Wednesday, November 13, 2019

Rumus Kurun Dan Frekuensi Getaran

Rumus Periode dan Frekuensi Getaran - Getaran yakni insiden sebuah benda yang melaksanakan gerakan bolak balik secara teratur dan melalui satu titik yang setimbang. Getaran sanggup disebut sebagai gerak periodik sebab dilakukan secara teratur. Kuat lemahnya gerakan sebuah benda dipengaruhi oleh banyaknya energi yang diberikan. Apabila energi yang diberikan semakin besar maka getaran yang dihasilkan juga semakin kuat. Dalam satu getaran terjadi satu gerakan benda bolak balik secara penuh. Contohnya pegas yang dimanfaatkan untuk ayunan anak. Dalam getaran terdapat periode dan frekuensi getaran. Kemudian adapula rumus periode getaran dan rumus frekuensi getaran yang dipakai untuk menghitung besar periode dan frekuensinya.
 Getaran yakni insiden sebuah benda yang melaksanakan gerakan bolak balik secara teratur da Rumus Periode dan Frekuensi Getaran
Contoh Getaran
Getaran sederhana sanggup kita lihat pada gambar bandul diatas. Berdasarkan gambar tersebut sanggup kita peroleh gerakan satu getaran yaitu dari titik A – B – C – B – A. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai rumus periode getaran dan rumus frekuensi getaran lengkap dengan referensi soalnya. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Rumus Periode dan Frekuensi Getaran

Contoh getaran sanggup kita jumpai ketika mengayunkan sebuah bandul. Bandul tersebut kita tarik dan lepaskan, maka bandul akan berayun dari titik awal penarikan dan kembali lagi hingga pada karenanya berhenti. Pada dasarnya gerakan bandul tersebut termasuk besaran fisika yang mencakup periode dan frekuensi. Dibawah ini terdapat rumus periode getaran dan rumus frekuensi getaran beserta masing masing referensi soalnya.
Baca juga : Sifat dan Contoh Pembiasan Cahaya Lengkap

Periode Getaran

Periode getaran yakni waktu yang diperlukan oleh benda dalam melaksanakan satu kali getaran. Contohnya getaran dari titik A – B – C – B – A di atas membutuhkan waktu 1 sekon. Maka dari itu, periode getarannya yakni 1. Namun periode getaran sanggup diartikan sebagai perbandingan waktu dalam melaksanakan getaran yang berbanding terbalik dengan jumlah getarannya. Berikut rumus periode getarannya:
T = t/n
Keterangan:
T = Periode Getaran (s)
t = Waktu yang diperlukan untuk bergetar (s)
n = Banyaknya getaran

Frekuensi Getaran

Frekuensi getaran yakni banyaknya getaran yang terjadi setiap satuan waktu. Berikut rumus frekuensi getaran:
f = n/t
Keterangan:
f = Frekuensi Getaran (Hz)
n = Banyaknya getaran
t = Waktu yang diperlukan untuk bergetar (s)

Periode getaran dengan frekuensi getaran saling berkaitan satu sama lain. Maka dari itu terbentuklah kekerabatan antara periode dengan frekuensi getaran. Periode getaran berbanding terbalik dengan frekuensi getaran dan begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu terdapat persamaan kekerabatan antara periode getaran dengan frekuensi getaran sebagai berikut:
T = 1/f
f = 1/T
Keterangan:
T = Periode Getaran (s)
f = Frekuensi Getaran (Hz)

Contoh Soal
Dibawah ini terdapat beberapa referensi soal memakai rumus periode getaran dan rumus frekuensi getaran.
Baca juga : Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Contoh Soalnya
1. Sebuah bandul membutuhkan waktu 25 sekon untuk melaksanakan getaran sebanyak 50 kali. Hitunglah periode dan frekuensi getarannya?

Pembahasan.
Diketahui : t = 25 s; n = 50 kali
Ditanyakan : T dan f = ?
Jawab:
T = t/n
   = 25/50
   = ½ sekon
f = n/t
  = 50/25
  = 2 Hz
Makara besar periode getarannya yakni ½ sekon dan frekuensi getarannya yakni 2 Hz.

2. Dalam waktu 10 sekon, bandul sanggup bergetas sebanyak 30 kali. Hitunglah periode dan frekuensi getarannya?

Pembahasan.
Diketahui : t = 10 s; n = 30 kali
Ditanyakan : T dan f = ?
Jawab:
T = t/n
   = 10/30
   = 0,3 sekon
f = n/t
  = 30/10
  = 3 Hz
Makara besar periode getarannya yakni 0,3 sekon dan frekuensi getarannya yakni 3 Hz.

3. Sebuah pegas menghasilkan periode getaran 40 s. Berapakah frekuensi getarannya?

Pembahasan.
Diketahui : T = 40 s
Ditanyakan : f = ?
Jawab:
f = 1/T
  = 1/40
  = 0,025 Hz
Makara frekuensi getarannya yakni 0,025 Hz.

Demikianlah klarifikasi mengenai rumus periode getaran dan rumus frekuensi getaran beserta referensi solanya. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment