Thursday, August 23, 2018

Pengertian / Definisi Massa Jenis

Pengertian / Definisi Massa Jenis. Kegiatan atau alat yang menerapkan konsep massa jenis sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya:  penggunaan ban pelampung, pembuatan rakit memakai batang pisang, dan hanyutnya batang kayu di permukaan sungai. Pelampung, batang kayu, dan rakit terapung di air sebab massa jenis benda-benda tersebut lebih kecil dari massa jenis air.

Pengertian / Definisi Massa Jenis


Massa jenis suatu zat ialah bilangan yang menyatakan massa zat (besaran massa) itu dalam tiap satuan volumenya (dari besaran panjang).

Massa jenis ialah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis rata-rata setiap benda merupakan total massa dibagi dengan total volumenya. Sebuah benda yang mempunyai massa jenis lebih tinggi (misalnya besi) akan mempunyai volume yang lebih rendah daripada benda bermassa sama yang mempunyai massa jenis lebih rendah (misalnya air). Satuan SI massa jenis ialah kilogram per meter kubik

Massa jenis berfungsi untuk memilih zat. Setiap zat mempunyai massa jenis yang berbeda. Dan satu zat berapapun massanya berapapun volumenya akan mempunyai massa jenis yang sama.

Rumus untuk memilih massa jenis


Sebagai Contoh Jeruk jenis yang masih utuh dan belum dikupas jikalau dimasukkan ke dalam air, jeruk tersebut akan mengapung. Mengapa demikian? Gelembung-gelembung udara yang ada di dalam kulit jeruk menciptakan jeruk tersebut menjadi lebih ringan, sehingga jeruk sanggup mengapung di air. Bagaimana jikalau kulitnya dikupas? Jika kulit jeruk tersebut dikupas, massa jenisnya akan bertambah, sehingga jeruk tersebut sanggup melayang di dalam air atau bahkan karam ke dasar air.

Sumber
Ipa terpadu
Wikipedia.org

No comments:

Post a Comment