Sunday, July 22, 2018

Pengertian Gaya Hidup Konsumtif Serta Faktor Yang Mempengaruhinya

Pengertian Gaya Hidup Konsumtif serta Faktor yang Mempengaruhinya. Dewasa ini salah satu gaya hidup konsumen yang cenderung terjadi dalam masyarakat ialah gaya hidup yang menganggap bahan sebagai sesuatu yang sanggup mendatangkan kepuasan tersendiri, gaya hidup menyerupai ini sanggup menimbulkan adanya tanda-tanda konsumtifisme. Berikut ialah klarifikasi seputar pengertian Gaya Hidup Konsumtif, serta Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup Konsumtif. 

Definisi Gaya Hidup Konsumtif konsumtifisme

Konsumtifisme didefinisikan sebagai pola hidup individu atau masyarakat yang mempunyai impian untuk membeli atau memakai barang dan jasa yang kurang atau tidak dibutuhkan.

Gaya Hidup Konsumtif ialah membeli atau mengunakan barang tanpa pertimbangan rasional atau bukan atas dasar kebutuhan. Dalam psikologi, ini dikenal sebagai compulsive buying disorder (penyakit kecanduan belanja). Penderitanya tidak menyadari dirinya terjebak dalam kubangan metamorfosa antara impian dan kebutuhan.

Menurut Rosandi Gaya Hidup Konsumtif ialah suatu sikap membeli yang tidak didasarkan pada pertimbangan yang rasional, melainkan alasannya ialah adanya impian yang sudah mencapai taraf tidak rasional lagi. Suatu impian dalam mengkonsumsi barang-barang yang bergotong-royong kurang diharapkan secara berlebihan untuk mencapai kepuasan maksimal.

Menurut Kartodiharjo sikap konsumtif sebagai social ekonomi perkembangannya dipengaruhi oleh faktor kultural, pentingnya tugas mode yang gampang menular atau menimbulkan produk-produk tertentu.

Menurut Setiaji Gaya Hidup Konsumtif ialah kecenderungan seseorang berperilaku berlebihan dalam membeli sesuatu atau membeli secara tidak terencana. Sebagai hasilnya mereka lalu membelanjakan uangnya dengan membabi buta dan tidak rasional, sekedar untuk mendapat barang-barang yang berdasarkan anggapan mereka sanggup menjadi simbol keistimewaan.

Secara Umum sikap konsumtif ialah merupakan sikap individu yang ditujukan untuk konsumsi atau membeli secara berlebihan terhadap barang atau jasa, tidak rasional, secara hemat menimbulkan pemborosan, lebih mengutamakan kesenangan daripada kebutuhan dan secara psikologis menimbulkan kecemasan dan rasa tidak aman.

Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup Konsumtif

  1. Faktor budaya mempunyai imbas yang luas dan mendalam terhadap sikap Faktor budaya antara lain terdiri dari tugas budaya, Sub budaya, kelas sosial pembeli.
  2. Perilaku seorang konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial yang antara lain kelompok acuan, Keluarga, serta Peran dan Status
  3. Keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi, karakteristik langsung tersebut terdiri dari Usia dan Tahap Siklus Hidup, Pekerjaan, Keadaan Ekonomi, Gaya Hidup Serta Kepribadian dan Konsep Diri
  4. Pilihan pembelian dipengaruhi oleh enam faktor psikologis antara lain Motivasi, Persepsi, Konsep Diri, Kepribadian, Pengalaman Belajar serta Sikap dan Keyakinan (agama)

No comments:

Post a Comment