Tuesday, July 31, 2018

Pengertian Terapi Musik Serta Metodenya

Pengertian Terapi Musik Serta Metodenya. Musik mempunyai kekuatan untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kemampuan pikiran seseorang. Ketika musik diterapkan menjadi sebuah terapi, musik sanggup meningkatkan, memulihkan, dan memelihara kesehatan fisik, mental, emosional, sosial dan spiritual. Hal ini disebabkan musik mempunyai beberapa kelebihan, yaitu lantaran musik bersifat nyaman, menenangkan, menciptakan rileks, berstruktur, dan universal. Perlu diingat bahwa banyak dari proses dalam hidup kita selalu ber-irama. Sebagai contoh, nafas kita, detak jantung, dan pulsasi semuanya berulang dan berirama. Berikut yaitu klarifikasi mengenai seputar terapi musik serta metode terapi musik itu sendiri.

Definisi Terapi Musik

Terapi musik yaitu sebuah perjuangan meningkatkan kualitas fisik dan mental dengan rangsangan bunyi yang terdiri dari melodi, ritme, harmoni, timbre, bentuk dan gaya yang diorganisir sedemikian rupa sampai tercipta music yang bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Secara Umum Terapi musik yaitu merupakan terapi yang universal dan bisa diterima oleh semua orang lantaran kita tidak membutuhkan kerja otak yang berat untuk menginterpretasi alunan musik. Terapi musik sangat gampang diterima organ telinga kita dan kemudian melalui saraf telinga disalurkan ke kepingan otak yang memproses emosi (sistem limbik).

Pengaruh musik sangat besar bagi pikiran dan badan manusia. Sebagai contoh, saat seseorang mendengarkan suatu alunan musik (meskipun tanpa lagu), maka seketika orang tersebut bisa mencicipi imbas dari musik tersebut. Ada musik yang menciptakan seseorang gembira, sedih, terharu, terasa sunyi, semangat, mengingatkan masa kemudian dan lain-lain.


Metode Terapi Musik

Musik sangat mensugesti kehidupan insan yang mempunyai 3 kepingan penting yaitu beat, ritme, dan harmony. Beat mensugesti tubuh, ritme mensugesti jiwa, sedangkan harmony mensugesti roh. Dalam terapi musik, komposisi musik diadaptasi dengan duduk kasus atau tujuan yang ingin kita capai. Terapi Musik yang efektif memakai musik dengan komposisi yang sempurna antara beat, ritme dan harmony yang diadaptasi dengan tujuan dilakukannya oleh lantaran itu terapi musik yang efektif tidak bisa memakai sembarang musik.

Ada dua macam metode terapi music, yaitu
  1. Terapi Musik Aktif. Dalam terapi musik aktif pasien diajak bernyanyi, mencar ilmu main memakai alat musik, menirukan nada-nada, bahkan menciptakan lagu singkat. Dengan kata lain pasien berinteraksi aktif dengan dunia musik. Untuk melaksanakan Terapi Musik aktif tentu saja diharapkan bimbingan seorang pakar terapi musik yang kompeten.
  2. Terapi Musik Pasif. Ini yaitu terapi musik yang murah, gampang dan efektif. Pasien tinggal mendengarkan dan menghayati suatu alunan musik tertentu yang diadaptasi dengan masalahnya. Hal terpenting dalam terapi musik pasif yaitu pemilihan jenis musik harus sempurna dengan kebutuhan pasien. Oleh lantaran itu, ada berbagai jenis CD terapi musik yang bisa diadaptasi dengan kebutuhan pasien.

Salah satu figur yang paling berperan dalam terapi musik di awal masa ke-20 yaitu Eva Vescelius yang banyak mempublikasikan terapi musik lewat goresan pena tulisannya. Ia percaya bahwa objek dari terapi musik yaitu melaksanakan penyelarasan atau harmonisasi terhadap seseorang melalui vibrasi. Demikian pula dengan Margaret Anderton, seorang guru piano berkebangsaan Inggris, yang mengemukakan perihal imbas alat musik (khusus untuk pasien dengan hambatan psikologis) lantaran hasil penelitiannya mengatakan bahwa timbre (warna suara) musik sanggup menimbulkan imbas terapeutik.
.

No comments:

Post a Comment