Sunday, November 17, 2019

Bagian Bab Surat Eksklusif Beserta Klarifikasi Lengkap

Bagian Bagian Surat Pribadi Beserta Penjelasan Lengkap - Surat eksklusif yakni jenis surat yang penulisannya tidak membutuhkan hukum atau struktur tertentu. Maka dari itu surat eksklusif sanggup ditulis memakai pola yang bebas sesuai keinginan. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis surat sanggup dibagi menjadi dua yaitu surat resmi dan surat pribadi. Untuk surat eksklusif dengan surat resmi mempunyai perbedan pada penulisannya dan bab bagiannya. Bagian bab surat eksklusif lebih singkat dibandingkan bab surat resmi.

Surat eksklusif merupakan surat yang berisi gosip atau sebagai media komunikasi kepada orang lain. Surat ini tidak membutuhkan kaidah tertentu dalam penulisannya. Namun dalam surat eksklusif selalu mempunyai susunan menyerupai tujuan surat (penerima surat), tanggal surat dibuat, pembukaan, isi, pengirim surat, epilog dan kata sapaan. Untuk bahasa yang dipakai dalam surat eksklusif haruslah sopan dan santun, terutama kalau surat tersebut diberikan kepada seseorang yang lebih tua. Kali ini saya akan membahas mengenai bab cuilan surat eksklusif beserta klarifikasi lengkap. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Bagian Bagian Surat Pribadi Beserta Penjelasan Lengkap

Seiring berkembangnya jaman, surat eksklusif sudah jarang digunakan. Penggunaannya tersebut digantikan dengan aplikasi Email, BBM, Facebook, Whatsapp dan aplikasi lainnya pada handphone. Meskipun surat telah berkembang lebih canggih, tetapi tetap memakai struktur/bagian menyerupai bab surat eksklusif pada umumnya. Bahkan fungsinya juga sama antara surat eksklusif dengan surat yang dikirim lewat aplikasi handphone. Di bawah ini terdapat beberapa perbedaaan antara surat resmi dengan surat eksklusif yakni:
  1. Surat Pribadi tidak mempunyai kop surat.
  2. Surat Pribadi tidak mempunyai nomor surat.
  3. Surat Pribadi tidak mempunyai lampiran.
  4. Tidak mempunyai format surat tertentu.
  5. Memiliki variasi salam pembuka dan salam penutupnya.
  6. Menggunakan bahasa yang non formal, namun tetap santun.
Baca juga : 4 Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Tercinta Dalam Bahasa Indonesia
Dalam penulisan surat eksklusif terdapat bab cuilan surat yang sering digunakan. Dengan adanya bab tersebut bertujuan supaya lebih gampang untuk menyusun pola suratnya. Berikut bab cuilan surat eksklusif beserta penjelasan:
Bagian Bagian Surat Pribadi Beserta Penjelasan Lengkap Bagian Bagian Surat Pribadi Beserta Penjelasan Lengkap
Tempat dan Tanggal Pembuatan
Bagian surat eksklusif yang pertama yakni kawasan dan tanggal pembuatan surat. Bagian ini lebih baik disertakan menyerupai halnya penulisan jenis surat lainnya. Bagian kawasan dan tanggal pembuatan surat biasanya ditempatkan dibagian kiri atas ataupun kanan atas surat. Penulisan kawasan harus diawali dengan aksara kapital. Selain itu kawasan pembuatan dengan tanggal pembuatan dipisahkan dengan aksara koma., namun tanpa disertai tanda baca akhiran menyerupai tanda titik. Misalnya :
  • Magelang, 24 Februari 2018
  • Magelang, 24-02-2018
  • Magelang, 24/02/2018
Bagian surat eksklusif menyerupai kawasan dan tanggal pembuatan surat kurang lebih menyerupai teladan diatas. Memang terdapat variasi dalam penulisan tanggal pembuatan. Tetapi kebanyakan pengirim surat menulis tanggal surat eksklusif menyerupai ini : 24 Februari 2018.

Alamat Penerima
Bagian surat eksklusif selanjutnya yakni alamat penerima. Dalam penulisan alamat akseptor biasanya disertai dengan nama penerimanya. Penulisannya diawali dengan nama akseptor terlebih dahulu. Selain itu nama akseptor juga disertai dengan nama sapaannya, contohnya sahabat lamaku, temanku, sahabatku dan sebagainya. Untuk penulisan kota akseptor sanggup ditulis dengan julukan kotanya, contohnya Jakarta kota Hujan, Yogyakarta kota Pelajar, dan lain lain.

Berikut teladan penulisan alamat surat pribadi:
Kepada Temanku Rika
Di Magelang

Kata Sapaan
Bagian surat eksklusif selanjutnya yakni kata sapaan. Kata sapaan tersebut diberikan kepada akseptor surat menyerupai teman, sahabat, dan lain lain. Kata sapaan tersebut ditulis dengan bahasa yang non formal. Penggunaan bahasanya bebas sesuai keinginan namun harus tetap santun dan sopan. Berikut teladan penulisan kata sapaan:
  • Salam Kangen.
  • Assalamu’alaikum Wr. Wb.
  • Hai Sahabatku.
  • Hai Manis.
  • Hai Temanku Yang Imut.
  • Kakakku Tersayang, dll.
Baca juga : Perbedaan Surat Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Beserta Contoh
Paragraf Pembuka
Bagian surat eksklusif selanjutnya yakni paragraf pembuka. Paragraf pembuka dalam surat eksklusif biasanya berisi ungkapan rasa rindu, menanyakan kabar dan lain lain. Bahasa yang dipakai yaitu non formal. Yang terpenting dalam penulisan paragraf pembuka yakni akseptor memahami maksud dari pengirim surat. Bagian paragraf pembuka merupakan paragraf basa bau supaya hubungan tetap terjalin dengan akrab.

Bagian Isi
Bagian surat eksklusif selanjutnya yakni isi surat. Isi surat yakni inti dari surat yang dikirim. Dalam isi tersebut terdapat maksud dan tujuan surat tersebut dibuat. Didalamnya sanggup berupa ungkapan perasaan, uneg uneg, problem yang dihadapi pengirim dan sebagainya.

Bagian surat eksklusif inilah yang dinantikan tunggu penerima. Bahasa yang dipakai dalam penulisan isi yaitu non formal. Yang perlu diperhatikan yakni akseptor memahami maksud suratnya.

Paragraf Penutup
Bagian surat eksklusif selanjutnya yakni paragraf penutup. Pada bab ini berisi perihal ucapan terima kasih, cita-cita pengirim, maupun ungkapan undangan maaf. Sebaiknya paragraf epilog tidak ditulis terlalu panjang dan lebar supaya surat terlihat lebih rapi. Anda sanggup menulisnya 1 sampai 2 baris saja.

Nama Pengirim dan Tanda Tangan
Bagian surat eksklusif yang terakhir yakni nama pengirim dan tanda tangan. Penulisan nama dan tanda tangan pengirim sanggup diletakkan dibagian kanan bawah surat. Tanda tangan tersebut disertai dengan nama terang pengirim surat. Peletakkan nama dan tanda tangan pengirim juga sanggup berada di bab kiri bawah surat. 

Demikianlah klarifikasi mengenai bab cuilan surat pribadi. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment