Thursday, August 9, 2018

Pengertian Konsumsi Beserta Faktor Dan Ciri-Cirinya

Pengertian Konsumsi Beserta Faktor Dan Ciri-Cirinya. Kegiatan ini dilakukan setiap hari oleh siapapun dengan tujuannya yaitu untuk memperoleh kepuasan setinggi-tingginya dan mencapai tingkat kemakmuran dalam arti terpenuhi banyak sekali macam kebutuhan, baik kebutuhan pokok maupun sekunder, kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Tingkat konsumsi menunjukkan citra tingkat kemakmuran seseorang atau masyarakat. Berikut yaitu penjelasannya.

Pengertian Konsumsi Beserta Faktor Dan Ciri Pengertian Konsumsi Beserta Faktor Dan Ciri-Cirinya

Definisi Konsumsi

Berikut yaitu beberapa pengertian ihwal Konsumsi yang antara lain yaitu :
  1. Pengertian Konsumsi yaitu perbelanjaan yang dilakukan oleh rumah tangga yang berupa barang- dan jasa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dari orang yang melaksanakan perbelanjaan tersebut. Seangkan Barang-barang yang diproduksikan khusus untuk dipakai oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dinamakan barang konsumsi.
  2. Konsumsi yaitu pengeluaran total untuk memperoleh barang dan jasa dalam suatu perekonomian dalam jangka waktu tertentu.
  3. Seperti dikutip wikipedia. Pengertian Konsumsi, yaitu suatu aktivitas yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan daya guna suatu benda, baik berupa barang maupun jasa, untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan secara langsung.
  4. Konsumsi yaitu semua penggunaan barang dan jasa yang dilakukan insan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa yang dipakai dalam proses produksi tidak termasuk konsumsi, sebab barang dan jasa itu tidak dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Barang dan jasa dalam proses produksi ini dipakai untuk memproduksi barang lain
  5. Pengertian Konsumsi secara umum diartikan sebagai penggunaan barang-barang dan jasa yang secara pribadi akan memenuhi kebutuhan manusia. Untuk sanggup mengkonsumsi, seseorang harus memiliki pendapatan, besar kecilnya pendapatan seseorang sangat memilih tingkat konsumsinya.

Faktor- Faktor Konsumsi

Berikut yaitu beberapa Faktor-faktor yang mensugesti konsumsi antara lain yaitu :
  1. Faktor ekonomi: house hold income, house hold wealth, barang-barang konsumsi tahan usang dalam masyarakat, interest rate, asumsi ihwal masa depan, kebijakan moneter mengenai ketimpangan distribusi, pendapatan.
  2. Faktor demografi, antara lain jumlah penduduk, komposisi penduduk,
  3. faktor-faktor non ekonomi antara lain Faktor sosial budaya

Ciri-ciri aktivitas konsumsi

Berikut yaitu beberapa ciri-ciri Konsumsi antara lain adalah
  1. Barang yang dikonsumsi haruslah barang ekonomi atau untuk mendapatkannya memerlukan pengorbanan ekonomi.
  2. Barang yang dikonsumsi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan
  3. Barang yang digunakan, keuntungannya atau kegunaannya habis sekaligus atau habis berangsur-angsur.

Dikutip dari beberapa sumber

No comments:

Post a Comment