Monday, December 2, 2019

Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, Jenis Dan Contoh

Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia - Jika bicara soal jenis-jenis teks tentunya lekat kaitannya dengan pelajaran bahasa. Untuk anda yang masih dibangku sekolah tentunya teks sudah menjadi kepingan dari pelajaran, anda dapt menemukan topik yang membahas teks dalam pelajaran bahasa indonesia dan bahasa inggris. Teks sendiri yaitu sebuah goresan pena yang menceritakan atau memaparkan insiden menurut konteks dan tujuan dari teks tersebut. Teks terbagi menjadi banyak sekali jenis dan setiap jenis teks mempunyai ciri-ciri yang berbeda, Dan kali ini saya akan membahas wacana Macam-macam teks lengkap dengan ciri-ciri dan struktur kalimatnya.

Pengertian Teks
jenis teks tentunya lekat kaitannya dengan pelajaran bahasa Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, jenis dan contoh

Beberapa orang beropini bahwa pengertian dari sebuah teks yaitu media atau cara seseorang untuk mengungkapkan sebuah insiden secara komunikatif. Teks terbagi menjadi beberapa jenis dan setiap jenis mempunyai ciri-ciri, struktur kalimat dan kriteria tertentu yang berbeda antara satu teks dengan yang lainnya. Kriteria teks bersifat objektif menyesuaikan dengan pengamatan seseorang, Untuk membedakan jenis-jenis teks yang pertama dan paling menonjol yaitu dengan melihat struktur kalimatnya dan berikut yaitu macam-macam jenis teks lengkap dengan pembahasan struktur kalimat dan ciri-cirinya.

Jenis-Jenis Teks Dalm Bahasa Indonesia

Teks Narasi

Teks Narasi yaitu jenis teks yang berupa karangan tidak faktual atau fiksi, teks narasi biasanya menceritakan kisah yang sudah mempunyai alur dan tahapan waktu menurut impian sang penulis. Teks narasi sendiri sangat gampang untuk dikenali sebab biasanya berisi cerita-cerita fiksi. Tujuan komunikatif dari teks Narasi yaitu sebagai materi bacaan atau hiburan bagi para pembacanya.

Struktur Teks Narasi :

Stuktur teks Narasi sanggup dibagi menjadi 4 yakni Orientasi, Komplikasi, Resolusi dan Coda.
  1. Orientasi : Menggambarkan wacana tokoh dan karakter, latar dan alur dari dongeng tersebut.
  2. Komplikasi : Berisi wacana pengenalan konflik atau dilema yang terjadi dalam dongeng tersebut.
  3. Resolusi : Berisi wacana bagaimana final atau ending dari cerita. Akhir dongeng sendiri sanggup dibagi menjadi 2 yakni final senang dan final tidak bahagia.
  4. Coda : Coda yaitu petuah atau nilai-nilai moral yang terkandung dalam teks narasi tersebut yang diharapkan sanggup diambil hikmahny oleh pembaca.
Baca Juga : Pengertian jan Jenis frasa
Teks Deskripsi

Teks deskripsi yaitu teks yang menggambarkan atau memberi klarifikasi wacana sebuah obyek entah itu obyek hidup atau mati dari sudut pandang tertentu yang bertujuan biar pembaca sanggup mencicipi pengalaman menyerupai dalam teks tersebut. Teks deskripsi mempunyai tujuan komukatif untuk memberikan warta secara rinci terkait dengan suatu obyek.
Struktur Teks Deskripsi :

Stuktur teks Deskripsi dibagi menjadi 2 yakni Identifikasi dan Deskripsi
  1. Identifikasi : berisi pengenalan secara umum dan menuju ke klarifikasi yang lebih terperinci. 
  2. Deskripsi : berisi klarifikasi yang lebih terperinci mengenai obyek yang dibahas dalam teks tersebut. Deskripsi dari obyek tersebut disampaikan melalui beberapa sub kategori. Sebagai referensi ketika kita membahas tumbuhan maka akan ada sub kategori menyerupai jenis tumbuhan, lingkungan hidup dan lain sebagainya.
Teks Prosedur

Dari namanya tentunya kita sudah sanggup menebak jenis teks apakah ini, teks mekanisme yaitu teks yang berisikan langkah-langkah atau mekanisme untuk menciptakan atau melaksanakan sesuatu. Teks mekanisme umumnya ditemui dalam bentuk tutorial menyerupai resep masakan, panduan menciptakan kerajinan tangan dan masih banyak lagi. Tujuan dari teks mekanisme yaitu untuk memperlihatkan petunjuk secara terperinci kepada pembaca wacana bagaimana cara melaksanakan atau menciptakan sesuatu.

Struktur Teks Prosedur :

Stuktur teks mekanisme sanggup dibagi menjadi 3 yakni Tujuan, Bahan dan langkah.
  1. Tujuan : berisi wacana tujuan dari suatu kegiatan. Teks mekanisme biasanya eksklusif sanggup dikenali hanya dengan melihat judulnya saja, menyerupai referensi : Cara membuat..., Cara menjalankan..,
  2. Bahan : berisi wacana Bahan dan alat yang dibutuhkan dalam kegiatan.
  3. Langkah : berisi wacana langkah atau panduan melaksanakan sesuatu.
Teks Laporan

Teks laporan adalah teks yang berisi wacana warta atau laporan secara umum suatu obyek. Pembahasan yang dilakukan dalam teks laporan biasanya hanya secara umum atau menurut pengamatan sepintas saja. Tujuan dari teks laporan sendiri yaitu untuk memberikan suatu warta secara umum kepada pembaca.

Struktur Teks laporan :

Stuktur teks laporan dibagi menjadi 2 yakni Klasifikasi umum dan deskripsi.
  1. Klasifikasi umum : berisi wacana pengelompokan warta secara umum.
  2. Deskripsi : berisi wacana klarifikasi warta utama yang sudah dipilah menjadi beberapa sub kategori warta yang tetap disampaikan secara umum.

Teks Eksposisi

Teks eksposisi yaitu teks yang berbentuk karangan yang bersifat memaparkan insiden atau warta dan pengetahuan secara singkat, padat dan akurat. Teks eksposisi bersifat ilmiah atau non fiksi. tujuan dari teks eksposisi sendiri yaitu untuk memaparkan suatu insiden atau warta kepada pembaca sejelas-jelasnya.
Baca Juga : 3 Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasan
Artikel Terkait : Pengertian, Contoh Dan Ciri-Ciri Teks Eksposisi Lengkap

Struktur Teks Eksposisi :

Struktur teks eksposisi terdiri dari tesis, argumen dan penegasan.
  1. Tesis : Tesis yaitu pembukaan atau pengenalan dari suatu warta didalam teks
  2. Argumentasi : yaitu pokok bahasan yang dipaparkan.
  3. Penegasan : Penegasan pokok-pokok bahasan yang menguatkan pemaparan dari warta tersebut.
Baca Juga : Teks Anekdot (pengertian, ciri dan contoh)

No comments:

Post a Comment