Thursday, November 7, 2019

Pentingnya Menghargai Dan Melakukan Hak Dan Kewajiban Asasi Insan Dalam Lingkungan Masyarakat

Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban asasi dalam Lingkungan Masyarakat - Seperti yang telah diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa seluruh rakyat Indonesia harus menghargai, menghormati dan melaksanakan hak asasi serta kewajiban dalam bermasyarakat. Ketentuan akan hak dan kewajiban ini tertera pada Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28J yang berbunyi "Setiap warga negara wajib menghormati hak asasi insan orang lain dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara". Maksud dari pasal ini ialah sebagai warga negara sekaligus anggota masyarakat kita diharuskan untuk menghormati dan menghargai hak-hak asasi orang lain dan melaksanakan kewajiban kita sebagai warga negara sebelum menuntut hak pribadi.

Pada dasarnya sebagai manusi yang berakhlak memang seharusnya kita menghormati dan menghargai hak-hak insan lainnya. Meskipun kita juga mempunyai hak yang sama besar dengan orang lain, namun hak yang kita miliki tersebut tetaplah dibatasi oleh hak-hak orang lain.

Selain menghargai dan melaksanakan hak asasi kita juga diwajibkan untuk melaksanakan kewajiban sebagai anggota masyarakat sekaligus warga negara. Apa saja kewajiban warga negara? pada dasarnya kewajiban warga negara ialah untuk membela bangsa dan negara dari bahaya yang datang. Disamping itu kita juga diwajibkan untuk taat dan patuh terhadap norma-norma dan hukum yang berlaku dalam negara kita termasuk norma dan hukum untuk menghormati, menghargai dan melaksanakan hak dan kewajiban asasi insan dalam lingkungan masyarakat.
Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban asasi dalam Lingkungan Masyarakat Pentingnya Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Lingkungan Masyarakat

Umumnya perilaku hirau terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban asasi akan mengarah pada pelanggaran HAM. Pelanggaran HAM sendiri merupakan tindakan yang sanggup diklasifikasikan kedalam tindakan kriminal dan pelakunya sanggup mendapat eksekusi penjara maupun denda. Untuk menanggulangi hal semacam ini pemerintah telah membentuk tubuh khusus untuk melindungi hak asasi insan (Komnas HAM).

Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia

Pengertian menghargai dan melaksanakan hak dan kewajiban asasi insan mempunyai arti bahwa disamping menjalankan dan melaksanakan kewajiban sebagai masyarakat dan warga negara maka kita juga dituntut untuk menghormati sekaligus menghargai hak asasi insan yang dimiliki setiap orang alasannya ialah sekalipun kita mempunyai hak asasi yang sama namun tetap saja hak asasi yang kita miliki mempunyai batasan batasan tertentu yang tidak sanggup dilanggar.

Contoh Sikap Menghargai dan Menghormati Hak Asasi Manusia dalam Lingkungan Masyarakat
Contoh perbuatan atau tindakan yang mencerminkan perilaku menghormati dan menghargai hak asasi insan dalam lingkungan masyarakat ialah sebagai berikut:

  1. Menghormati adanya perbedaan antar teman.
  2. Memberikan kesempatan kepada sahabat yang berbeda agama untuk melaksanakan ibadah.
  3. Menghargai dan mengapresiasi karya orang lain.
  4. Tidak meniru karya orang lain.
  5. Menghargai perbedaan pendapat dalam diskusi.
  6. Menumbuhkan perilaku toleransi dalam kehidupan di masyakarat

Contoh Sikap Melaksanakan Kewajiban Dalam Lingkungan Masyarakat
Melaksanakan kewajiban merupakan langkah awal sebelum kita dalam meminta hak-hak kita. Sebagai seorang warga negara dan anggota lingkungan masyarakat kita diwajibkan untuk melaksanakan kewajiban kita. Kewajiban tersebut antara lain:

  1. Membela bangsa dan Negara dari bahaya yang berasal dari luar.
  2. Taat kepada norma dan hukum yang berlaku.
  3. Tidak melanggar norma dan aturan.
  4. Melaporkan tindakan kriminal yang terjadi di masyarakat.
  5. Menengok tetangga atau sahabat yang sakit sebagai tindakan simpatik.
  6. Mengabdi pada masyarakat dan negara.
  7. Melaksanakan kiprah sempurna waktu.

Pada dasarnya terdapat banyak sekal pola wacana pelaksanaan hak dan kewajiban insan dalam lingkungan masyarakat. Hak dan kewajiban ini telah diatur dalam undang-undang dasar 1945 dan merupakan aliran untuk hidup rukun dalam masyarakat.

Sekian artikel kewarganegaraan yang membahas wacana pengertian dan pola menghargai dan melaksanakan hak dan kewajiban manusi kali ini. selalu ingat bahwa sebelum meminta hak kita harus mendahulukan kewajiban terlebih dulu. Terimakasih

No comments:

Post a Comment