Saturday, November 16, 2019

Contoh Aturan Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari

Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari - Dalam pelajaran Fisika terdapat bahan mengenai Hukum Newton. Hukum ini terdapat dalam rangkuman Issac Newton kategori Tiga Hukum Fisika. Issac Newton yakni spesialis Astronomi, Teolog, Matematikawan sekaligus hebat Fisikawan yang berasal dari Inggris. Beliau mengeluarkan buku berjudul Philosophiae Naturalis Principia Mathematica pada tanggal 5 Juli 1687. Didalam karya tersebut terdapat pembahasan Tiga Hukum Newton yakni Hukum Newton 1, Hukum Newton 2, dan Hukum Newton 3. Kemudian pola Hukum Newton 1, pola Hukum Newton 2, pola Hukum Newton 3 sanggup kita temukan dalam kehidupan sehari hari.

Lalu apa itu Hukum Newton? Hukum Newton yakni jenis aturan yang meliputi ketiga aturan yang dipakai sebagai dasar mekanika klasik. Jenis aturan ini merupakan citra dari hubungan antara gaya dengan gerak suatu benda. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai pola Hukum Newton 1, pola Hukum Newton 2, pola Hukum Newton 3 dalam kehidupan sehari hari. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari

Baiklah pribadi saja, saya akan membahas mengenai masing masing pola Hukum Newton 1, pola Hukum Newton 2, pola Hukum Newton 3 dalam kehidupan sehari hari. Berikut klarifikasi dan pola contohnya:
Baca juga : Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya

Contoh Hukum Newton 1

Hukum Newton 1 mempunyai suara yakni, "Apabila Resultan gaya yang terdapat di dalam benda bekerja dengan nilai Nol, Maka benda yang awalnya membisu akan tetap diam. Benda yang awalnya bergerak secara lurus beraturan juga akan tetap bergerak lurus beraturan". Hukum Newton ini berafiliasi dengan sifat kelembapan benda. Maka dari itu, sebuah benda akan lebih condong untuk mempertahankan kedudukannya. Dengan kata lain benda sanggup dikatakan malas bergerak. Dibawah ini terdapat pola aturan newton 1 dalam kehidupan sehari hari:
  1. Ketika sepeda atau motor direm maka badan akan bergerak kedepan.
  2. Ketika kendaraan beroda empat atau motor digas maka badan akan terdorong/bergerak ke belakang.
Dalam pelajaran Fisika terdapat bahan mengenai Hukum Newton Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari
Contoh Aplikasi Hukum Newton 1

Contoh Hukum Newton 2

Hukum Newton 2 mempunyai suara yakni, "Sebuah benda mempunyai percepatan yang sama dengan jumlah gaya dan berbanding terbalik dengan massa bendanya". Hukum Newton ini berafiliasi dengan kondisi gerak sebuah benda. Sebuah benda tersebut akan memperoleh gaya dan massa yang perlu diperhatikan. Dibawah ini terdapat pola aturan newton 2 dalam kehidupan sehari hari:
  1. Seseorang yang sedang mendorong gerobak dengan kekuatan yang besarnya tertentu. Maka gerobak tersebut akan bergerak dengan percepatan tertentu pula.
  2. Sebuah truk yang bergerak dengan massa 2 ton maka akan mengalami percepatan sebesar 2 m/s.
Dalam pelajaran Fisika terdapat bahan mengenai Hukum Newton Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari
Contoh Aplikasi Hukum Newton 2
Baca juga : Hubungan Antara Gaya dan Gerak Beserta Penjelasan

Contoh Hukum Newton 3

Kemudian Hukum Newton 3 juga mempunyai suara yakni, "Apabila sebuah benda menawarkan gaya terhadap benda lain maka benda tersebut juga akan menawarkan gaya balik dengan besar yang sama, namun dengan arah yang sebaliknya. Hukum Newton ini berafiliasi dengan gaya agresi maupun gaya reaksi. Dengan kata lain, sebuah benda yang menawarkan gaya agresi maka akan memperoleh gaya reaksi. Di bawah ini terdapat pola aturan newton 3 dalam kehidupan sehari hari:
  1. Ketika kita sedang mendayung sebuah perahu. Perahu tersebut akan didayung dari arah belakang, lalu bahtera akan bergerak ke arah depan. Hal ini dikarenakan air diberikan gaya yang berasal dari alat dayung.
  2. Ketika peluncuran roket air. Air yang terdapat didalam roket akan mengalami tekanan tinggi alasannya yakni mengandung detergen. Pada ketika tutup roket dibuka, air akan menyembur dan mendorong roket  ke atas.
Dalam pelajaran Fisika terdapat bahan mengenai Hukum Newton Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari
Contoh Aplikasi Hukum Newton 3
Demikianlah pola Hukum Newton 1, pola Hukum Newton 2, pola Hukum Newton 3 dalam kehidupan sehari hari yang sanggup saya bagikan. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment