Saturday, August 11, 2018

Pengertian Ideologi Bentuk Dan Fungsinya

Pengertian Ideologi Bentuk Dan Fungsinya. Ideologi merupakan sebuah konsep yang mendasar dan nyata dalam sebuah negara. Dikatakan Fundamental sebab hampir semua negara dalam kehidupannya tidak sanggup dilepaskan dari imbas ideologi. Dikatakan Aktual, sebab kajian ideologi tidak pernah lama dan ketinggalan jaman. Oleh sebab itu maka tanpa ideologi yang mantap dan berakar pada nilai-nilai budaya sendiri, suatu bangsa akan mengalami kendala untuk mencapai cita-citanya.

Pengertian Ideologi Bentuk Dan Fungsinya Pengertian Ideologi Bentuk Dan Fungsinya

Definisi Ideologi

Pengertian Ideologi ialah sebuah ilmu perihal gagasan. Adapun gagasan yang dimaksud ialah gagasan perihal masa depan, sehingga sanggup disimpulkan bahwa ideologi ialah sebuah ilmu perihal masa depan.

Menurut Syafiie, Pengertian ideologi ialah sistem pemikiran hidup yang menjadi harapan untuk dicapai oleh sebagian besar individu dalam masyarakat yang bersifat khusus, disusun secara sadar oleh tokoh pemikir negara serta kemudian menyebarluaskannya dengan resmi. 

Menurut W.White, Pengertian Ideologi ialah soal harapan mengenai aneka macam macam dilema politik dan ekonomi filsafat sosial yang sering dilaksanakan bagi suatu rencana yang sistematis perihal harapan yang dijalankan oleh kelompok atau lapisan masyarakat. 

Fungsi Ideologi

Ideologi mempunyai fungsi penting, yaitu menanamkan dogma atau kebenaran usaha kelompok atau kesatuan yang berpegang teguh pada ideologi itu. Oleh sebab itu ideologi menjadi sumber wangsit dan sumber harapan hidup bagi para warganya, khususnya para warganya yang masih muda. Ideologi berupa pemikiran artinya menjadi contoh dan norma hidup. Tetapi sekaligus menjadi ideal atau cita-cita. Realisasi dari ide-ide dipandang sebagai kebesaran, kemuliaan manusia. Dengan melaksanakan ideologi, insan tidak hanya sekedar ingin melaksanakan apa yang disadari sebagai kewajiban. Dengan ideologi insan mengejar keluhuran. Oleh sebab itu, insan sanggup mengorbankan harta benda, bahkan hidupnya demi ideologi, sebab ideologi menjadi pola, norma hidup dan dikejar pelaksanaannya sebagai cita-cita, maka tidak mengherankan lagi jikalau ideologi menjadi bentuk hidup.

Bentuk Ideologi

Menurut bentuknya ideologi dibedakan menjadi 2 yaitu :
  1. Ideologi tertutup, ideologi ini mengacu paada ideologi yang memonopoli kekuasaan,tidak mentolerir keyakinan-keyakinan yang bertentangan dengan ideologi tersebut. Cirri-ciriideologi tertutup ialah tidak sanggup dirubah dan tidak mengikuti perkembangan zaman yang terus berkembang dari waktu ke waktu.
  2. Ideologi terbuka, ideologi ini menganut janji terhadap kebebasan, toleransi dan ratifikasi terhadap kemajemukan dalam masyarakat. Makara ideologi ini selalu mengikutikemajuan zaman dan sanggup mendapatkan ideologi-ideologi lainnya, sehingga ideologi ini sanggup berdampingan dengan ideologi-ideologi lain ditengah masyarakat
Dikutip dari aneka macam sumber.

No comments:

Post a Comment