Friday, July 27, 2018

Pengertian Model Pembelajaran Dan Jenis Serta Kriterianya

Pengertian Model Pembelajaran Dan Jenis Serta Kriterianya. Model pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang efektif akan sangat membantu dalam proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran akan lebih gampang tercapai. Selain itu, model pembelajaran juga sanggup memperlihatkan warta yang mempunyai kegunaan bagi siswa di dalam proses pembelajaran.

Model pembelajaran dikembangkan dari adanya perbedaan karakteristik siswa yang bervariasi. Karena siswa mempunyai aneka macam karakteristik kepribadian, kebiasaan-kebiasaan, cara berguru yang bervariasi antara individu satu dengan yang lain, maka model pembelajaran tidak terpaku hanya pada model tertentu.

Definisi Model Pembelajaran

Menurut Joyce Dan Weil mengungkapkan bahwa model pembelajaran yaitu suatu planning atau contoh yang sanggup dipakai untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang materi pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain.

Menurut Agus Suprijono mengungkapkan model pembelajaran yaitu contoh yang dipakai sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Model pembelajaran yaitu kerangka konseptual yang melukiskan mekanisme yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman berguru untuk mencapai tujuan berguru tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merancang dan melakukan acara berguru mengajar.

Menurut Komalasari model pembelajaran yaitu intinya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal hingga simpulan yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan wadah atau bungkus dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.

Menurut Soekamto, dkk. Mengungkapkan bahwa model pembelajaran sebagai kerangka konseptual yang melukiskan mekanisme yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman berguru untuk mencapai tujuan berguru tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan kegiatan pembelajaran.

Maka Dapat Disimpulkan bahwa model pembelajaran yaitu merupakan suatu planning sistematis yang sanggup dijadikan pedoman oleh para guru untuk mengorganisasikan jalannya pembelajaran di kelas guna mencapai tujuan belajar.

Jenis - jenis Model Pembelajaran

Jenis - jenis model pembelajaran yang sanggup dipakai dalam pembelajaran, antara lain:
  1. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem based Learning).
  2. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning).
  3. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project based Learning).
  4. Model Pembelajaran Pelayanan (Service Learning).
  5. Model Pembelajaran Berbasis Kerja.
  6. Model Pembelajaran Konsep (Concept Learning).
  7. Model Pembelajaran Nilai (Value Learning)

Kriteria Model Pembelajaran

Suatu model pembelajaran sanggup dikatakan baik kalau memenuhi kriteria sebagai berikut:

1) Sahih (valid),
Aspek validitas dikaitkan dengan dua hal,yaitu:
  • Apakah model yang dikembangkan didasarkan pada rasional teoritis yang kuat
  • Apakah terdapat konsistensi internal
2) Praktis,
Aspek kepraktisannya hanya sanggup dipenuhi jika:
  • Para mahir dan praktisi menyatakan bahwa apa yang dikembangkan sanggup diterapkan
  • Kenyataan memperlihatkan bahwa apa yang dikembangkan tersebut sanggup diterapkan
3) Efektif
Berkaitan dengan efektifitas ini, Nieveen memperlihatkan parameter sebagai berikut :
  • Ahli dan praktisi menurut pengalamannya menyatakan bahwa model tersebut efektif
  • Secara oprasional model tersebut memperlihatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan

No comments:

Post a Comment