Saturday, August 11, 2018

Pengertian Personil Kantor

Pengertian Personil Kantor. Kantor merupakan Tempat diselenggaraknnya proses penanganan gosip mulai dari menerima, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, hingga menyalurkan informasi. Untuk lebih jelasnya Berikut ialah klarifikasi singkat wacana pengertian perkantoran, macam-macam personil kantor, perangkat kerja personil kantor dan Syarat-syarat personil kantor.

 Kantor merupakan Tempat diselenggaraknnya proses penanganan gosip mulai dari mendapatkan Pengertian Personil Kantor


Definisi Personil Kantor

Personil kantor ialah orang-orang atau karyawan/pegawai yang menjalankan atau melayani pekerjaan-pekerjaan dalam suatu organisasi/kantor pemerintahan atau swasta untuk mencapai suatu tujuan tertentu, dengan mendapat imbalan jasa berupa honor dan tunjangan.

Macam-Macam Personil Kantor

  1. Administrator atau petugas pelaksana administrasi. Adalah orang yang memilih garis-garis besar kebijakan dan tujuan yang harus dijalankan oleh kantor sebagai anutan dalam melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
  2. Manajer. Adalah orang yang memimpin pelaksanaan kerja, menggerakan orang lain/para staf, mengelola dan mendayagunakan uang, peralatan, sarana dan prasarana kantor untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
  3. Staf atau pembantu ahli. Adalah para tenaga hebat yang alasannya ialah kecakapan dan kemampuan dalam bidangnya, bertugas membantu direktur dan manajer dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan kantor
  4. Worker atau pegawai/pekerja. Adalah para karyawan yang pribadi digerakan oleh manajer dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan kantor.

Perangkat Kerja Personil Kantor

Umumnya perangkat kerja yang dibutuhkan berupa meja/kursi kerja, lemari arsip/filing cabinet, alat tulis, kertas tulis, komputer, mesin tik, pesawat telepon, dan lain sebagainya.

Syarat-syarat personil kantor

1.  Persyaratan pengetahuan. Biasanya diukur dengan tingkat pendidikan formal
2. Persyaratan ketrampilan. Menurut The Liang Gie, dalam buku manajemen perkantoran modern, seorang personil kantor dinyatakan terampil bekerja, apabila karyawan manajemen tersebut telah bisa dengan baik melakukan tugas-tugas pelayanan yang meliputi enam rujukan kegiatan:
  • Menghimpun
  • Mencatat
  • Mengolah
  • Menggandakan
  • Mengirim
  • Menyimpan
3.  Persyaratan kepribadian
Kepribadian ialah keseluruhan tabiat dan sifat seseorang.ciri-ciri yang menyangku kepribadian:
  • Cara berbicara dan cara berjalan
  • Sikap tubuh pada ketika duduk
  • Sikap luwes dan cara berbusana yang harmonis diubahsuaikan dengan waktu dan acaranya
  • Sifat higienis dan rapi
  • Sifat yang berkaitan dengan menjaga kesehatan diri
  • Sifat yang berkaitan dengan kemampuan dari ketrampilan dalam bekerja
  • Sifat agamis yang berkaitan dengan segi kerohanian
Syarat kepribadian yang dibutuhkan seorang personil kantor:
  • Loyalitas (kesetiaan terhadap perusahaan) sehingga tercipta “sense of belonging” atau rasa mempunyai dan saling menjaga
  • Tekun dan rajin
  • Kesabaran
  • Kerapian
  • Dapat menyimpan rahasia

Dikutip dari aneka macam sumber

No comments:

Post a Comment