Tuesday, August 21, 2018

Pengertian / Definisi Alat Musik Perkusi

Pengertian / Definisi Alat Musik Perkusi. Alat musik ini biasa juga disebut alat musik pukul atau tabuh alasannya ialah alat musik tersebut sanggup menghasilkan bunyi apabila dipukul, ditabuh, digoyang, digosok-gosokkan, atau dengan cara dipukul memakai suatu alat, biasanya memakai tongkat (stik), maupun dengan tangan kosong, di kocok, ataupun di adukan dengan benda lain yang sanggup menghasilkan bunyi.

Alat musik pukul juga disebut dengan alat musik perkusi. cara membunyikannya ialah dengan cara di pukul dan disentuhkan satu sama lain sehingga sanggup menghasilakan nada.

Menurut Wikipedia Instrumen perkusi intinya merupakan benda apa pun yang sanggup menghasilkan bunyi kolam alasannya ialah dipukul, digosok, dikocok, diadukan atau dengan cara apapun yang sanggup menciptakan getaran pada benda tersebut. Istilah perkusi biasanya dipakai pada benda yang dipakai sebagai engiring dalam suatu permainan musik.

 Alat musik ini biasa juga disebut alat musik pukul atau tabuh alasannya ialah alat musik tersebut  Pengertian / Definisi Alat Musik Perkusi
Perkusi kata ini berasal dari kata percussion (yang berarti memukul) dan percussus (kata benda yang berarti “pukulan”). 

Alat musik perkusi atau alat musik pukul ialah merupakan alat musik yang bunyinya ditimbulkan oleh pukulan sebuah benda dengan benda lain. Alat perkusi merupakan suatu alat musik yang menarik alasannya ialah alat musik tersebut sanggup beraneka macam, sanggup dibentuk sendiri dengan cara yang gampang dan tidak dengan biaya yang mahal bila ingin menciptakan alat musik perkusi tersebut.

Menurut pendapat di atas sanggup disimpulkan bahwa alat musik perkusi ialah alat musik yang menghasilkan bunyi dengan cara dipukul, ditabuh, digoyang, digosok- gosokkan, atau dengan cara lain yang menciptakan objek bergetar maupun mengeluarkan suara.

Dalam pertunjukkan marching band, perkusi berfungsi sebagai penjaga tempo, dan beat yang memungkinkan para pemain berjalan secara serempak dan dalam irama dan kecepatan yang sama. Dalam musik jazz klasik, pendengar sanggup dengan segera membedakan jenis ritme dari hi-hat atau bunyi simbal ketika kata “swing” diucapkan

Semoga Bermanfaat

Dikutip Dari Berbagai Sumber.
klinikmusik.wordpress.com

No comments:

Post a Comment