Monday, August 13, 2018

Pengertian Administrasi Perkantoran (Office Management)

Pengertian Manajemen Perkantoran (Office Management). Manajemen perkantoran merupakan kekuatan yang tidak terlihat (tidak terwujud) yang bisa merencanakan, mengorganisasi dan mengkoordinasikan manusia, uang, metode, material, mesin-mesin, dan pasar dalam pekerjaan kantor serta mengarahkan dan megawasinya sesuai dengan tujuan pembinaan, serta tujuan biar organisasi tercapai. Berikut yakni klarifikasi mengenai administrasi perkantoran.

 Manajemen perkantoran merupakan kekuatan yang tidak terlihat  Pengertian Manajemen Perkantoran (Office Management)

Definisi Manajemen Perkantoran

Pengertian administrasi perkantoran secara singkat yakni merupakan bab dari proses pengarahan secara menyeluruh terhadap aktivitas- acara ketatusahaan dari sebuah kantor untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien. 

Menurut George Teryy (Office Management and Control, 1966) mendefinisikan administrasi perkantoran yakni sebagai perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya biar mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu. 

Masih banyak pendapat lain dari para andal yang mendefinisikan administrasi perkantoran, tetapi semua setuju menyampaikan bahwa administrasi perkantoran yakni merupakan rangakaian acara merencanakan, mengorganisasi (menyusun, mengatur), mengarahkan (memberi isyarat dan petunjuk), mengawasi dan mengendalikan (melakukan kontrol hingga menyelenggarakan secara tertib sesuatu hal), sesuatu hal ini pada umumnya yang berafiliasi dengan pekerjaan perkantoran (office work).

Namun seiring dengan perkembangan dan kemajuan serta kebutuhan yang mucul maka administrasi perkantoran ketika ini tidak hanya mengatur hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan perkantoran semata, melainkan ruang lingkupnya dan fungsinya telah meluas mencakup banyak hal atau faktor lainnya menyerupai berikut ini :
  1. Kepegawaian Perkantoran (Office Personnel)
  2. Metode Perkantoran (Office Methods)
  3. Perlengkapan Perkantoran (Office Equipment)
  4. Fakor Fisik dalam Kantor (Physical Office)
  5. Biaya Perkantoran (Office Cost)
  6. Kebijakan Perkantoran (Office Policies)

Ruang Lingkup Bidang Kerja Manajemen Perkantoran

  1. Office Space, mengatur yang berafiliasi dengan ruang perkantoran (luas,jumlah, penjatahan, tata ruang, kenyamanan, keamanan, kebersihan, perubahan, pemindahan, pemeliharaan)
  2. Communications, mengatur hal-hal yang berafiliasi dengan surat menyurat, pelayanan, media komunikasi (telepun, telex, fax dll) , resepsionis, kehumsan dll
  3. Office Personnel, Kepegawaian perkantoran yang berafiliasi dengan HRD (Human Resource & Development), GA (General Affair), pelatihan, pengujian, dll
  4. Furniture & Equipment, mengatur dan berafiliasi dengan pengadaan, pemeliharaan perabotan furniture perlengkapan kanor (meja, bangku dll)
  5. Appliances and Machines, mengatur dan berafiliasi dengan pengadaan pemeliharaan peralatan dan mesin (Mesin Ketik, Komputer, Printer, Mesin Hitung, Pelengkapan Kebersihan dll
  6. Supplies and Stationery, yang mengatur dan berhungan dengan pengadaan perbekalan dan keperluan alat tulis kantor dan cetak.
  7. Methods, yang berafiliasi dengan proses dan pengolahan data, pengukuran hasil kerja, “sisdur” (sistem dan prosedur) kerja, analisis statistic dll.
  8. Records (Warkat), yang berafiliasi dengan pengoordinasian formulir, perancangan formulir pelayanan surat menyurat, pelaporan kearsipan dll
  9. Executive Controls, Kontrol Pejabat Pimpinan mencakup perencanaan organisasa, setarlisasi dan desentralisasi pelayanan, perencanaan anggaran, forecasting, job analysis dll
Sumber
Diktat Kuliah Manajemen Perkantoran oleh Aqwam Roadi Kardian. SKom.,MM

No comments:

Post a Comment