang isinya mengajak orang lain untuk melaksanakan sesuatu hal yang kita inginkan. Maka dari itu, kalimat persuasif banyak dipakai dalam bahasa brosur, promosi, slogan dan sebagainya. Selain itu kita juga sanggup menjumpai pola kalimat persuasif dalam teks negosiasi. Ada yang menyebut bahwa kalimat persuasif mempunyai kesamaan dengan kalimat perintah. Namun bekerjsama kedua jenis kalimat ini sangatlah berbeda.
Contoh Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi Contoh Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi
Perbedaan antara kalimat persuasif dan kalimat perintah terletak pada penyampaiannya. Untuk kalimat persuasif disampaikan dengan cara tidak eksklusif dan bersifat mengajak. Sedangkan untuk kalimat perintah disampaikan dengan cara langsung. Kali ini aku akan membagikan beberapa pola kalimat persuasif dalam teks negosiasi. Langsung saja sanggup anda simak di bawah ini.

Contoh Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi

Kalimat persuasif bertujuan untuk meminta, mengajak dan menghimbau seseorang biar melaksanakan cita-cita sang penulis. Tidak heran bila kita sering menjumpai pola kalimat persuasif dalam teks negosiasi, slogan, brosur, promosi dan sebagainya. Kalimat persuasif mempunyai ciri ciri yang harus dipahami sebelum menciptakan contohnya. Berikut ciri ciri kalimat persuasif:
  1. Sifatnya menghipnotis dan mengajak pendengar ataupun pembaca biar melaksanakan dan percaya terhadap sesuatu.
  2. Didalam kalimatnya terdapat kata kata undangan ibarat "mari", imbuhan "-lah", dan "ayo".
  3. Terkadang diikuti dengan kalimat alasan untuk meyakinkan pendengar atau pembaca.
  4. Kalimatnya diakhiri dengan tanda seru (!).
Baca juga : Pengertian Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks Beserta Contoh
Dalam pembuatan pola kalimat persuasif dalam teks negosiasi juga harus memperhatikan struktur teksnya. Di bawah ini terdapat struktur teks negosiasi beserta penjelasannya.

Orientasi
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi harus memperhatikan struktur orientasinya. Orientasi yakni struktur yang letaknya diawal kalimat sebagai pembuka percakapan negosiasi. Kata kata yang dipakai dalam struktur ini bersifat basa basi, contohnya salam, sapaan, dan lain lain.

Permintaan
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi juga harus memperhatikan struktur permintaan. Permintaan yakni struktur teks negosiasi yang isinya pertanyaan ihwal duduk masalah atau barang yang ingin di musyawarahkan.

Pemenuhan
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi juga harus memperhatikan struktur pemenuhan. Pemenuhan yakni pihak yang bersangkutan akan memberitahukan permasalahan atau barang dengan lawan biar memperoleh interaksi yang paham. Struktur ini juga berisi balasan permintaan dan pertanyaan yang sebelumnya telah diajukan.

Penawaran
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi juga harus memperhatikan struktur penawaran. Panawaran yakni sruktur teks perundingan yang didalamnya terdapat proses tawar menawar antara kedua pihak agara memperoleh tawaran yang menguntungkan. Struktur ini merupakan asal mula terjadinya kesepakatan. 

Persetujuan
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi juga harus memperhatikan struktur persetujuan. Persetujuan yakni hasil dari penawaran alasannya proses tawar menawar telah dikatakan berhasil. Pada tahap ini, kedua pihak mempunyai janji (jalan tengah) yang saling menguntungkan satu sama lain.
Pembelian
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi juga harus memperhatikan struktur pembelian. Pembelian yakni wujud transaksi dari kesepatan yang telah dibentuk sebelumnya. Misalnya transaksi jual beli yakni penjual menawarkan barang dagangannya dan pembeli membayarnya dengan uang.

Penutup
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi juga harus memperhatikan struktur penutup. Penutup merupakan struktur terakhir dalam teks perundingan yang ditandai dengan selesainya perundingan atau percakapan dua pihak. Struktur ini berisi percakapan basa busuk tetapi mempunyai maksud. Misalnya "Terimakasih telah bekerja sama dengan kami", "Senang bekerja sama dengan Anda", dan lain lain.

Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Negosiasi
Setelah memahami ciri ciri kalimat persuasif dan struktur teks perundingan diatas. Tiba saatnya untuk menciptakan pola kalimatnya. Di bawah ini terdapat beberapa pola kalimat persuasif dalam teks negosiasi:
  1. Dengan produk elektronik (setrika) kami, anda akan memperoleh laba banyak. Jadi, anda sanggup menyetrika pakaian apapun dengan setrika ini. Mulai dari jaket, jas, hingga kaos sekalipun. Marilah jangan ragu lagi untuk membeli alat ini alasannya kesannya akan lebih maksimal.
  2. Mohon ibu pertimbangkan lagi lokasi rumah ini cukup strategis untuk hunian bersama keluarga. Anda hanya cukup membayarnya 2 juta per bulan. Rumah ini juga sanggup dicicil dan jangan ragu untuk hasil yang akan anda peroleh.
  3. Bisa turun harga tetapi sedikit. Saya akan menawarkan harga 400 ribu, itu sudah terbilang murah lho!
  4. Marilah kita tingkatkan produksi pemerahan susu sapi anda dengan cara menawarkan sapi makanan yang bergizi baik.
  5. Ayo tunggu apalagi, segera beli tiket diTiketpedia kami. Berangkat cepat dan tidak ketinggalan.
  6. Tunggu apalagi, segera dapatkan original sountrack Dilan 1990.
Demikianlah pola kalimat persuasif dalam teks perundingan yang sanggup aku bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment