Sunday, July 28, 2019

Pengertian Makalah Serta Karakteristiknya

Pengertian Makalah serta karakteristiknya. Apa yang dimaksud dengan makalah. Nah mungkin kata makalah sudah tidak abnormal lagi bagi anda yang masih duduk dibangku sekolah ataupun mahasiswa. Makalah termasuk salah satu jenis karya ilmiah yang mempunyai beberapa karakteristik. Berikut yaitu klarifikasi perihal seputar pengertian Makalah, Karakteristik Makalah dan ciri khusus makalah yang baik.

Definisi Makalah

Makalah yaitu salah satu jenis karya tulis ilmiah yang membahas perihal suatu tema tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup suatu perkuliahan. Makalah ini umumnya merupakan salah satu syarat untuk menuntaskan suatu kiprah mata kuliah, makalah sanggup berupa kajian pustaka ataupun sanggup juga berupa hasil aktivitas di lapangan.

Makalah yaitu salah satu jenis karya tulis ilmiah yang membahas satu permasalahan tertentu sebagai hasil kajian pustaka ataupun kajian lapangan .

Makalah disusun dengan tujuan untuk memenuhi kiprah tertentu (tugas akademik maupun kiprah nonakademik). Sebagai sarana untuk mendemonstrasikan pemahaman penulis perihal pokok permasalahan teoretis yang dikaji atau kemampuan penulis dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang bekerjasama dengan dilema tertentu. Dan Sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari aneka macam sumber yang dipakai untuk memecahkan suatu masalah, jadi bukan rangkuman.

Menurut (Siswoyo Harjodipuro, 1982 : 47); makalah yaitu Suatu karya tulis, baik yang ditulis oleh para mahasiswa sebagai pemenuhan kiprah mata kuliah maupun yang ditulis oleh para sarjana sebagai hasil studi atau penyelidikan.

Menurut (M. Widyamartaya dan Veronika Sudiarti, 1997 : 74) makalah ialah Suatu karya tulis yang disusun oleh seseorang atau kelompok yang membahas suatu pokok bahasan yang merupkan hasil penelitian di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Karakteristik Makalah

  • Merupakan hasil kajian literatur dan/atau laporan pelaksanaan suatu aktivitas lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan suatu perkuliahan;
  • Mendemonstrasikan pemahaman mahasiswa perihal permasalahan teoritik yang dikaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang bekerjasama dengan perkuliahan;
  • Menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari aneka macam sumber yang digunakan;
  • Mendemonstrasikan kemampuan meramu aneka macam sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis yang utuh.

Ciri khusus makalah yang baik

  • Data yang dipakai mempunyai validitas yang tinggi dan analisis serta interpretasi haruslah objektif.
  • Makalah harus bisa menunjukkan kejujuran ilmiah penulis. Dalam hal ini, penulis makalah harus menyebutkan dengan terang sumber data dan pendapat yang dipakai dalam makalahnya.
  • Makalah harus memakai bahasa yang jelas, tegas, singkat, sederhana, dan teliti .
  • Makalah harus sistematis dan utuh .
  • Keutuhan satu makalah di dukung oleh Thesis .
  • Kesiapan melayani kantor pemerintah
  • Tingkatkan kompetensi melayani pegawai negeri guna mencitpakan pemerintah yang berdaya saing.

No comments:

Post a Comment