Pengertian Biaya Pemasaran Serta Fungsi Dan Penggolongannya. Alasan yang penting bagi perusahaan untuk memprioritaskan pemasaran ialah alasannya ialah pemasaran memainkan bab yang besar dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, satu alasan penting lainnya ialah pemasaran mendorong terjadinya riset dan inovasi, pengembangan dan penyebaran ide-ide, barang dan jasa baru. Gain Pemasaran atau marketing merupakan kunci keberhasilan suatu bisnis. Berikut ialah klarifikasi seputar pengertian biaya pemasaran, Penggolongan Biaya Pemasaran.
Definisi Biaya Pemasaran
Dalam arti sempit biaya pemasaran hanya mencakup biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menjual produk ke pasar.
Dalam arti luas biaya pemasaran mencakup semua biaya yang terjadi semenjak ketika produk simpulan diproduksi dan disimpan dalam gudang hingga dengan produk tersebut diubah kembali dalam bentuk uang tunai.
Menurut Mulyadi Biaya Pemasaran ialah biaya yang mencakup semua biaya yang terjadi ketika produk simpulan diproduksi dan disimpan dalam gudang hingga produk tersebut diubah kembali dalam bentuk uang tunai.
Sedangkan berdasarkan Supriyono, biaya pemasaran ialah sebagai berikut : “Biaya pemasaran ialah mencakup semua biaya dalam rangka menyelenggarakan kegiatan pemasaran.”
Hansen dan Mowen yang diterjemahkan oleh Thomson Learning menyatakan bahwa biaya pemasaran ialah biaya-biaya yang diharapkan untuk memasarkan, mendistribusikan, dan melayani produk atau jasa.
Karakteristik Biaya Pemasaran
- Banyak ragam kegiatan pemasaran ditempuh oleh perusahaan dalam memasarkan produknya, sehingga perusahaan yang sejenis produknya belum tentu menempuh cara pemasaran yang sama.
- Kegiatan pemasaran sering mengalami perubahan sesuai dengan tuntutan perubahan kondisi pasar.
- Kegiatan pemasaran berhadapan dengan konsumen yang merupakan variabel yang tidak sanggup dikendalikan oleh perusahaan. Manajemen sanggup mengendalikan biaya tenaga kerja, biaya materi baku, jam kerja dan jumlah mesin yang dipakai tetapi tidak seorangpun sanggup menyampaikan apa yang akan dilakukan oleh konsumen.
- Dalam biaya pemasaran terdapat biaya tidak pribadi dan biaya bersama (joint cost) yang lebih sulit pemecahannya jika dibandingkan dengan yang terdapat dalam biaya produksi.”
Fungsi Biaya Pemasaran
Biaya pemasaran dalam operasi sehari-hari perusahaan mempunyai fungsi yang bermacam-macam, tergantung dari sifat perjuangan dari perusahaan itu sendiri, ukuran serta metode operasi. Diantaranya ialah membantu meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mendapat pendapatan terus pada periode mendatang dan memberi nilai tambah bagi perusahaan. Setiap fungsi merupakan unit yang homogen, dimana acara sanggup dihubungkan dengan bab khusus dari biaya pemasaran.Penggolongan Biaya Pemasaran
- Biaya untuk mendapat pesanan ( order getting costs). Yaitu semua dikeluarkan dalam perjuangan untuk memperoleh pesanan. Contoh biaya yang termasuk dalam golongan ini ialah biaya wiraniaga ( salesperson),komisi penjualan, advertensi, dan promosi
- Biaya untuk memenuhi pesanan ( order filling costs). Yaitu semua biaya yang dikeluarkan untuk mengusahakan semoga supaya produk hingga ke tangan pembeli dan biaya-biaya untuk mengumpulkan piutang dari pembeli. Contoh biaya yang termasuk dalam golongan ini ialah biaya pergudangan, biaya pembungkusan dan pengiriman, biaya angkutan, dan biaya penagihan.
Penggolongan Biaya Menurut Fungsi Pemasaran
- Biaya Penjualan. Biaya penjualan terdiri dari biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan pemenuhan pesanan yang diterima dari pelanggan. Biaya penjualan terdiri dari honor karyawan bab penjualan, biaya depresiasi, biaya kantor, sewa kantor dan biaya perjalanan salesmen.
- Biaya Advertensi. Biaya advertensi merupakan biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan pemasaran dan pelaksanaan kegiatan order-getting melalui kegiatan promosi. Biaya advertensi terdiri dari honor karyawan bab advertensi, biaya iklan, biaya pameran, biaya promosi, biaya teladan (sampel, model) dan lain-lain.
- Biaya Pergudangan. Biaya pergudangan merupakan biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan yang bekerjasama dengan pemenuhan pemesanan. Biaya pergudangan terdiri dari honor karyawan bab gudang, biaya depresiasi gudang dan biaya sewa gudang.
- Biaya Pembungkusan dan Pengiriman. Biaya pembungkusan dan pengiriman merupakan biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan pembungkusan pesanan hingga pesanan tersebut dikirim kepada pembeli. Biaya pembungkusan dan pengiriman terdiri dari honor karyawan bab pembungkusan dan pengiriman, biaya materi untuk membungkus, biaya eksploitasi truk, biaya depresiasi kendaraan, biaya pengiriman dan biaya angkut.
- Biaya Pemberian Kredit. Biaya santunan kredit dan penagihan terdiri dari biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan pemantauan kemampuan keuangan pelanggan dan penagihan piutang kepada pelanggan. Biaya santunan kredit dan penagihan terdiri dari honor karyawan bab penagihan, kerugian abolisi piutang tak tertagih, cuilan tunai.
- Biaya Administrasi Penjualan. Biaya bab manajemen terdiri dari bab manajemen penjualan, supplies kantor, penyusutan peralatan, reparasi dan pemeliharaan peralatan.
Cara Analisis Biaya Pemasaran
- Analisis biaya pemasaran berdasarkan jenis biaya atau obyek pengeluaran. Biaya dipecah sesuai dengan jenis-jenis biaya pemasaran seperti: honor biaya iklan, biaya perjalanan, biaya depresiasi peralatan kantor, biaya operasi dan pemeliharaan truk, dan sebagainya.
- Analisis biaya pemasaran berdasarkan fungsi pemasaran. Fungsi pemasaran ialah suatu kegiatan pemasaran yang memerlukan pengeluaran biaya. Analisis biaya pemasaran berdasarkan fungsi pemasaran bertujuan untuk pengendalian biaya dan untuk analisis biaya pemasaran berdasarkan perjuangan pemasaran.
- Analisis biaya pemasaran berdasarkan perjuangan pemasaran. Adalah. berdasarkan jenis produk, berdasarkan tempat pemasaran, berdasarkan besar pesanan dan berdasarkan terusan distribusi.
No comments:
Post a Comment