Monday, December 2, 2019

Komponen Peta Dan Penjelasannya

Komponen Peta Dan Penjelasannya – Peta merupakan sebuah alat  membantu dalam memberikan suatu gosip keruangan. Berdasarkan fungsi tersebut, sebuah peta hendaknya perlu dilengkapi dengan banyak sekali macam komponen atau unsur kelengkapan yang bertujuan mempermudah pengguna dalam membaca atau memakai peta.

Ada beberapa perbedaaan yang dimiliki antara peta umum (peta rupa bumi atau peta topografi) dan peta khusus atau sanggup disebut peta tematik. Peta umum mempunyai komponen yang lebih kompleks dan standar atau baku. Contohnya peta muka bumi sudah mempunyai standar baku sendiri menurut konvensi, dimana jenis gosip tepi, desain tata letak, komposisi, tata warna, maupun simbol-simbol yang dipakai pada peta umum relatif sama atau seragam. Sebelum anda mulai mengenal komponen peta dan penjelasannya maka simaklah artikel sebelumnya yang membahas wacana pengertian tujuan dan fungsi peta dalam artikel yang berjudul Pengertian Peta (Jenis,Tujuan Dan Fungsi Peta).

Beda dengan peta umum, peta khusus atau peta tematik memliki komponen peta yang lebih sederhana serta bervariasi antara satu peta dengan peta yang lain. Dalam pembuatannya peta tematik juga tidak mengharuskan sebuah komponen peta tematik untuk sama dengan peta tematik lainnya. Sebagai referensi dalam hal posisi gosip tepi, penggunaan warna dan lain-lain.

Komponen Peta Dan Penjelasannya

Berikut dibawah ini merupakan komponen kelengkapan peta yang secara umum sering kita temukan pada peta. Komponen yang harus ada pada peta dibawah ini intinya sangat dekat kaitannya dengan penginderaan jauh. Adapun bahan wacana penginderaan jauh telah kita bahas sebelumnya dalam artikel yang berjudul Penginderaan Jauh (Pengertian, Dan Komponen-Komponen Dalam Sistem Pengindraan Jauh).

Judul Peta
Judul peta ialah sebuah komponen penting pada peta yang memuat  identitas  isi atau gambar peta. Letak judul peta biasanya terletak dibagian atas sebuah peta. Sebelum melihat isi peta, niscaya pembaca terlebih dahulu akan melihat judul peta.

Garis Tepi Peta
Garis peta ialah garis yang dipakai untuk membatasi ruang peta, pada umumnya garis tepi peta berbentuk segi empat dan sebaiknya dibentuk rangkap. Garis ini sanggup membantu kita saat akan menciptakan peta pulau, kota, ataupun wilayah biar sanggup sempurna di tengah-tengahnya.
Baca juga: Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia
Garis Astronomis
Garis astronomis terdiri dari garis lintang dan garis bujur. Garis astronomis mempunyai kegunaan untuk mengetahui posisi diktatorial suatu objek pada peta utama. Tanda-tanda koordinat garis astronomis pada umumnya digambarkan dengan garis-garis pendek memotong garis tepi.

Petunjuk Arah/ Tanda Orientasi/ Arah Mata Angin
Komponen ini berfungsi sebagai penunjuk arah mata angin, yaitu Utara, Timur laut, Timur, Tenggara, Selatan, Barat daya, Barat, Barat laut. Komponen petunjuk arah pada peta biasanya berbentuk tanda panah yang menunjuk ke arah utara. Petunjuk arah ini sanggup diletakkan dimana saja pada peta asalkan tidak menggangu ketampakan peta. Akan tetapi pada peta tidak semua petunjuk arah mengarah ke arah Utara melainkan ke arah Barat atau Selatan.
membantu dalam memberikan suatu gosip keruangan Komponen Peta Dan Penjelasannya

Inset
Inset membuktikan lokasi tempat yang dipetakan pada kedudukannya dengan tempat sekitar yang lebih luas. Inset  berbentuk peta kecil yang disisipkan dibagain sisi kiri, sisi kanan, atau di bawah peta dengan garis tepi. Tujuan menawarkan inset ialah untuk memperjelas salah satu bab dari peta dan untuk membuktikan lokasi yang penting, tetapi kurang terperinci dalam peta.

Skala Peta
Skala peta dalah anggka yang membuktikan perbandingan jarak bersama-sama dengan jarak yang ada dipeta. Skala diletakkan pada bab bawah judul peta. Skala merupakan komponen yang penting alasannya dengan skala pembaca peta sanggup mengetahui jarak sebernarnya di lapangan. Sebagai referensi skala 1 : 100.000 ,artinya 1 cm di peta mewakili 1 100.000 cm atau 1 km di lapangan.

Untuk lebih jelasnya lagi anda sanggup membaca artikel sebelumnya yang menjelaskan pengertian dan fungsi skala sebagai salah satu komponen peta dalam artikel yang berjudul Pengertian Skala Peta dan Cara Menghitungnya.

Simbol Peta
Simbol peta merupakan sebuah lambang yang dipakai untuk memberi tanda fenomena yang terdapat pada suatu wilayah yang mempunyai makna yang gampang dipahami oleh banyak orang( pengguna peta).

Legenda
Legenda ialah keterangan dari simbol-simbol peta yang dipakai supaya gampang dipahami pembaca. Biasanya legenda terletak di bab sisi kiri atau sisi kanan bab bawah suatu peta dan sebaiknya di dalam garis tepi peta.

Sumber Peta
Sumber peta dicantumkan biar pembaca sanggup mengetahui asal sumber peta itu diperoleh dan dibuat.

Tahun Pembuatan
Tahun pembuatan sangat diharapkan tertutama pada peta-peta yang menggambarkan data atau keadaan yang cepat berubah, menyerupai data persebaran penduduk, kepadatan penduduk, dan penggunaan lahan. Tahun pada peta akan kuat terhadapap keakuratan data dari suatu peta tematik.
Sekian artikel kali ini mengenai Komponen Peta Dan Penjelasannya yang sanggup kita simak dan pelajari. Selalu ingat bahwa peta tidak akan terlepas dari komponen komponen yang harus ada dalam peta itu sendiri. Menghafal komponen peta akan membantu kita untuk memahami nafigasi dan penginderaan jauh dengan cepat. Terimakasih

No comments:

Post a Comment