Friday, July 20, 2018

Pengertian Akuntansi Dana

Pengertian Akuntansi Dana. Dalam Akuntansi Pemerintah, Dana Dan Akuntansi dana memegang peranan yang sangat penting, alasannya yaitu sistem akuntansi pemerintahan direncanakan, diorganisasikan dan dioperasikan atas dasar dana. Sehingga tidak mengherankan apabila istilah akuntansi dana sering dipakai untuk menggantikan istilah akuntansi pemerintahan. Oleh alasannya yaitu itu maka sanggup dikatakan bahwa bergotong-royong akuntansi pemerintahan yaitu sama dengan akuntansi dana.

Definisi Akuntansi Dana

Akuntansi Dana yaitu sistem akuntansi yang sering dipakai oleh organisasi-organisasi nirlaba dan institusi sektor publik. Sistem tersebut merupakan metode pencatatan dan penampilan entitas dalam akuntansi ibarat aset, dan kewajiban yang dikelompokkan berdasarkan kegunaannya masing-masing.

Pengertian Akuntansi dana (Fund Accounting) merupakan sistem akuntansi dan pelaporan keuangan yang lazim diterapkan di lingkungan organisasi nirlaba yang memisahkan dana berdasarkan peruntukannya, sehingga masing-masing merupakan entitas akuntansi yang bisa mengambarkan keseimbangan antara penggunaan dan penerimaan dana.

Bentuk Kesatuan Akuntansi Dana

Pada dasarnya tipe kesatuan (entity) dalam akuntansi dana yang dipakai untuk sebagian besar unit-unit organisasi pemerintahan dan NFPO (Not For Profit Organization) adalah terdiri dari 2 Jenis yang antara lain yaitu :
  1. Singel Accounting Entity. Entity ini dipakai oleh profit seeking enterprises (Perusahaan-Perusahaan yang beriorentasi Laba). Dana yang dipakai dalam entity jenis ini yaitu Nonexpendable (Proprietary) Funds, yaitu dana yang dipakai untuk mempertanggungjawabkan penghasilan, biaya, aktiva, hutang dan modal dari suatu kegiatan organisasi yang termasuk dalam kelompok Business Type dan beberapa jenis dana perwalian sebagai pola Cafetaria, sistem jasa transportasi
  2. Multiple Accounting Entity. Entity ini dipakai oleh Government or Nonprofit Organization (Organisasi pemerintah atau organisasi yang bukan beriorentasi laba). Dana yang dipakai dalam entity jenis ini yaitu Expendable (Governmental) Funds, Yaitu dana yang dipergunakan untuk mempertanggungjawabkan aktiva lancar, hutang-hutang yang berkaitan, perubahan aktiva neto, dan saldo yang dibelanjakan dalam banyak sekali kegiatan “Non Business Type” Contoh Pemadam Kebakaran Dan Perlindungan Polisi.

Persamaan Akuntansi Dana dan Akuntansi Komersial

Akuntansi dana dan akuntansi komersial memiliki beberapa persamaan,antara lain:
  1. Sama-sama memperlihatkan info mengenai posisi keuangan dan hasil operasi.
  2. Mengikuti Prinsip dan Standar Akuntansi yang diterima umum antara lain Prinsip konsistensi, Prinsip obyektivitas, Prinsip materialisasi dan Prinsip pengungkapan yang memadai.
  3. Mengacu pada konsep dasar. Antara lain yaitu Kesinambungan, Periodesasi akuntansi, dan Pengukuran dalam nilai mata uang.

Perbedaan Akuntansi Dana dan Akuntansi Komersial

Akuntansi Dana
  1. Tujuan utama yaitu untuk mengukur pelaksanaan anggaran yang telah ditetapkan.
  2. Dapat terdiri dari lebih dari satu entitas (beberapa jenis dana).
  3. Transaksi pengeluaran/ penerimaan neraca (real account) dilaporkan baik dalam laporan neraca maupun laporan aktivitas.
  4. Sangat dipengaruhi oleh peraturan atau ketentuan-ketentuan yang berlaku, sehingga bersifat kurang fleksibel.

Akuntansi Komersial
  1. Tujuan utamanya untuk mengukur tingkat keuntungan.
  2. Hanya terdiri dari satu entitas akuntansi.
  3. Pengeluaran/penerimaan neraca (real account) tidak dilaporkan dalam laporan aktivitas.
  4. Bersifat lebih fleksibel.

No comments:

Post a Comment