Thursday, July 19, 2018

Pengertian Sumber Berguru Serta Jenisnya

Pengertian Sumber Belajar Serta Jenisnya. Apa Itu sumber belajar...? untuk memperoleh informasi semoga mencar ilmu terasa lebih gampang maka diharapkan sumber berikut ialah klarifikasi seputar Sumber Belajar serta Jenis-Jenis Sumber Belajar.

Definisi Sumber Belajar

Pengertian sumber mencar ilmu ialah suatu sistem yang terdiri dari sekumpulan materi atau situasi yang diciptakan dengan sengaja dan dibentuk semoga memungkinkan penerima didik mencar ilmu secara individual. berdasarkan Nana Sudjana dan Ahmad R. sumber mencar ilmu itu ialah daya yang sanggup dimanfaatkan guna kepentingan proses mencar ilmu mengajar, baik secara pribadi maupun secara tidak langsung, sebagian atau secara keseluruhan.

Menurut Wina Sanjaya sumber mencar ilmu ialah segala sesuatu yang sanggup dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari materi dan pengalaman mencar ilmu sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

Maka sanggup disimpulkan bahwa sumber mencar ilmu ialah merupakan segala sesuatu yang berupa sekumpulan materi dan sanggup dimanfaatkan dalam kepentingan proses mencar ilmu mengajar untuk memperoleh informasi dan pengalaman, sehingga sanggup mempermudah acara belajar. Sumber mencar ilmu sanggup berasal dari lingkungan sekitar kawasan tinggal penerima didik atau sengaja dibentuk sebagai sumber belajar. yang berasal dari lingkungan pribadi misalnya, manusia, gunung, laut, candi, hutan dan sebagainya, sedangkan yang sengaja dibentuk sebagai sumber mencar ilmu ialah buku, video, diorama, museum, laboratorium dan sebagainya.

Jenis-Jenis Sumber Belajar

  1. Pesan (message), ialah informasi pembelajaran yang akan disampaikan yang sanggup berupa ide, fakta, ajaran, nilai dan data. Pesan ialah informasi pembelajaran yang akan disampaikan yang sanggup berupa ide, fakta, fatwa nilai dan data.
  2. Orang (people), ialah insan yang berperan sebagai pencari, penyimpan, pengolah, dan penyaji pesan. Contohnya guru, dosen, tutor, pustakawan, laboran, instruktur, widyaiswara, pelatih olah raga, tenaga ahli, produser, peneliti dan masih banyak lagi, bahkan termasuk penerima didik itu sendiri.
  3. Bahan ialah merupakan perangkat lunak (software) yang mengandung pesan-pesan pembelajaran yang biasanya disajikan melalui peralatan tertentu. Contohnya, buku teks, modul, transparansi (OHT), kaset progam audio, kaset progam video, progam slide suara, programmed instruction, CAI (pembelajaran berbasis komputer), film dan lain-lain.
  4. Alat ialah perangkat keras (hardware) yang dipakai untuk menyajikan pesan yang tersimpan dalam bahan. Contohnya, OHP, proyektor slide, tape recorder, video/CD player, komputer, proyektor film dan lain-lain.
  5. Teknik ialah mekanisme atau langkah-langkah tertentu yang disiapkan dalam memakai bahan, alat, lingkungan dan orang untuk memberikan pesan. Misalnya demonstrasi, diskusi, praktikum, pembelajaran mandiri, sistem pendidikan terbuka/jarak jauh, tutorial tatap muka dan sebagainya.
  6. Latar/lingkungan ialah situasi di sekitar terjadinya proses pembelajaran kawasan penerima didik mendapatkan pesan pembelajaran. Lingkungan dibedakan menjadi dua macam, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan nonfisik. Lingkungan fisik contohnya, gedung sekolah, perpustakaan, laboratorium, aula, bengkel dan lain-lain. Sedangkan lingkungan nonfisik contohnya, tata ruang belajar, ventilasi udara, cuaca, suasana, lingkungan mencar ilmu dan lain-lain.
Klasifikasi yang lain yang biasa dilakukan terhadap sumber mencar ilmu ialah sebagai berikut:
  1. Sumber mencar ilmu tercetak: buku, majalah, brosur, koran, poster, denah, ensiklopedia, kamus, booklet, dan lain-lain.
  2. Sumber mencar ilmu noncetak: film, slides, video, model, audiocassette, transparansi, realia, objek dan lain-lain.
  3. Sumber mencar ilmu yang berbentuk fasilitas: perpustakaan, ruangan belajar, carrel, studio, lapangan olahraga dan lain-lain.
  4. Sumber mencar ilmu berupa kegiatan: wawancara, kerja kelompok, observasi, simulasi, permainan dan lain-lain.
  5. Sumber mencar ilmu berupa lingkungan di masyarakat: taman, terminal, pasar, toko, pabrik, museum dan lain-lain.
Sumber mencar ilmu yang sanggup dimanfaatkan oleh guru khususya dalam setting proses pembelajaran di dalam kelas di antaranya ialah :
  1. Manusia Sumber, Manusia merupakan sumber utama dalam proses pembelajaran. Misalkan untuk mempelajari undang-undang kemudian lintas, guru sanggup memakai polisi kemudian lintas sebagai sumber utama siswa;
  2. Alat dan Bahan Pengajaran, ialah segala sesuatu yang sanggup dipakai untuk membantu;
  3. Berbagai Aktivitas dan Kegiatan, Yang dimaksud acara ialah segala perbuatan yang sengaja dirancang untuk memfasilitasi kegiatan mencar ilmu menyerupai kegiatan diskusi, demonstrasi, simulasi, melaksanakan percobaan dan lain sebagainya;
  4. Lingkungan atau Setting, ialah segala sesuatu yang sanggup memungkinkan siswa belajar. Misalnya, gedung sekolah, perpustakaan, laboratorium, taman, kantin sekolah, dan lain sebagainya
Maka Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, sanggup disimpulkan mengenai jenis- jenis sumber mencar ilmu yang sanggup dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran ialah sebagai berikut:
  1. Manusia, sebagai penyalur informasi, dalam hal ini insan ialah guru dan siswa yang saling memberikan informasi dalam bentuk berita, pesan dan lain-lain.
  2. Media yang berupa software dan hardware (peralatan). Software berupa materi informasi, sedangkan hardware ialah peralatan yang dipakai untuk memberikan informasi.
  3. Teknik/ metode, merupakan cara yang dipakai untuk memberikan informasi atau materi ajar, dalam lingkup pembelajaran di sekolah, guru yang memiliki tanggung jawab untuk menyusun metode untuk memberikan informasi pada siswa.

No comments:

Post a Comment