Sunday, August 12, 2018

Pengertian Hari Raya Idul Fitri

Pengertian Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri biasanya merupakan stimulus ekonomi tahunan terbesar di banyak sekali negara Islam di dunia. Penjualan barang-barang meningkat tajam di banyak sekali area retail, dan pada ekspresi dominan Idul Fitri orang-orang membeli banyak sekali hadiah, dekorasi, dan persediaan Idul Fitri. Industri yang bergantung pada penjualan di ekspresi dominan Idul Fitri antara lain ketupat, kartu Idul Fitri, dan lain-lain. Selain acara ekonomi terbesar, Hari Idul Fitri di banyak sekali negara Islam merupakan hari paling sepi bagi dunia bisnis; hampir semua toko retail, institusi bisnis dan komersial tutup, dan hampir semua industri berhenti beroperasi.

 Hari Raya Idul Fitri biasanya merupakan stimulus ekonomi tahunan terbesar di banyak sekali neg Pengertian Hari Raya Idul Fitri

Definisi Idul Fitri

Pengertian Idul Fitri yakni hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Karena penentuan 1 Syawal yang menurut peredaran bulan tersebut, maka Idul Fitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi. Cara memilih 1 Syawal juga bervariasi, sehingga boleh jadi ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal Masehi yang berbeda.

Secara Umum Idul Fitri yakni Hari raya sehabis umat Islam melakukan ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh, dinamakan Idul Fitri alasannya yakni insan kembali suci menyerupai bayi yang tidak mempunyai dosa dan salah.

Idul Fitri juga dapat diartikan sebagai puncak atau titik puncak dari pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Idul Fitri sendiri mempunyai keterkaitan makna dengan tujuan final yang ingin diraih dari pelaksanaan kewajiban berpuasa. 

Idul Fitri secara bahasa atau etimologi dapat berarti Hari Raya Kesucian atau dapat juga diartikan sebagai Hari Kemenangan umat Islam. Kemenangan disini yakni bentuk dari kemenangan dalam menggapai kesucian atau perwujudan dari kembali kepada keadaan fitrah (Fitri).

Tradisi Dan Makna Idul Fitri Diindonesia

Dalam tradisi Idul Fitri di Indonesia ditandai dengan adanya ”mudik (pulang kampung)”dan mereka menggunakan sesuatu yang baru, mulai dari pakaian baru, sepatu baru, sepeda baru, kendaraan beroda empat gres dan lainnya, Bagaimana sebetulnya makna dari Idul Fitri itu sendiri. Apakah Idul Fitri cukup ditandai dengan sesuatu yang baru, atau dengan pulang kampung untuk bersilaturrahim kepada sanak saudara dan kerabat.

Dengan momentum Idul Fitri kita jadikan sebagai sarana meminta maaf dan memaafkan orang lain dengan bersilaturrahim (menyambung kasih sayang) baik kepada suami atau istri, kedua orang tua, anak, keluarga, sanak kerabat, tetangga serta sobat dan korelasi kita saat ada kebencian terhadap mereka. Sebab kasih sayang merupakan lawan dari kebencian, sehingga orang yang dalam dirinya ada kebencian pada suami atau istri, orang tua, anak, keluarga, sanak kerabat, tetangga, sobat dan korelasi disebut dengan memutus tali silahturahmi, orang yang memutuskan silahturahmi tidak akan masuk surga.

Dikutip Dari Berbagai Sumber

No comments:

Post a Comment