Saturday, August 11, 2018

Pengertian Fotosintesis Proses Dan Tahapannya

Pengertian Fotosintesis Proses Dan Tahapannya. Proses ini sanggup diibaratkan sebagai suatu proses yang terjadi dalam sebuah “pabrik”. Pada umumnya, “pabrik ” kawasan fotosintesis yakni daun. Sel-sel daun mempunyai kelengkapan alat untuk menangkap energi matahari. Pada flora tertentu yang tidak berdaun mirip bangsa Kaktus, kelengkapan alat fotosintesisnya terdapat pada sel-sel lapisan luar dari batangnya.

Pengertian Fotosintesis Proses Dan Tahapannya Pengertian Fotosintesis Proses Dan Tahapannya


Definisi Fotosintesis

Fotosintesis yakni suatu proses biokimia pembentukan zat makanan mirip karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama flora yang mengandung zat hijau daun atau klorofil. Selain flora berkalori tinggi, makhluk hidup non-klorofil lain yang berfotosintesis yakni alga dan beberapa jenis bakteri. Organisme ini berfotosintesis dengan memakai zat hara, karbon dioksida, dan air serta pinjaman energi cahaya matahari.

Pengertian fotosintesis dalam kamus Biologi yakni insiden penggabungan karbon dioksida dan air secara kimiawi dalam klorofil untuk membentuk karbohidrat dengan pinjaman cahaya matahari sebagai sumber energi. Sedangkan dalam kamus besar Bahasa Indonesia, fotosintesis yakni pemanfaatan energy cahaya matahari (cahaya matahari buatan) oleh flora berhijau daun atau kuman untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat.

Proses Fotosintesis

Fotosintesis berlangsung pada jaringan palisade dan jaringan bunga karang, terutama pada jaringan palisade.
Fotosintesis merupakan penyusunan/pembuatan makanan yang terjadi di daun, dilakukan oleh klorofil dengan pinjaman energy cahaya. Secara alami fotosintesis berlangsung dengan pinjaman energi cahaya matahari dan terjadi di siang hari. Fotosintesis sanggup juga terjadi pada malam hari dengan pinjaman cahaya lampu atau cahaya lainnya.

Fotosintesis memakai energi cahaya matahari untuk menyusun glukosa. Bahan baku fotosintesis yakni air (H2O) dan karbon dioksida (CO2). Air berasal dari dalam tanah, sedangkan karbon dioksida berasal dari udara bebas yang merupakan hasil dari proses pernapasan makhluk hidup. Hasil fotosintesis berupa glukosa dan oksigen.

Fotosintesis hanya sanggup dilakukan oleh flora dan beberapa jenis bakteri. Tumbuhan memakai pigmen hijau yang disebut klorofil untuk mengubah energi sinar matahari (energy fisik) menjadi energi kimia. Pada proses fotosintesis, energi diperoleh dari cahaya matahari yang diserap oleh klorofil. Energi tersebut dipakai untuk memecah molekul air menjadi oksigen dan hidrogen. Oksigen dikeluarkan oleh daun, meskipun sebagian dipakai untuk bernapas. Hidrogen bergabung dengan karbon dioksida membentuk glukosa.

Faktor  yang Mempengaruhi Proses Fotosintesis

Fotosintesis di pengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor dari dalam maupun faktor dari luar.
Factor dari dalam, antara lain:
  1. Umur daun,
  2. Keadaan stomata, dan
  3. Jenis tumbuhan.
Factor dari luar,antara lain:
  1. Cahaya
  2. Klorofil
  3. Suhu
  4. Karbon dioksida (CO2)
  5. Air (H2O)

Tahapan Fotosintesis

  1. Tahap I yakni proses penangkapan energi surya atau proses-proses yang bergantung eksklusif pada keberadaan cahaya. Seluruh proses pada tahap ini disebut reaksi cahaya.
  2. Tahap II yakni proses-proses yang tidak bergantung eksklusif pada keberadaan cahaya. Proses-proses atau reaksi-reaksi pada tahap ini disebut reaksi gelap

Dikutip Dari Berbagai Sumber.

No comments:

Post a Comment