Friday, July 27, 2018

Pengertian Seputar Perizinan

Pengertian Seputar Perizinan. Apa Itu Perizinan ? berikut ialah klarifikasi perihal seputar pengertian Perizinan, Tujuan Dan Fungsi Perizinan, Serta Motif Perizinan.

Definisi Perizinan

Pengertian Perizinan ialah merupakan kontribusi legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha/kegiatan tertentu, baik dalam bentuk izin maupun tanda daftar usaha. Izin ialah salah satu instrumen yang paling banyak dipakai dalam aturan administrasi, untuk mengemudikan tingkah laris para warga. Selain itu izin juga sanggup diartikan sebagai keringanan atau pelepasan/pembebasan dari suatu larangan.

Terdapat juga pengertian izin dalam arti sempit maupun luas :
  1. Izin dalam arti luas yaitu semua yang menimbulkan akhir kurang lebih sama, yakni bahwa dalam bentuk tertentu diberi perkenaan untuk melaksanakan sesuatu yang mesti dilarang.
  2. Izin dalam arti sempit yaitu suatu tindakan dilarang, terkecuali diperkenankan, dengan tujuan supaya ketentuan-ketentuan yang disangkutkan dengan perkenaan sanggup dengan teliti diberikan batas-batas tertentu bagi tiap kasus.

Pada umumnya sistem izin terdiri dari :
  1. Larangan.
  2. Persetujuan yang merupakan dasar kekecualian (izin).
  3. Ketentuan-ketentuan yang bekerjasama dengan izin.

Terdapat istilah lain yang mempunyai kesejajaran dengan izin yaitu:
  1. Dispensasi ialah keputusan manajemen Negara yang membebaskan suatu perbuatan dari kekuasaan peraturan yang menolak perbuatan tersebut. Sehingga suatu peraturan undang-undang menjadi tidak berlaku bagi sesuatu yang istimewa (relaxation legis).
  2. Lisensi ialah suatu suatu izin yang meberikan hak untuk menyelenggarakan suatu perusahaan. Lisensi dipakai untuk menyatakan suatu izin yang meperkenankan seseorang untuk menjalankan suatu perusahaan denngan izin khusus atau istimewa.
  3. Konsesi merupakan suatu izin bekerjasama dengan pekerjaan yang besar di mana kepentingan umum terlibat bersahabat sekali sehingga sesungguhnya pekerjaan itu menjadi kiprah pemerintah, tetapi pemerintah diberikan hak penyelenggaraannya kepada konsesionaris (pemegang izin) yang bukan pejabat pemerintah. Bentuknya sanggup berupa kontraktual atau kombinasi antara lisensi dengan kontribusi status tertentu dengan hak dan kewajiban serta syarat-syarat tertentu.

Tujuan Dan Fungsi Perizinan

Secara umum tujuan dan fungsi dari perizinan ialah untuk pengendalian dari acara aktivitas pemerintah terkait ketentuan-ketentuan yang berisi pedoman yang harus dilaksanakan baik oleh yang berkepentingan ataupun oleh pejabat yang diberi kewenangan. Tujuan dari perizinan sanggup dilihat dari dua sisi yaitu :

Dari sisi pemerintah

  1. Untuk melaksanakan peraturan Apakah ketentuan-ketentuan yang termuat dalam peraturan tersebut sesuai dengan kenyataan dalam praktiknya atau tidak dan sekalipun untuk mengatur ketertiban.
  2. Sebagai sumber pendapatan tempat Dengan adanya undangan permohonan izin, maka secara pribadi pendapatan pemerintah akan bertambah sebab setiap izin yang dikeluarkan pemohon harus membayar retribusi dahulu. Semakin banyak pula pendapatan di bidang retribusi tujuan jadinya yaitu untuk membiayai pembangunan.

Dari sisi masyarakat

  1. Untuk adanya kepastian hukum.
  2. Untuk adanya kepastian hak.
  3. Untuk mendapat akomodasi sehabis bangunan yang didirkan mempunyai izin Dengan mengikatkan tindakan-tindakan pada suatu system perizinan, pembuatan undang-undang sanggup mengejar banyak sekali tujuan dari izin.

Motif-motif untuk memakai system izin

  1. Mengendalikan sikap warga
  2. Mencegah ancaman bagi lingkungan hidup
  3. Melindungi objek-objek tertentu
  4. Membagi sumber daya yang terbatas
  5. Mengarahkan aktivitas

No comments:

Post a Comment