Monday, December 2, 2019

Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia

Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia  merupakan topik pembahasan  yang  akan kita bahas artikel kali . Pada artikel ini kita akan membahas salah satu bahan yang terdapat pada mata pelajaran geografi, mencakup daerah-daerah persebaran fauna di Indonesia yang disertai referensi fauna yang terdapat pada daerah-daerah tersebut.

Persebaran fauna di Indonesia tersebar menurut kondisi sejarah geologis negara Indonesia. Pembagian persebaran fauna secara geologis di Indonesia di bagi menjadi 3 wilayah oleh Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber yaitu wilyah asiatis ( Indonesia belahan Barat), peralihan, serta Australis ( Indonesia belahan Timur). Berikut di bawah ini merupakan jenis persebaran fauna di Indonesia.

1.Fauna Asiatis, wilayah persebaran fauna asiatis tersebar pada dataran sunda atau wilayah Indonesia belahan Barat yang mencakup Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan.


Artikel Terkait :Pengertian Skala Peta dan Cara Menghitungnya
  • Ciri-Ciri dan Contoh Fauna Asiatis

Fauna pada wilayah asiatis mempunyai ciri-ciri yaitu kita sanggup menjumpai aneka macam mamalia berukuran besar menyerupai gajah ( Elepahas maximus sumatranus), rino (Rhinoceros sondaicus), harimau (Panthera tigris), beruang (Helarctos malayanus ), dan orang utan (pongo phygmaeus). Pada wilayah fauna asiatis terdapat pula fauna endemik, fauna endemik ialah fauna yang hanya sanggup ditemukan pada satu tempat tertentu dan tidak sanggup ditemukan di tempat atau lokasi lain misalnya Beo Nias (Gracula religiosa robusta) yang sanggup kita temukan di Kabupaten Nias, Bekantan atau sanggup disebut monyet Belanda ( Nasalis larvatus), Orang utan Kalimantan (Pongo phygmaeus), dan rino berucula satu  yang sanggup kita temui di Ujung kulon Jawa Barat.

2.Fauna Peralihan di batasi oleh garis Wallace dan Weber. Garis Wallace ialah garis yang membatasi di Dangkalan Sunda antara fauna asiatis dengan fauna peralihan.Garis Weber ialah garis yang membatasi di Dangkalan Sahul antara fauna Peralihan dengan fauna Australis.
Wilayah persebaran fauna peralihan tersebar mencakup daerah Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Contoh fauna peralihan antara lain babi rusa (Babyrousa babirussa), anoa (Bubalus depressicornis), biawak (Veranus salvator), komodo (Varanus komodosiensis), dan kuskus (Ailurops ursinus), burung maleo (Macrocephalon maleo) .
 Pada artikel ini kita akan membahas salah satu bahan yang terdapat pada mata pelajaran g Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia


3.Fauna Australis, fauna ini tersebar di Dataran Sahul atau wilyah Indonesia belahan Timur menyerupai Papua. Contoh fauna Australis yaitu hewan-hewan berkantung menyerupai kanguru (Macropus giganteus), burung kasuari ( Casuarius casuarius), kuskus (Ailurops ursinus), burung cendrawasih ( Paradisaea rudolphi), kakatua ( Cacatua moluccensis), dan amfibi.

Sekian Posting aku kali ini mengenai Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia . Semoga dengan artikel ini sanggup membantu pemahaman kalian perihal persebaran fauna daerah fauna di Indonesia  beserta contohnya.

No comments:

Post a Comment