Thursday, August 23, 2018

Tata Surya

Tata Surya. Apa Yang Dimaksud Dengan Tata Surya....? Tata surya ialah merupakan susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet meteroid,komet, serta asteroid yang mengelilingi matahari. dan semua objek yang terikat oleh gaya grafitasinya. Objek-objek tersebut ialah 8 buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips,lima planet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi,dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya.

Benda langit di jagat raya ini jumlahnya sangat banyak. Sehingga Ada yang sanggup memancarkan cahaya sendiri ada juga yang tidak sanggup memancarkan cahaya sendiri, akan tetapi hanya memantulkan cahaya dari benda lain.

 Tata surya ialah merupakan susunan benda  Tata Surya

Bagian-bagian dari Tata Surya

Matahari
Matahari ialah bintang induk Tata Surya dan merupakan komponen utama sistem Tata Surya ini. Bintang ini berukuran 332.830 massa bumi. Massa yang besar ini menjadikan kepadatan inti yang cukup besar untuk sanggup mendukung kesinambungan fusi nuklir dan menyemburkan sejumlah energi yang dahsyat. Kebanyakan energi ini dipancarkan ke luar angkasa dalam bentuk radiasi eletromagnetik, termasuk spektrum optik.

Planet
Planet tidak sanggup memencarkan cahaya sendiri tetapi hanya memantulkan cahaya yang diterima dari matahari. Dalam susunan sistem tata surya planet terbagi menjadi

Planet bab dalam
Empat planet bab dalam atau planet kebumian (terrestrial planet) mempunyai komposisi batuan yang padat, hampir tidak mempunyai atau tidak mempunyai satelit dan tidak mempunyai sistem cincin.
  1. Merkurius
  2. Venus
  3. Bumi
  4. Mars
Planet bab Luar
Keempat planet luar, yang disebut juga planet raksasa gas (gas giant), atau planet jovian, secara keseluruhan meliputi 99 persen massa yang mengorbit Matahari. Yupiter dan Saturnus sebagian besar mengandung hidrogen dan helium; Uranus dan Neptunus mempunyai proporsi es yang lebih besar. Para astronom mengusulkan bahwa keduanya dikategorikan sendiri sebagai raksasa es. Keempat raksasa gas ini semuanya mempunyai cincin, meski hanya sistem cincin Saturnus yang sanggup dilihat dengan gampang dari bumi.
  1. Yupiter
  2. Saturnus
  3. Uranus
  4. Neptunus
Dikutip dari aneka macam sumber

No comments:

Post a Comment