Sunday, November 17, 2019

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, Dan Cermin Cembung

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung - Cermin yaitu sesuatu yang mempunyai permukaan licin dan menghasilkan pantulan bayangan benda yang sempurna. Cermin sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari bahkan cermin juga banyak dicari dalam kalangan masyarakat. Ketika kita dibangku sekolah tentunya sudah diajarkan mengenai cermin dan pembentukan bayangannya. Cermin tersebut sanggup dibagi menjadi tiga jenis yaitu cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung. Sifat bayangan cermin datar berbeda dengan sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung.

Ketiga jenis cermin ini mempunyai sifat bayangan masing masing alasannya yaitu mempunyai permukaan yang berbeda beda. Pada kesempatan kali ini aku akan membahas wacana sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung

Dibawah ini terdapat sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung. Berikut ulasan selengkapnya:
Baca juga : Rumus Pemantulan Bunyi Beserta Contoh Soalnya

Cermin Datar

Cermin datar ialah jenis cermin yang mempunyai permukaan yang datar dan berbentuk garis lurus. Pada cermin datar terdapat bayangan benda yang panjang dan lebarnya sama persis dengan benda aslinya. Jarak antara benda dengan cermin juga sama dengan jarak cermin dengan bayangannya. Kita sanggup menjumpai cermin datar dikehidupan sehari hari contohnya cermin rias. 
Cermin yaitu sesuatu yang mempunyai permukaan licin dan menghasilkan pantulan bayangan ben Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung
Sifat Bayangan Cermin Datar
Berikut sifat bayangan cermin datar yang mencakup :
  1. Bayangannya maya.
  2. Tinggi bayangan sama dengan tinggi objek.
  3. Ukuran bayangan sama dengan ukuran objek.
  4. Bersifat tegak.
  5. Sifat bayangan terbalik.
  6. Jarak benda dan jarak bayangannya sama.

Cermin Cekung

Cermin cekung yaitu jenis cermin yang mempunyai permukaan berbentuk lengkungan kedalam atau cekung. Jarak tengah cermin akan terlihat lebih jauh dari pada bab tepi cermin. Cermin cekung juga mempunyai titik imajiner yang jaraknya sama dengan setiap titik pada permukaan cermin cekung. Kita sanggup menjumpai pola cermin cekung dikehidupan sehari hari ibarat pemantulan lampu kendaraan, senter, dan lampu sorot tipe tertentu. 
Cermin yaitu sesuatu yang mempunyai permukaan licin dan menghasilkan pantulan bayangan ben Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung
Sifat Bayangan Cermin Cekung
Baca juga : Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya
Berikut sifat bayangan cermin cekung yaitu :
  1. Bayangannya bersifat tegak, nyata, terbalik dan diperkecil kalau peletakan objek lebih besar dibandingkan titik fokus cermin cekung.
  2. Bayangannya bersifat tegak, nyata, terbalik dan diperbesar kalau peletakan objek diantara titik  fokus cermin cekung.

Cermin Cembung

Cermin cembung yaitu jenis cermin yang mempunyai permukaan berbentuk lengkungan keluar atau cembung. Jarak tengah cermin akan terlihat lebih bersahabat dari pada bab tepi cermin. Cermin cembung juga mempunyai titik imajiner yang jaraknya sama dengan setiap titik pada permukaan cermin dan menjadi sentra kelengkungan cermin. Contoh penggunaan cermin cembung yaitu terdapat pada beling spion kendaraan.
Cermin yaitu sesuatu yang mempunyai permukaan licin dan menghasilkan pantulan bayangan ben Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung
Sifat Bayangan Cermin Cembung
Berikut sifat bayangan cermin cembung yang meliputi:
  1. Bayangannya bersifat maya.
  2. Bersifat tegak.
  3. Bayangan bersifat diperkecil.
Demikianlah klarifikasi mengenai sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment