Sunday, November 24, 2019

Strategi Indonesia Menghadapi Bahaya Di Bidang Ideologi Dan Politik

Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Bidang Ideologi dan Politik - Ideologi dan politik tidak sanggup dipisahkan dari unsur pembentukan suatu negara. Negara yang mempunyai ideologi yang berpengaruh tentunya akan mempunyai ketahanan terhadap bahaya yang tiba baik dari dalam maupun luar negeri. Indonesia sendiri merupakan negara yang menganut asas demokrasi dengan ideologi pancasila yang bersifat terbuka. Karena keterbukaannya alhasil munculah banyak sekali bahaya di bidang ideologi dan politik yang tiba dari dalam dan luar negeri yang memicu perbedaan pandangan dan berpotensi mengakibatkan perpecahan bangsa. Hal ini mengacu pada asas demokrasi yang diterapkan di Indonesia, segala bentuk insiden menyerupai pemilihan umum, musyawarah dan sebagainya akan dikaitkan dengan demokrasi. Namun faktanya demokrasi sering dijadikan kedok untuk memenuhi kepentingan pribadi suatu negara yang sanggup menjadi bahaya di bidang ideologi ideologi dan politik.
Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Bidang Ideologi dan Politik Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Bidang Ideologi dan Politik
Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman Ideologi dan Politik
Sebagai negara berkembang, indonesia juga mempunyai taktik menghadapi bahaya di bidang ideologi dan di bidang politik untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan demokrasi. Salah satu taktik indonesia dalam menghadapi bahaya tersebut yaitu dengan membangun struktur pemerintahan yang solid dan berpengaruh yang kemudian bisa mengelola banyak sekali konflik kepentingan yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa Indonesia.
Baca juga: Strategi Indonesia Dalam Menghadapi Ancaman di Berbagai Bidang (Militer, Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya)
Tindakan untuk menghadapi bahaya ini intinya termasuk kedalam bela negara yang wajib dipelajari dan diterapkan oleh segenap bangsa Indonesia. Hal ini juga dihentikan dianggap remeh alasannya yaitu bahaya di bidang ideologi sangatlah rawan bahkan lebih rawan dibandingkan bahaya di bidang militer.

Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Bidang Ideologi dan Politik

Sebagai negara pluralisme yang terdiri dari banyak sekali suku, ras dan agama, Indonesia harus bisa mengatakan eksistensi sebagai negara yang mapan, kuat, berdikari dan tahan akan bahaya termasuk bahaya politik dan ideologi tanpa harus mengabaikan hubungan dengan negara lain. Strategi indonesia untuk menghadapi bahaya di bidang ideologi dan politik biar tidak memecah belah persatuan bangsa sanggup dilakukan dengan cara:
  1. Mendukung pengembangan politik yang demokratis.
  2. Memberikan pengetahuan politik terhadap masyarakat sipil.
  3. Memerintahkan segenap forum politik dalam negeri untuk menjalankan fungsi serta kiprahnya secara benar.
  4. Menjalankan pemerintahan yang bersih, adil, dan berwibawa untuk memperkuat kepercayaan rakyat dan memperkuat persatuan bangsa.
  5. Memperkuat kedudukan indonesia di mata aturan dan politik Internasional
  6. Menegakkan supremasi hukum.

Strategi Indonesia menghadapi bahaya di bidang ideologi

Untuk mencapai ketahanan di bidang ideologi, masyarakat harus ikut serta dan andil dengan cara menimbulkan pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara, serta pengamalan pancasila secara subjektif dan objektif. Pada dasarnya semakin tinggi kesadaran bangsa untuk menjaga ideologi mereka, maka akan semakin tinggi pula ketahanan di bidang ideologi dan secara tidak eksklusif hal tersebut sudah menjadi taktik indonesia menghadapi bahaya ideologi. Strategi membina dan menanamkan pentingnya ideologi untuk mencegah bahaya yang tiba sanggup dilakukan denan cara:

  1. Ideologi sebagai pemersatu sekaligus perekat bangsa harus ditanamkan dalam pendidikan seluruh warga negara indonesia.
  2. Ideologi harus dijadikan tombak bangsa dalam menghadapi unsur yang masuk dari luar.
  3. Ideologi harus diaktualisasikan kepada seluruh bidang kenegaraan.
  4. Ideologi Indonesia haruslah mengarah pada arah yang dinamis dan aktual.
  5. Dengan menerapkan ideologi, maka rakyat percaya akan keanegaraman dalam menjalankan hidup berbagnsa dan bernegara.
  6. Pemerintah harus mengedepankan kepentingan rakyat dan bangsa Indonesia diatas kepentingan sendiri.
  7. Pentingnya ideologi pancasila disosialisasikan kepada masyarakat sebagai bentuk menghadapi bahaya di bidang ideologi dan politik.
  8. Menumbukan pedoman serta perilaku positif sebagai warga negara, hal ini sanggup meningkatkan motivasi untuk mewujudkan segenap cita cita bangsa Indonesia.

Strategi indonesia menghadapi bahaya di bidang politik

Ancaman politik memang tidak sanggup dipisahkan dengan ideologi alasannya yaitu keduanya saling berafiliasi dan saling mempengaruhi. Untuk menghadapi bahaya politik, indonesia menerapkan taktik yang berebeda menurut dari mana asal bahaya tersebut. Ancaman politik di Indonesia tiba dari dalam dan luar negeri.

Ketahanan politik dalam negeri
Sebagai bentuk taktik indonesia menghadapi bahaya politik dalam negeri dibutuhkan adanya ketahanan politik yang sanggup mewujudkan politik sehat dan dinamis berlandaskan ideologi pancasila dan undang undang dasar 1945 yang terdiri dari:
  1. Sistem pemerintahan dihentikan bersifat adikara melainkan harus berpegang teguh pada kedaulatan rakyat yang menurut hukum.
  2. Dalam berpolitik tentunya akan terjadi silang pendapat, untuk menyikapi perbedaan pendapat dihentikan menjurus ke arah konflik.
  3. Pemerintah dan pemimpin harus bisa mengakomodasi aspirasi hidup yang muncul dari masyarakat.
  4. Terjalinnya komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah, antara golongan dengan kelompok kepentingan yang disertai dengan timbal balik positif untuk mewujudkan tujuan bangsa.
Ketahanan politik luar negeri
Strategi Indonesia menghadapi bahaya ideologi dan politik luar negeri sanggup dilakukan dengan beberapa cara tanpa harus meninggalkan hubungan antaranegara yanga bersifat internasional biar tercipta suasana dinamis dan saling menguntungkan. Adapun beberapa taktik indonesia menghadapi bahaya politik luar negeri adalah:
  1. Politik luar negeri berkembang hanya menurut skala prioritas dalam rangka memperkuat hubungan internasional dan persahabatan antar negara biar terjalin kerjasama yang saling menguntungkan.
  2. Menjaga perdamaian dunia dengan cara mengikuti gerakan non blok.
  3. Meningkatkan gambaran positif Negara Indonesia di mata internasional melalui serangkaian acara, event, dan pertemuan internasional.
Itulah banyak sekali taktik indonesia menghadapi bahaya di bidang ideologi dan politik baik dalam dan luar negeri. Pada dasarnya sebagai warga negara kita diharuskan untuk ikut serta dalam menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia dengan cara turut serta menghadapi segala bahaya yang ada termasuk bahaya ideologi dan politik.

No comments:

Post a Comment