Saturday, July 21, 2018

Pengertian Energi Serta Jenisnya

Pengertian Energi Serta Jenisnya. Organisme hidup membutuhkan energi tersedia untuk tetap hidup, insan contohnya membutuhkan energi dari masakan beserta oksigen untuk metabolismenya. Berikut ialah klarifikasi seputar pengertian energi serta Jenis-Jenis Bentuk Energi Dan Sumber-Sumber Energi.

Definisi Energi

Energi ialah ukuran dari kesanggupan benda tersebut untuk melaksanakan suatu usaha. Energi berasal dari bahasa Yunani yaitu energia yang berarti kemampuan untuk melaksanakan usaha. Energi merupakan besaran yang kekal, artinya energi tidak sanggup diciptakan dan dimusnahkan, tetapi sanggup diubah dari suatu bentuk satu ke bentuk yang lain namun tidak merubah jumlah atau besar energi secara keseluruhan. Dalam pengertian sehari-hari energi merupakan kemampuan untuk melaksanakan gerak, jikalau suatu objek bisa untuk melaksanakan gerakan, maka obyek tersebut dikatakan mempunyai energi.

Dikutip dari wikipedia Dalam Fisika energi ialah merupakan properti fisika dari suatu objek, sanggup berpindah melalui interaksi fundamental, yang sanggup diubah bentuknya namun tidak sanggup diciptakan maupun dimusnahkan.

Secara umum energi ialah sebagai sebuah kekuatan yang dimiliki oleh suatu benda sehingga bisa bergerak atau melaksanakan kerja.

Jenis-Jenis Bentuk Energi

  1. Energi potensial ialah energi yang dimiliki suatu benda akhir adanya imbas kawasan atau kedudukan dari benda tersebut. Energi potensial disebut juga dengan energi membisu alasannya benda yang dalam keaadaan membisu sanggup mempunyai energi. Energi potensial mempunyai beberapa bentuk diantaranya: energi potensial gravitasi, energi potensial pegas, dan lain - lain.
  2. Energi listrik adalah energi yang ditimbulkan oleh benda yang bermuatan listrik. Muatan listrik yang membisu (statis) menimbulkan energi potensial listrik, sedangkan muatan listrik yang bergerak (dinamis) menimbulkan arus listrik dan energi magnet.
  3. Energi panas ialah energi ini muncul ketika terjadinya perubahan suhu benda, dan menjalar dari bab yang panas ke bab yang dingin. Energi ini sanggup dideteksi dengan indera peraba dan thermometer.
  4. Energi kimia adalah energi yang tersimpan secara kimiawi. Misalnya masakan yang kita makan menghasilkan energi kimia yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Minyak bumi mengandung energi kimia yang sangat bermanfaat untuk materi bakar. Baik energi kimia dalam masakan maupun energi kimia dalam minyak bumi berasal dari energi matahari.
  5. Energi kinetik adalah energi dari suatu benda yang dimiliki alasannya imbas gerakannya, contohnya ketika seseorang yang sedang berlari, maka posisi orang tersebut akan berubah setiap detiknya, perubahan posisi ini mengatakan bahwa orang itu mempunyai energi.
  6. Energi nuklir adalah energi yang tersimpan dalam atom. Energi keluar ketika terjadi proses reaksi nuklir. Energi ini diperoleh dari hasil reaksi inti, yaitu reaksi yang terjadi pada inti atom dimana partikel - partikel berenergi tinggi bertumbukkan dengan inti atom tersebut sehingga terbentuklah inti gres yang berbeda dengan inti semula.

Sumber-Sumber Energi

  1. Sumber energi tidak terbaharui (nonrenewable) didefinisikan sebagai sumber energi yang tidak sanggup diisi atau dibentuk kembali oleh alam dalam waktu yang singkat. Sumber energi tak terbaharui diantaranya: Minyak Bumi, Batubara.
  2. Sumber energi terbaharui (renewable) didefinisikan sebagai sumber energi yang sanggup dengan cepat diisi kembali oleh alam. Berikut ini ialah yang termasuk sumber energi terbaharui yang antara lain ialah Matahari, Angin, Panas Bumi, Biomassa. 
  3. Potensi Energi Terbarukan antara lain ialah Kelapa Sawit, Kotoran Ternak, Bioetanol, Ampas Tebu (Baggase), Kulit Kakao, Tempurung Kelapa, Sekam Padi, Sampah, Potensi Tenaga Angin, Potensi Tenaga Surya, Energi Listrik Tenaga Air dan Panas Bumi.

No comments:

Post a Comment