Friday, November 15, 2019

Pengertian Dan Macam Macam Teori Kedaulatan Lengkap

Pengertian dan Macam Macam Teori Kedaulatan Lengkap - Berdasarkan bahasa latin kata kedaulatan berarti "supermus" yang artnya "Tertinggi". Sedangkan berdasarkan bahasa Inggris berarti "sovereignly" yang artinya juga "Tertinggi". Kedua bahasa tersebut mempunyai satu pengertian kedaulatan yakni suatu wewenang yang bekerja dalam satu kesatuan politik. Kedaulatan disebut juga sebagai kekuasaan paling tinggi dalam sebuah negara serta kekuasaan yang letaknya tidak dibawah kekuasaan lainnya. Kekuasaan tersebut sanggup dibagi menjadi beberapa macam teori kedaulatan berdasarkan pendapat para ahli.
Pengertian dan Macam Macam Teori Kedaulatan Lengkap Pengertian dan Macam Macam Teori Kedaulatan Lengkap
Lalu apa pengertian kedaulatan secara umum? Apa saja macam teori kedaulatan berdasarkan para ahli? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian kedaulatan dan macam macam teori kedaulatan berdasarkan para ahli. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Macam Macam Teori Kedaulatan Lengkap

Sebelum membahas ihwal pengertian kedaulatan dan macam macam kedaulatan berdasarkan para ahli, saya akan menjelaskan ihwal sifat sifat kedualatan terlebih dahulu. Berikut sifat sifat kedaulatan beserta penjelasan:
  1. Tidak terbatas artinya sebuah kedaulatan tidak akan pernah dibatasi oleh kedaulatan lain. Namun apabila terdapat kedaulatan yang membatasinya maka kedaulatan tertinggi yang diperoleh akan hilang.
  2. Permanen artinya kedaulatan ini sanggup bangun sendiri meskipun pemerintahan kedaulatan sudah mengalami beberapa pergantian.
  3. Tunggal artinya dalam sebuah negara, kedaulatan tersebut mempunyai tingkatan tertinggi dan termasuk satu satunya. Bahkan tidak sanggup dibagikan atau diserahkan kepada forum atau tubuh tertentu.
  4. Asli artinya kedaulatan tersebut tidak berasal dari kedaulatan pihak tertentu yang mempunyai tingkatan tertinggi.
Baca juga : Ancaman Non Militer Terhadap Integrasi Nasional Lengkap

Pengertian Kedaulatan

Selanjutnya terdapat beberapa pengertian kedaulatan. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kedaulatan ialah rakyat yang mempunyai kekuasaan tertinggi dalam sebuah negara. Dengan kata lain rakyatlah yang memegang kekuasaan tertinggi dalam sebuah negara, Teori tersebut berasal dari akhir adanya sebuah raja yang berkuasa dengan menekan dan mutlak.

Selain itu adapula pengertian kedaulatan lain yaitu kekuasaan tertinggi suatu negara yang berada ditangan rakyat. Dalam sebuah negara terdapat tiga forum khusus yang mempunyai kiprah mengatur seluruh acara pemerintahan. Lembaga tersebut meliputi:
  1. Lembaga Legislatif yakni sebuah forum yang bertugas dalam menciptakan Undang Undang. Misalnya MPR, DPD, maupun DPR.
  2. Lembaga Eksekutif yakni forum yang bertugas dalam melakukan Undang Undang. Misalnya Presiden beserta Wakil Presiden.
  3. Lembaga Yudikatif yakni forum yang bertugas mengawasi pelaksanaan Undang Undang yang dilakukan oleh forum eksekutif. Misalnya Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi.

Macam Macam Teori Kedaulatan

Setiap negara mempunyai teori kedaulatan yang berbeda beda. Namun untuk negara Indonesia mempunyai teori kedaulatan aturan dan kedaulatan rakyat. Berikut macam macam teori kedaulatan berdasarkan para ahli:

Kedaulatan Tuhan
Macam teori kedaulatan berdasarkan para hebat yang pertama ialah kedaulatan Tuhan. Teori ini berasal dari Tuhan YME. Dalam teori kedaulatan tersebut memperlihatkan pelajaran bahwa pemerintahan dan negara ini memperoleh kekuasaan paling tinggi dari Tuhan. Dengan kata lain, segala hal yang terdapat didalam semesta ini merupakan ciptaan dan karunia dari Tuhan. Teori kedaulatan Tuhan biasanya dianut oleh raja yang mengaku keturunan dewa. Misalnya kaisar Cina, kaisar Jepang, Raja Jawa (Zaman Hindu) dan Raja yang berasal dari Mesir Kuno.
Baca juga : Makna dan Tujuan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Kedaulatan Raja
Macam teori kedaulatan berdasarkan para hebat selanjutnya ialah kedaulatan raja. Kedaulatan raja ialah kedaulatan yang dipegang oleh raja beserta keturunannya. Kekuasaan tertinggi tersebut bersifat mutlak dan turun temurun.

Kedaulatan Negara
Macam teori kedaulatan berdasarkan para hebat selanjutnya ialah kedaulatan negara. Kedaulatan negara ialah jenis kedaulatan yang kekuasaan tertingginya dipegang oleh negara itu sendiri.

Kedaulatan Hukum
Macam teori kedaulatan berdasarkan para hebat selanjutnya ialah kedaulatan hukum. Kedaulatan aturan artinya kekuasaan tertinggi dipegang oleh aturan sepenuhnya, baik tertulis maupun tidak tertulis. Kedaulatan ini mempunyai sifat yang telah diatur dalam aturan dan tidak mutlak.

Kedaulatan Rakyat
Macam teori kedaulatan berdasarkan para hebat yang terakhir ialah kedaulatan rakyat. Kedaulatan rakyat artinya kekuasaan tertinggi sepenuhnya dipegang oleh rakyat. Maka dari itu terdapat istilah demokrasi yang artinya dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat.

Demikianlah klarifikasi ihwal pengertian kedaulatan dan macam macam teori kedaulatan. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment