Sunday, July 22, 2018

Pengertian Obeservasi Serta Laba Dan Kekurangannya

Pengertian Obeservasi Serta Keuntungan Dan Kekurangannya. Observasi Merupakan dasar semua ilmu pengetahuan. Para peneliti hanya sanggup bekerja menurut data, yaitu fakta mengenai dunia kenyataan yang diperoleh melalui observasi.

Definisi observasi

Menurut Sutrisno Hadi mengemukakan bahwa “observasi merupakan suatu proses yang kompleks, suatu proses yang tersusun dari pelbagai proses biologis dan psikhologis”.

Dikutip dari wikipedia pengertian observasi yaitu acara terhadap suatu proses atau objek dengan maksud mencicipi dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena menurut pengetahuan dan gagasan yang telah diketahui sebelumnya, untuk mendapat informasi-informasi yang diharapkan untuk melanjutkan suatu penelitian.

Secara Umum observasi yaitu pengamatan yang dilakukan oleh orang dengan sengaja dan sistematis untuk memeperoleh data yang selanjutnya akan diproses untuk kebutuhan penelitian.

Jenis Observasi

  1. Observasi Langsung. Jenis observasi ini yaitu pengamatan yang dilakukan pribadi oleh pengamat (observer) pada objek yang diamati. Dalam Hal ini peneliti sanggup mengamati objek dengan pribadi sehingga sanggup mendapat data sesuai yang dengan keadaan lapangan.
  2. Observasi Partisipatif. yaitu pengamatan yang pribadi dan ikut berperan dalam sikap yang diamati. Dalam Hal ini Observasi partisipatif hampir sama dengan observasi pribadi hanya, dalam observasi partisipatif ini peneliti juga ikut berperan dalam sikap yang diamati.
  3. Observasi Tidak Langsung. Pengamatan tidak pribadi yaitu pengamatan yang dilakukan melalui media lain, menyerupai melalui alat elektronik; TV, Video, photo, cetak; gambar, peta, grafik, atau melalui orang; kelompok dan perorangan. Hasil pengamatan itu dicatat segala sesuatu hal yang berkenaan dengan problem itu. Dalam Hal ini peneliti hanya melaksanakan pengamatan melalui media, dan hasil pengamatannya sanggup dicatat yang berkenaan dengan problem itu.

Keuntungan Observasi

  1. Dapat Mencatat hal-hal, sikap pertumbuhan, dan sebagainya pada waktu bencana itu berlangsung atau sewaktu sikap itu terjadi
  2. Dapat memperoleh data data subjek secara langsung, baik yang sanggup berkomunikasi secara lisan maupun tidak.

Kekurangan Observasi

  1. Diperlukan waktu yang cukup usang untuk memperoleh hasil dari suatu kejadian.
  2. Pengamatan terhadap suatu fenomena yang berlangsung lama, tidak sanggup dilakukan secara langsung.
  3. Adanya kegiatan-kegiatan yang mustahil sanggup diamati, menyerupai kegiatan yang bersifat peribadi.

No comments:

Post a Comment