Friday, July 27, 2018

Pengertian Minat Serta Faktor Yang Mendasari Timbulnya Minat

Pengertian Minat Serta Faktor Yang Mendasari Timbulnya Minat. Dari segi bahasa minat yaitu kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Maka sanggup dikatakan bahwa minat merupakan Rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau kegiatan tanpa ada yang mempengaruhi. Berikut yaitu klarifikasi wacana seputar pengertian minat dan faktor yang mendasari timbulnya minat seseorang.

Definisi Minat

Berikut Adalah beberapa definisi minat yang dikemukakan oleh beberapa andal antara lain adalah.
  1. Menurut W. S. Winkel, pengertian minat yaitu kecenderungan yang akan menetap dalam subjek merasa tertarik pada bidang/hal tertentu dan merasa bahagia berkecimpung dalam bidang itu.
  2. Menurut The Liang Gie, Definisi minat yaitu sibuk, tertarik, atau terlibat sepenuhnya dengan sesuatu kegiatan alasannya yaitu menyadari pentingnya kegiatan itu.
  3. Menurut Whitherington, Pengertian minat yaitu kesadaran seseorang, bahwa suatu obyek, seseorang, suatu soal atau suatu situasi mengandung sangkut paut dengan dirinya.
  4. Menurut Andi Mappiare definisi minat yaitu suatu perangkat mental yang terdiri dari suatu adonan dari perasaan, harapan, pendirian, prasangka, rasa takut, atau kecenderungan-kecenderungan lain yang mengarahkan individu kepada suatu pilihan tertentu.
  5. Minat yaitu suatu keadaan dimana seseorang memiliki perhatian terhadap sesuatu dan disertai keinginan untuk mengetahui dan mempelajari maupun menunjukan lebih lanjut.
  6. Menurut Sumadi Suryabrata definisi minat yaitu Suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau kegiatan tanpa ada yang menyuruh”. Minat intinya yaitu penerimaan akan suatu kekerabatan antara diri sendiri dengan sesuatu hal diluar dirinya. Semakin berpengaruh atau erat kekerabatan tersebut semakin besar minatnya.
Dari pengertian berdasarkan para andal tersebut diatas maka sanggup disimpulkan bahwa minat yaitu kecenderungan dan keinginan yang besar terhadap sesuatu yang terdiri dari suatu adonan perasaan senang, harapan, perasaan tertarik, pemusatan perhatian yang tidak disengaja yang terlahir dengan penuh kemauan dan kecenderungan–kecenderungan yang lain yang mengarahkan individu kepada suatu pilihan atau motif.

Faktor Yang Mendasari Timbulnya Minat

Berikut yaitu faktor yang mendasari timbulnya minat seseorang yang antara lain yaitu :
  1. Faktor dorongan yang berasal dari dalam. Kebutuhan ini sanggup berupa kebutuhan yang bekerjasama dengan jasmani dan kejiwaan.
  2. Faktor motif sosial. Timbulnya minat dari seseorang sanggup didorong dari motif sosial yaitu kebutuhan untuk mendapat penghargaan dan lingkungan dimana mereka berada.
  3. Faktor emosional. Faktor ini merupakan ukuran intensitas seseorang dalam menaruh perhatian terhadap sesuatu kegiatan atau obyek tertentu.

Menurut Johanes mengungkapkan bahwa “Minat sanggup digolongkan menjadi dua, yaitu
  1. Minat intrinsik yaitu minat yang timbulnya dari dalam individu sendiri tanpa dampak dari luar.
  2. Minat ekstrinsik yaitu minat yang timbul alasannya yaitu dampak dari luar”.
Berdasarkan pendapat tersebut maka minat intrinsik sanggup timbul alasannya yaitu dampak sikap. Persepsi, prestasi belajar, bakat, jenis kelamin dan termasuk juga keinginan bekerja. Sedangkan minat ekstrinsik sanggup timbul alasannya yaitu dampak latar belakang status sosial ekonomi orang tua, minat orang tua, informasi, lingkungan dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment