Friday, November 15, 2019

Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya

Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya - Daun ialah bab dari tumbuhan yang terdapat di batang ataupun ranting. Daun umumnya berwarna hijau alasannya didalamnya terdapat kandungan krorofil. Bagian tumbuhan ini juga menyerap sinar matahari untuk melaksanakan proses fotosintesis atau pembuatan makanannya sendiri. Hampir seluruh tumbuhan mempunyai daun yang  mempunyai kegunaan sebagai kawasan pembuatan makanan. Namun tidak semua bentuk tulang daun pada tumbuhan sama. Setiap tumbuhan mempunyai macam macam bentuk tulang daunnya sendiri. Hal ini dikarenakan struktur dan susunan setiap tumbuhan berbeda.

Seperti yang kita tahu bahwa dalam daun terdapat zat klorofil yang dipakai sebagai materi dasar dalam proses fotosintesis. Selain itu adapula materi lain yaitu air (H2O), gas Karbon Dioksida (CO2) dan cahaya matahari. Kemudian materi bahan tersebut diubah menjadi Gula dan gas Oksigen (O2). Proses perubahan seyawa inilah yang dinamakan fotosintesis. Pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai macam macam bentuk tulang daun beserta contohnya. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya

Dalam tumbuhan terdapat beberapa jenis daun yang dikategorikan sebagai daun lengkap dan daun tidak lengkap. Daun lengkap merupakan jenis daun yang terdiri dari tangkai daun, helaian daun dan pelepah daun. Misalnya tumbuhan pisang dan bambu. Sedangkan untuk jenis daun yang tidak lengkap merupakan jenis daun yang tidak mempunyai bab serpihan yang lengkap. Tetapi semua itu ditunjang dengan banyak sekali macam bentuk tulang daun yang terdapat didalamnya.
Baca juga : Bentuk Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan
Sebelum membahas mengenai macam macam bentuk tulang daun dan contohnya, aku akan membahas mengenai fungsi daun secara umum bagi tumbuhan. Berikut fungsinya:
  1. Untuk tampat fotosintesis (proses pembuatan kuliner sendiri).
  2. Alat pernapasan tumbuhan melalui lisan daun (stomata) yang terletak dibagian permukaan daun.
  3. Tempat terjadinya penguapan air, apabila kandungan air dalam tumbuhan terlalu banyak.
Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya
Bentuk Tulang Daun

Macam Macam Bentuk Tulang Daun
Berikut klarifikasi mengenai macam macam bentuk tulang daun beserta contohnya:
Baca juga : Pembelahan Mitosis dan Meiosis Beserta Gambarnya
Tulang Daun Menyirip
Bentuk tulang daun yang pertama ialah tulang daun menyirip. Bentuk tulang daun ini mempunyai struktur daun menyerupai sirip ikan. Contohnya daun jambu, daun mangga, dan daun nangka.

Tulang Daun Menjari
Bentuk tulang daun selanjutnya ialah tulang daun menjari. Bentuk tulang daun ini mempunyai struktur daun menyerupai jari tangan. Contohnya daun pepaya dan daun jarak.

Tulang Daun Melengkung
Bentuk tulang daun selanjutnya ialah tulang daun melengkung. Bentuk tulang daun ini mempunyai struktur daun menyerupai garis melengkung. Contohnya daun sirih dan daun genjer.

Tulang Daun Sejajar
Bentuk tulang daun selanjutnya ialah tulang daun sejajar. Bentuk tulang daun ini mempunyai struktur daun menyerupai garis lurus sejajar. Contohnya rumput teki, alang alang dan tumbuhan tebu.

Demikianlah klarifikasi mengenai macam macam bentuk tulang daun beserta referensi tanamannya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih. 

No comments:

Post a Comment