Thursday, November 14, 2019

Pengertian Surat Klaim (Keluhan) Beserta Contohnya

Pengertian Surat Klaim (Keluhan) Beserta Contohnya - Apakah anda pernah mencicipi ketidakpuasan dalam membeli suatu barang ataupun pelayanan jasa? Hal ini dikarenakan barang tidak sesuai dengan keinginan atau kenyataan maupun pelayanan customer service yang kurang memuaskan. Untuk menanggapi ketidakpuasan ini dibuatlah surat klaim (keluhan) atas ketidaknyamanan tersebut. Lalu apa pengertian surat klaim (keluhan)? Bagaimana   pembuatan tumpuan surat klaim (keluhan)?
Apakah anda pernah mencicipi ketidakpuasan dalam membeli suatu barang ataupun pelayanan ja Pengertian Surat Klaim (Keluhan) Beserta Contohnya
Surat klaim merupakan jenis surat yang diberikan kepada penyedia barang atau jasa tertentu alasannya yaitu barang ataupun jasa yang diberikan kurang memuaskan dan tidak sesuai dengan harapan. Penulisan surat keluhan tidak memerlukan ketentuan tertentu. Namun harus memuat alamat yang dituju serta keluan yang disampaikan harus jelas. Kemudian juga disertai dengan nama dan tanda tangan dibagian final surat. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian surat klaim (keluhan) beserta tumpuan surat klaim (keluhan). Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Pengertian Surat Klaim (Keluhan) Beserta Contohnya

Pengertian surat klaim (keluhan) ialah jenis surat yang berasal dari instansi tertentu ataupun seseorang atas ketidaknyamanan dan ketidakcocokan terhadap suatu barang, pelayanan, dan sebagainya. Surat klaim sanggup disebut sebagai surat pengaduan atau surat keluhan. Contoh surat klaim (keluhan) tersebut menyerupai surat dari konsumen, surat klaim dalam transaksi perdagangan, dan lain lain. Didalam surat klaim terdapat pengaduan layanan jasa ataupun barang yang dibeli tidak sesuai, maka dari itu seseorang yang menciptakan surat ini mengharapkan ganti rugi maupun bentuk penyelesaian lainnya. Biasanya surat ini dibentuk oleh konsumen yang mendapatkan ketidaknyamanan dalam beberapa hal seperti:
  • Barang yang dikirim oleh produsen mengalami keterlambatan alasannya yaitu tidak sesuai dengan jadwal yang dijanjikan.
  • Barang yang diterima atau dikirim konsumen tidak sesuai dengan pesanan.
Baca juga : 4 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit Dan Ada Acara
  • Mutu/kualitas barang tidak sesuai dengan keinginan konsumen.
  • Barang yang dikirim mengalami kerusakan ketika diterima oleh konsumen.
  • Pelayanan dari karyawan tidak sesuai dengan keinginan konsumen.
Berdasarkan hal hal di atas, pengertian surat klaim (keluhan) menyerupai surat dagang berisi keluhan ihwal kerusakan barang saja, namun jenis surat ini juga sanggup berupa pengaduan lainnya.

Surat klaim (keluhan) dari seseorang biasanya tidak selalu gampang diterima oleh pihak yang mendapatkan pengaduan tersebut. Untuk mengatasi hal ini, maka diharapkan bukti yang kasatmata mengenai keluhan atau kekecewaan yang diperoleh oleh konsumen. Dalam pengertian surat klaim (keluhan) ini juga saya jelaskan bahwa apabila anda menciptakan surat pengaduan dagang maka harus menyertakan struk pembayaran jual beli (kwitansi). Dengan begitu pihak konsumen sanggup memperlihatkan bukti dan sanggup melaksanakan beberapa tindakan seperti:
  1. Melakukan penghapusan pembelian barang.
  2. Mengharapkan adanya potongan harga dari pihak produsen.
  3. Meminta pertanggungjawaban apabila barang hilang atau rusak menyerupai meminta ganti rugi atau mengganti barang baru.
  4. Meminta pertanggung tanggapan lain dengan cara mengganti barang dengan jumlah uang yang sesuai.
Dalam pembuatan surat klaim (keluhan) harus memakai kata kata yang resmi dan sopan. Selain itu, keluhan harus disampaikan dengan terang dan menyertakan barang yang diklaimkan.

Contoh Surat Klaim (Keluhan)

Dibawah ini terdapat tumpuan surat klaim (keluhan) biar anda sanggup lebih paham mengenai jenis surat tersebut. Berikut tumpuan suratnya:

Toko Serba Murah
Tangerang, 22 Januari 2017 
Nomor     : 11/II/2017
Perihal     : Pengaduan Kerusakan Barang
Lampiran : 1 lembar

PT. Furniture Suka Maju
Jalan Sukaesih No.01
Cilacap
Dengan hormat,
Barang yang harus dikirimkan oleh PT. Furniture Suka Maju ialah:
  1. 20 Lemari
  2. 35 Kursi
  3. 25 Meja
  4. 25 Sofa
Barang tersebut telah kami terima dengan lengkap. Kami mengucapkan terima kasih atas pelayanan saudara. Namun ketika barang dibuka, kami mendapatkan beberapa kerusakan barang yang telah kami pesan diatas. Berikut beberapa daftar barang yang mengalami kerusakan:
  • 8 Meja yang kacanya retak
  • 3 Meja yang kacanya pecah
  • 6 unit Lemari yang beling cerminnya mengalami keretakan
Dengan demikian, kami mengucapkan undangan maaf dikarenakan barang dikirimkan kembali ke PT. Furniture Suka Maju. Kami mengharapkan barang segera digantikan dengan yang baru.

Bersamaan dengan ini, kami juga menyertakan bukti faktur pembelian barang sehingga duduk perkara sanggup diselesaikan dengan gampang dan cepat.

Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,     
Toko Serba Murah  

Khoiriah Nurjannah
Owner         

Demikianlah klarifikasi mengenai pengertian surat klaim (keluhan) beserta tumpuan surat klaim (keluhan). Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment