Friday, August 24, 2018

Pengertian Penduduk

Pengertian Penduduk.  Kepadatan penduduk merupakan indicator daripada tekanan penduduk di suatu daerah. Kepadatan di suatu kawasan dibandingkan dengan luas tanah yang ditempati dinyatakan dengan dengan banyaknya penduduk perkilometer persegi.

 Kepadatan penduduk merupakan indicator daripada tekanan penduduk di suatu kawasan Pengertian Penduduk

Definisi / pengertian Penduduk

Penduduk ialah semua orang yang berdomisili di wilayah geografis suatu negara selama kurang lebih enam bulan dan atau mereka yang berdomisili kurang dari enam bulan tetapi bertujuan menetap.

Penduduk didefinisikan menjadi dua:
  1. Orang yang tinggal di kawasan tersebut
  2. Orang yang secara aturan berhak tinggal di kawasan tersebut. Dengan kata lain orang yang memiliki surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi menentukan tinggal di kawasan lain.
Dalam istilah sosiologi, penduduk ialah kumpulan insan yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.

Konsep penduduk berdasarkan Badan Kependudukan dan Catatan sipil: penduduk ialah orang yang memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan atau memiliki KK (Kartu Keluarga).

Penduduk ialah mereka, sekelompok orang yang tinggal atau menetap dalam sebuah wilayah atau kawasan negara. sedangkan yang bukan penduduk, ialah mereka yang tinggal dalam sebuah negara tapi tidak ingin tinggal di negara tersebut atau hanya sementara. 

Dalam pengertian sederhana, penduduk ialah kelompok orang yang menempati suatu wilayah tertentu.

Faktor Yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.

  1. Fertilitas menyangkut peranan kelahiran pada perubahan penduduk sedangkan natalitas meliputi peranan kelahiran pada perubahan penduduk dan reproduksi manusia.
  2. Mortalitas atau maut merupakan salah satu di antara tiga komponen demografi yang sanggup mempengaruhi perubahan penduduk.
  3. Migrasi adalah perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari suatu tempat ke tempat lain melampaui batas politik/negara atau pun batas administratif/batas bab dalam suatu negara. Kaprikornus migrasi sering diartikan sebagai perpindahan yang relatif permanen dari suatu kawasan ke kawasan lain.

Dikutip dari banyak sekali sumber.

No comments:

Post a Comment