Friday, November 29, 2019

10 Referensi Dongeng Fabel Singkat Dan Pendek Beserta Strukturnya

10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya - Terdapat banyak sekali jenis teks dalam bahasa indonesia, salah satunya ialah teks dongeng bergaya narasi (karangan) menyerupai dongeng fabel. Cerita sendiri sangat digemari oleh banyak orang sebab bersifat menghibur pembaca melalui alur dan banyak sekali unsur dongeng tersebut. Seperti yang kita ketahui, dongeng juga mempunyai bermacam-macam kategori, contohnya dongeng fabel, dongeng dongeng, dongeng mitos dan lain lain. Namun dongeng yang cukup banyak digemari ialah pola dongeng fabel pendek.

Banyak sekali pola contoh dongeng fabel singkat maupun pendek yang sanggup kita jumpai, baik secara online ataupun offline. Bahkan tidak jarang dongeng fabel tersebut diterbitkan dalam sebuah buku dongeng anak. Dibalik dongeng fabel tersirat pesan moral yang sanggup diambil. Teks dongeng fabel ialah salah satu jenis teks bahasa indonesia yang menceritakan kehidupan binatang dengan sikap hampir menyerupai manusia.
 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya 10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
Contoh dongeng fabel pendek beserta strukturnya
Cerita fabel intinya termasuk kedalam jenis dongeng fiksi dan tidak ada unsur nyata. Cerita tersebut dibentuk memakai unsur imajinasi tanpa mengaitkannya pada kehidupan nyata. Cerita fabel biasanya disebut dongeng moral sebab didalamnya terdapat pelajaran yang sanggup diambil. Pada umumnya dongeng fabel mengandung tokoh tokoh binatang. Cerita tersebut mempunyai kemiripan dengan kehdupan insan berserta abjad karakternya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa pola dongeng fabel singkat dan pendek beserta struktur dongeng fabel. Langsung saja sanggup anda simak dibawah ini.

10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya

Dalam dongeng fabel terdapat tokoh binatang dengan abjad yang mempunyai kemiripan dengan sifat manusia. Sifat tersebut sanggup berupa kebaikan ataupun keburukan. Para tokoh binatang mempunyai sifat yang sopan, jujur, bahagia bersahabat, pandai maupun sifat sifat terpuji lainnya. Namun para tokoh binatang juga mempunyai sifat sombong, suka menipu, ingin menang sendiri, licik, culas maupun sifat tercela lainnya.
Baca juga : Contoh Majas Personifikasi Beserta Penjelasan
Cerita fabel menjadi sarana maupun daerah yang mungkin sanggup mengatakan nilai atau pesan moral. Pada pembuatan pola dongeng fabel singkat juga harus memperhatikan struktur dongeng fabel yang berlaku. Struktur tersebut dipakai untuk menciptakan ceritanya menjadi lebih menarik.

Struktur Cerita Fabel

Struktur ialah suatu hal yang dipakai untuk menyebarkan suatu teks. Struktur dongeng fabel mencakup resolusi, orientasi, komplikasi maupun koda. Berikut klarifikasi mengenai struktur dongeng fabel :

  • Koda ialah struktur dongeng fabel yang terdapat dibagian final cerita. Struktur tersebut biasanya mengandung amanat ataupun pesan pada cerita.
  • Resolusi ialah struktur dongeng fabel yang berisi cara memecahkan problem yang dialami oleh tokoh cerita.
  • Komplikasi ialah struktur dongeng fabel yang mengandung titik puncak ataupun puncak dari problem yang dialami oleh tokoh cerita.
  • Orientasi ialah struktur dongeng fabel yang terdapat dibagian final cerita. Dalam struktur ini biasanya mengandung latar tempat, perkenalan tokoh, waktu, maupun perkenalan background.
Selain struktur, dalam pola dongeng fabel biasanya juga mempunyai kaidah kebahasaan yang juga menjadi ciri ciri khusus dari jenis teks dongeng ini. Adapun ciri cirinya ialah menyerupai mirip dongeng narasi atau karangan. Jika anda

Contoh Cerita Fabel Singkat Pendek

Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa kita sanggup menemukan banyak sekali pola dongeng fabel pendek lengkap dengan strukturnya di banyak sekali media baik cetak maupun non cetak. Terlebih lagi kalau kita masih duduk di kursi sekolah tentunya dengan gampang kita akan menjumpai pola dongeng fabel ini.

Dibawah ini telah saya sajikan beberapa pola dongeng fabel terbaik yang sanggup kita ambil hikmahnya ataupun sekedar kita jadikan sebagai bacaan ringan. Setiap pola dongeng dibawah mempunyai penokohan, alur, latar, dan setting yang berbeda beda, jadi silahkan simak dongeng fabel dibawah ini.

Contoh Cerita Fabel Singkat “Katak dan Ular Piton”
Disebuah danau hiduplah dua binatang berjulukan katak dan ular air. Katak tersebut melompat lompat disekitar danau sebab ia termasuk binatang yang suka ingin tahu. Katak tersebut ingin mencari aktivitas gres dengan cara berpetualang disekitar danau. Dengan senangnya sang katak melompat lompat menjauhi danau. Iapun terkejut sebab ada semak semak yang goyang. Ternyata dibalik semak semak tersebut muncullah ular piton. Katakpun kaget dan berusaha menjauhi ular piton, kemudian ia berusaha kembali ke danau lagi. Sebelum katak menjauhi ular, ternyata si piton menyadari keberadaan katak. Ular tersebut berusaha mendekati katak dan merayap dengan cepat.
 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya 10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
contoh dongeng fabel singkat dan pendek tentnag katak dan ular piton
Setelah ular dekat dengan katak, ia segera mengangkat kepalanya dengan tinggi dan berkata, “ Hai katak gemuk apa yang kau lakukan dihutan ini?” Katak tersebut takut dengan ular dan berusaha untuk menjauh. Sang ular pun berkata bahwa ia tak akan memakan katak sebab ia sudah memakan kelinci kecil. Kemudian sang kata berkata, “ Aku ingin berpetulang dan mencari aktivitas baru”. Sang ular mengatakan petualangan yang seru dan katakpun mau. Apabila katak ingin mencoba petualangan baru, ia harus menjelajahi hutan sendirian. Katakpun belum pernah menelusuri sekitar hutan sebab ia takut dimangsa binatang hewan buas lainnya.
Baca juga : Pengertian, Jenis Jenis dan Contoh Majas Dalam Puisi
Sang ular meawarkan proteksi untuk menemani katak menjelajahi hutan. Ia berkata,” Wahai ular carilah tali dan ikatkan pada ekorku.” Sang kata bertanya, “ Untuk apa tali itu?” Tali tersebut untuk menjaga supaya katak tidak tertinggal jauh dikala dihutan, jadi ia tetap kondusif bersama ular. Katak tersebut tidak pikir panjang dan mendapatkan tawaran  ular. Katakpun mencari tali dan mengikatkan perutnya dengan ekor sang ular. Setelah itu mereka berjalan menjelajahi hutan, hingga ditengah hutan sang ular mempunyai niat buruk. Ia ingin berusaha membelit katak. Ular tesebut berusaha membelit katak namun badan katak disambar oleh elang dan digelantungkan di udara. Elang tadi menyadari bahwa ia juga menangkap piton sebab ekornya terikat dengan katak.
Pesan moral dari pola dongeng fabel singkat diatas yaitu jauhilah niat jelek terhadap orang lain sebab dikemudian hari akan merugikan kita.

Contoh Cerita Fabel Singkat “Kelinci dan Siput”
Pada jaman dahulu hiduplah dua binatang dihutan yang luas. Binatang itu ialah kelinci dan siput. Kelinci tersebut mempunyai sifat sangat sombong dan pemarah. Bahkan sang kelinci sering meremehkan binatang hewan lainnya. Ketika ia berjalan jalan disekitar hutan, kelinci itu bertemu sang siput berjalan dengan lambatnya. Kelinci berkata, “ Siput, apa yang kau lakukan disini?” Siput menjawab,” Aku sedang mencari penghidupan.” Kelinci tersebut malah murka sebab ia berpikir sang siput hanya berlagak mencari penghidupan. Si siput berusaha menjelaskan maksud jawabannya tadi namun kelinci tetap saja murka bahkan ia juga mengancam akan menginjak badan siput.
 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya 10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
contoh dongeng fabel pendek wacana siput dan kelinci
Akhirnya siput menantang laga kecepatan dengan kelinci. Mendengar tantangan tersebut sang kelinci murka besar. Ia mendapatkan proposal siput dan berkata dengan keras supaya binatang hewan lain menjadi saksi perlombaan lari antara kelinci dengan siput. Hari perlombaan tiba, kelinci dan siput tadi berlomba lari untuk hingga kefinish. Namun sebelumnya si siput mempunyai nalar untuk meminta siput siput lainnya berada di titik titik jalur lomba lari hingga ke finish. Hal ini dikarenakan cangkang semua siput memiiliki kesamaan, dengan begitu binatang hewan lain tidak akan curiga. Kelincipun melompat dan berlari meninggalkan siput dijalur start. Akhirnya rencana siput berjalan lancar dan hasilnya siput tadi menjadi pemenang walaupun bersama-sama yang memasuki finish ialah temannya. Dengan kemenangan siput menciptakan kelinci menjadi tidak sombong dan tidak pemarah lagi.
Pesan moral pola dongeng fabel singkat diatas ialah jangan suka meremehkan orang lain dengan kesombongan kita. Kesombongan tersebut akan menciptakan kita rugi dan menyesal dikemudian hari.

Contoh Cerita Fabel Pendek “Gajah, Kerbau dan Harimau”
Suatu hari ada seekor kerbau mencari gajah didalam hutan. Kerbau tersebut mencari gajah untuk menemaninya mencari kuliner dihutan. Setelah usang mencari hasilnya kerbau melihat gajah yang sedang berjalan. Gajah tersebut mau menemani kerbau untuk mencari makanan, tetapi sebelum bertemu gajah sang kerbau menemui harimau terlebih dahulu. Sang kerbau juga meminta harimau untuk menemaninya mencari kuliner dihutan dan harimau mendapatkan ajakannya. Setelah kerbau mengumpulkan gajah dan harimau. Kemudian mereka berusaha melaksanakan perburuan kuliner bersama. Mereka berusaha menangkap binatang hewan lain dan merebut kuliner binatang lain juga. Ketiga binatang itu bekerja sama untuk memburu kuliner dihutan.
Baca juga : Jenis Jenis Prosa Lama dan Prosa Baru
Hewan binatang tersebut mulai dari pagi hingga sore mencari makanan. Mereka berhasil menangkap binatang lain dan merebut makanannya. Berbagai jenis kuliner dikumpulkan mulai dari buah buahan hingga binatang hewan hidup. Harimau menunjuk kerbau untuk membagi makanannya. Kerbau tersebut menghitung banyaknya kuliner dan membagi  tiga dengan adil. Sang harimau merasa tidak adil dan marah, hasilnya ia menerkam kerbau dan tumpukan makanannya menjadi bertambah. Setelah itu harimau menunjuk gajah untuk membagi makanannya. Akhirnya sebab harimau merasa masih kurang hasilnya ia juga menerkam gajah. Harimau tersebut serakah sebab merasa kekurangan kuliner dan menerkam kedua temannya tadi.
Pesan moral dari pola dongeng fabel pendek diatas ialah jangan mempunyai sifat serakah dan kurang supaya tidak dijauhi oleh orang lain.  Karena pada suatu hari kita akan membutuhkan proteksi orang lain juga. Namun pada hasilnya orang lain tidak mau untuk membantu kita.

Contoh Cerita Fabel Pendek “Kancil dan Anjing Pemburu”
Disebuah hutan ada pemburu yang ditemani anjingnya. Ia mencari binatang hewan hutan untuk dimangsanya. Anjing tersebut dilatih untuk memburu binatang hewan dihutan. Pemburu tersebut hasilnya mencari buruannya bersama sang anjing. Ditengah tengah pemburuannya, ia melihat kancil sedang makan. Ia berusaha mengejar sang kancil hingga hasilnya sang kancil tertangkap.  Sang kancil berusaha keras mengindari pemburu dan anjingnya. Namun apa daya beliau malah tertangkap dan dimasukkan ke dalam kandang. Sang kancil termasuk binatang yang akil dihutan. Ia berusaha keluar dari sangkar tesebut. Sang kancil berusaha menipu anjing tadi supaya ia sanggup membantu mengeluarkannya dari kandang. Kancil berkata bahwa ialah yang disayang oleh pemburu sebab kancil diberikan kuliner yang banyak dan diberikan kasih sayang lebih. Ia juga berkata bahwa anjing tadi akan digantikan oleh kancil.
 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya 10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
contoh dongeng fabel singkat wacana kancil dan anjing pemburu
Dengan berpikir panjang hasilnya anjing berhasil ditipu oleh sang kancil. Ia tergoda kata katanya dan tidak terima atas perkataan kancil. Akhirnya anjing membuka pintu sangkar dan mengusir kancil dari tempatnya. Anjing juga mengancam kancil apaila ia masih mendekati pemburu, ia akan dimangsa oleh anjing. Sang kancilpun menjauhi temoat pemburu tadi dan berusaha meloloskan diri. Sang pemburu tiba untuk mengambil buruannya. Melihat buruannya yang lepas menciptakan pemburu sangat marah. Pemburu tadi hasilnya murka kepada anjing tadi. Dengan budi kancil membuatnya terlepas dari ancaman yang mengancamnya.
Pesan moral dari pola dongeng fabel diatas ialah apabila kita mempunyai semangat dan impian berpengaruh untuk mewujudkannya. Maka cepat atau lambat niscaya impian tersebut akan terwujud.
Karena bersifat membangun kepribadian, dongeng fabel ini banyak dipakai orang bau tanah untuk mengatakan pesan moral pada anak anaknya. Lebih jauh lagi, pola dongeng fabel juga dijadikan sebagai bahan dalam mata pelajaran bahasa indonesia di sekolah khususnya SD hingga SMP.

Demikianlah klarifikasi mengenai pola fabel singkat dan pendek beserta pesan moral dan struktur dongeng fabel. Perlu kita ingat kembali bahwa dongeng fabel merupakan sebuah dongeng bergaya narasi yang merupakan karangan fiktif belaka.

Digunakan untuk menghibur pembacanya melalui alur dongeng lucu dan hal yang paling menonjol dari dongeng fabel ialah abjad dalam dongeng merupakan binatang yang sanggup berbicara layaknya manusia. Terimakasih telah membaca pola dongeng fabel singkat dan pendek beserta strukturnya.

No comments:

Post a Comment