Saturday, August 11, 2018

Pengertian Dan Faktor Pembentukan Bangsa

Pengertian Bangsa. Manusia sebagai mahluk individu juga merupakan bab dari kelompok sosial lebih besar yaitu bangsa. Nah Berikut ini yakni klarifikasi mengenai Definisi Bangsa, Kondisi Wilayah Suatu Bangsa. Dan Faktor Pembentukan Bangsa.

 Manusia sebagai mahluk individu juga merupakan bab dari kelompok sosial lebih besar ya Pengertian Dan Faktor Pembentukan Bangsa

Definisi Bangsa

Bangsa sanggup diartikan kelompok orang yang lahir dalam satu garis keturunan atau wangsa, trah (Jawa) dan marga (Batak), namun bangsa yang dimaksud dalam konteks ini yakni sekelompok orang yang berada dalam suatu wilayah negara dan menyatakan diri sebagai masyarakat yang patuh pada peraturan penguasa. Bangsa yakni sekelompok insan yang ingin bersatu dan bernegara, alasannya yakni adanya keinginan untuk hidup bersama. Untuk lebih memahami konsep bangsa, kita sanggup mengikuti beberapa pengertian ihwal bangsa dari beberapa pengertian berikut ini :
  1. Menurut Ernest Renan. Bangsa terbentuk alasannya yakni adanya keinginan untuk hidup bersama (hasrat bersatu) dengan perasaan setia mitra yang agung.
  2. Menurut Otto Bauer. Bangsa yakni sekelompok insan yang mempunyai persamaan karakter. Karakteristik tersebut tumbuh alasannya yakni adanya persamaan nasib.
  3. Menurut Hans Khon. Bangsa yakni buah hasil tenaga hidup insan dalam sejarah. Suatu bangsa merupakan golongan yang beraneka ragam dan tidak sanggup dirumuskan secara eksak.
Kebanyakan bangsa mempunyai faktor-faktor objektif tertentu yang membedakannya dengan bangsa lain. Faktor-faktor itu berupa kesamaan keturunan, wilayah, bahasa, susila istiadat, kesamaan politik, perasaan dan agama.Dari pengertian di atas, sanggup disimpulkan bahwa bangsa merupakan kumpulan dari masyarakat yang membentuk negara.

Kondisi Wilayah Suatu Bangsa

Secara lebih lengkap suatu wilayah komunitas sanggup disebut bangsa apabila telah terbentuk kondisi berikut :
  1. Sekelompok insan yang menempati suatu wilayah tertentu dan merupakan suatu kesatuan wilayah
  2. Sekelompok insan yang mempunyai impian bersama dan mempunyai sejarah hidup bersama, sehingga tercipta perasaan senasib sepenanggungan.
  3. Sekelompok insan yang mempunyai susila budaya serta kebiasaan yang sama sebagai tanggapan pengalaman hidup bersama.
  4. Sekelompok insan yang terorganisasi dalam suatu pemerintahan dan berdaulat sehingga mereka terikat dalam suatu masyarakat hukum.

Faktor Pembentukan Bangsa

Faktor-faktor pembentukan suatu bangsa sangat berkaitan dengan identitas yang menyatukan masyarakat. Faktor tersebut antara lain sebagai berikut :
  1. Primordial yang termasuk dalam faktor ini yaitu ikatan kekerabatan, kesamaan suku bangsa, daerah, bahasa dan susila istiadat.
  2. Sakral dalam faktor ini yaitu adanya kesamaan agama yang dianut oleh masyarakat dan dalam hal ini agama sanggup membentuk suatu ideologi iman yang berpengaruh dalam masyarakat, sehingga keterkaitannya sanggup menimbulkan bangsa.
  3. Tokoh menjadi salah satu faktor pembentuk bangsa alasannya yakni bagi masyarakat, tokoh dijadikan sebagai panutan untuk mewujudkan misi-misi bangsa.
  4. Sejarah merupakan salah satu faktor pembentukan bangsa alasannya yakni sejarah dan pengalaman masa kemudian menyerupai penderitaan akan melahirkan solidaritas sehingga memungkinkan untuk membentuk satu tekad dan satu tujuan antar kelompok masyarakat.
  5. Perkembangan Ekonomi dikatakan sebagai faktor pembentukan bangsa alasannya yakni semakin meningkatnya perkembangan ekonomi semakin bermacam-macam pula kebutuhan masyarakat sehingga menciptakan masyarakat semakin ketergantungan satu sama lain dan secara tidak pribadi akan menciptakan masyarakat ingin membentuk satu kesatuan yaitu bangsa sebagai jalan untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain.
Dikutip dari banyak sekali sumber.

No comments:

Post a Comment