Tuesday, November 19, 2019

Perbedaan Surat Resmi Dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Beserta Contoh

Perbedaan Surat Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Beserta Contoh - Surat merupakan sarana komunikasi tertulis yang berisi informasi dari satu orang ke orang lain. Dalam Bahasa Indonesia surat sanggup dikategorikan menjadi dua yaitu surat resmi dan surat tidak resmi. Kedua jenis surat ini dipakai sebagai alat bukti tertulis, gagasan, buah pemikiran, pemberitahuan, bukti historis, permintaan, pedoman kerja dan alat pengingat. Namun untuk kategori surat resmi dan tidak resmi Bahasa Indonesia sangatlah berbeda. Letak perbedaan surat resmi dan tidak resmi Bahasa Indonesia berada pada struktur pembuatannya.
Perbedaan Surat Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Beserta Contoh Perbedaan Surat Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Beserta Contoh
Ketika kita dibangku sekolah niscaya sudah diajarkan mengenai pembuatan surat, baik berupa surat resmi ataupun surat tidak resmi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan surat resmi dan tidak resmi Bahasa Indonesia beserta rujukan suratnya. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Perbedaan Surat Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Beserta Contoh

Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan surat resmi dan tidak resmi Bahasa Indonesia. Surat resmi ialah jenis surat yang biasanya dipakai dalam instanti atau forum tertentu. Misalnya surat dinas, surat undangan, dan lain lain. Sedangkan surat tidak resmi ialah jenis surat yang biasanya dipakai untuk memperlihatkan informasi langsung kepada orang lain, baik teman, keluarga ataupun yang lainnya. Perbedaan antara surat resmi dan surat tidak resmi berada pada denah atau struktur suratnya. Untuk surat tidak resmi tidak membutuhkan struktur atau denah surat alasannya ialah bersifat pribadi. Selain itu bahasa yang digunakanpun tidak harus baku. Sedangkan untuk surat resmi perlu memperhatikan hal hal di bawah ini :
  • Menggunakan Kop surat kalau berasal dari forum atau organisasi tertentu.
  • Memiliki Lampiran, Perihal dan Nomor surat.
  • Terdapat salam pembuka maupun salam epilog yang formal.
Baca juga : Cara Menemukan Pikiran Pokok Teks Bacaan Dengan Cepat
  • Menggunakan bahasa yang resmi/formal.
  • Mencantumkan stempel atau cap yang berasal dari forum resmi.
  • Memiliki hukum struktur yang baku.
Selain itu surat resmi juga harus memperhatikan bab format baku dalam pembuatannya. Hal inilah yang menjadi perbedaan surat resmi dan tidak resmi Bahasa Indonesia.
  1. Kop Surat, penulisannya memakai abjad kapital yang didalamnya terdapat nama forum atau instansinya, alamat lembaga/instansi dan logo dari lembaga/instansinya.
  2. Nomor Surat, yakni nomor urut dari surat yang dikeluarkan. 
  3. Lampiran, yaitu bab surat resmi yang isinya lembaran lain yang dipakai untuk mendukung surat resmi tersebut.
  4. Perihal/Hal, yakni denah surat resmi yang isinya inti surat ataupun garis besar surat.
  5. Tanggal Surat, berisi tanggal ketika pembuatan surat dan letaknya di bab pojok kanan atas sejajar nomor surat.
  6. Alamat yang dituju (hindari penggunaan kata "kepada").
  7. Salam Pembuka, penulisannya di akhiri dengan tanda baca koma (,).
  8. Pembuka.
  9. Isi Surat.
  10. Penutup, berisi salam penutup, nama, jabatan, dan tanda tangan.
Untuk lebih memudahkan anda dalam memahami perbedaan surat resmi dan tidak resmi Bahasa Indonesia, saya juga akan menyajikan rujukan suratnya.

Contoh Surat Resmi "Surat Undangan OSIS"

OSIS Sekolah Menengah kejuruan Pertiwi Jaya Bandung
Jl. Jaya Bakti No.12 Bandung

Nomor : 02/OSIS/III/18                                                                                   Bandung, 12 Maret 2018
Lamp.  : -
Hal      : Undangan Pekan Olahraga

Yth. Pengurus OSIS
Sekolah Menengah kejuruan Pertiwi Jaya Bandung
Jl. Jaya Bakti No.12 Bandung

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan berakhirnya tahun pedoman 2017/2018, saya selaku ketua OSIS Sekolah Menengah kejuruan Pertiwi Jaya memohon kehadiran para pengurus OSIS dalam mengikuti bermacam-macam perlombaan yang diselenggarakan pada:

Hari      : Kamis, 14 Maret 2018 - Senin, 19 Maret 2018
Waktu   : Pukul 08.30 WIB s/d selesai
Tempat : Lapangan Sekolah Menengah kejuruan Pertiwi Jaya
Acara   : Pekan Olahraga

Dikarenakan program tersebut penting, dibutuhkan semoga seluruh pengurus sanggup hadir sempurna waktu.

Hormat Saya   
(tanda tangan)  
Veronika Lestari
Ketua OSIS
Contoh Surat Tidak Resmi "Surat Pribadi"
Seperti yang kita ketahui perbedaan surat resmi dan tidak resmi Bahasa Indonesia terletak pada struktur atau denah suratnya. Namun kita sanggup menemukan rujukan surat tidak resmi dalam bentuk surat pribadi. Surat langsung merupakan alat komunikasi surat menyurat atau tertulis dengan orang lain dan bukan dari atasan yang bekerjasama dengan forum tertentu. Berikut rujukan suratnya:

Kalimantan, 10 Februari 2016
Dear, Sonia

Assalamualaikum. w.r. w.b.

            Hai Sonia, Bagaimana kabar kau dan keluarga? Semoga disana baik baik saja ya. Disini saya dan keluarga alhamdulillah juga baik. Oya Sonia saya ingin bercerita sekaligus memperlihatkan kabar baik untuk kamu. Aku mendapat beasiswa sekolah di Bandung. Makara saya sanggup berkunjung kerumah kamu. Rencananya saya akan pergi ke Bandung pada final semester ini. Nanti saya akan menginap dirumah nenekku yang disana. Setelah hingga disana saya akan mengabarimu dan berkunjung kerumahu. 
           Aku sangat bahagia sekali mendapat beasiswa ini. Hal yang paling menyenangkan ialah bersekolah di Bandung sekaligus bertemu denganmu, alasannya ialah saya sangat merindukanmu. Sampai ketemu Sonia, saya tunggu tanggapan surat darimu. Wassalam

Sahabatmu    
Cika        

Demikianlah perbedaan surat resmi dan tidak resmi Bahasa Indonesia yang sanggup saya jelaskan. Saya juga sudah menyertakan rujukan suratnya semoga anda lebih gampang memahaminya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment