Monday, December 2, 2019

Ilmu Sosiologi, Pengertian, Ciri-Ciri Serta Hakikatnya

Ilmu Sosiologi, Pengertian, Ciri-Ciri Serta HakikatnyaPengertian sosiologi berasal dari bahasa latin yunani yaitu socius yang mempunyai arti sobat atau masyarakat dan logos yang berarti ilmu. Sehingga dari kedua kata tersebut sosiologi sanggup diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari atau mengkaji perihal hubungan sosial yang terjadi dalam hubungan sosial masyarakat serta tersusun secara ilmiah dan menurut contoh pikir yang kritis. Dalam tingkat sekolah Ilmu Sosiologi sangat penting dan dekat kaitannya dengan bimbingan konseling, Kenapa Sosiologi sangat penting? Karena Ilmu Sosiologi akan mengarahkan kita menuju eksklusif yang lebi baik.

Ilmu sosiologi selalu mengarahkan insan untuk berpikir dan melakukan kiprahnya dalam kehidupan bermasyarakat ( das sollen). Selain itu sosiologi juga selalu, menginmplementasikan, mengkaji, dan mempelajari suatu bencana atau fakta sosial yang terjadi dalam lingkungan masyarakat ( das sein).
 berasal dari bahasa latin yunani yaitu  Ilmu Sosiologi, Pengertian, Ciri-Ciri Serta Hakikatnya
Artikel Terkait :Pengertian Proses Sosial Asosiatif dan Disosiatif Beserta Bentuk-Bentuknya

Pengertian, Ciri-ciri Serta Hakikat Ilmu Sosiologi

Pengertian Ilmu Sosiologi

Singkatnya Ilmu sosiologi yaitu ilmu yang membahas dan mendalami perihal pengetahuan, tata cara hidup bermasyarakat.

Ciri-Ciri Ilmu Sosiologi

Masing-masing objek ilmu pengetahuan mempunyai ciri khas tertentu, begitu juga ilmu sosiologi juga mempunyai karakteristik atau ciri khas yang membedakannya dengan ilmu-ilmu lain. Berikut di bawah ini merupakan ciri-ciri dari ilmu sosiologi.

  • Empiris, artinya ilmu sosiologi merupakan sebuah ilmu yang mengkaji suatu objek menurut observasi serta logika,  bukan menurut spekulasi semata.
  • Teoritis, sosiologi berusaha menunjukkan teori untuk menandakan pernyataan atau proporsi secara logis untuk menjelaskan hubungan alasannya yaitu akibat.
  • Kumulatif, sosiologi di susun menurut pengembangan , perbaikan, perluasan, serta penguatan sesuai kondisi terbaru atau fakta terbaru dari teori-teori yang pernah ada sebelumnya.
  • Nonetis, artinya sosiologi tidak bertunjuan untuk menilai suatu kebaikan atau keburukan suatu fakta, melainkan bertujuan untuk menjelaskan fakta secara analitis.
Hakikat Ilmu Sosiologi

Setelah mengetahui Pengertian dan Ciri-ciri ilmu sosiologi maka derikut di bawah ini merupakan hakikat dari ilmu sosiologi :
  1. Sosiologi merupakan ilmu sosial. Artinya ilmu sosiologi  didasari dari kajian ilmu yang menghubungkan realitas sosial melalui gejala-gekala sosial dalam ilmu pengetahuan.
  2. Sosiologi bertujuan menghasilkan definisi dan contoh umum lantaran sosiologi meneliti perihal aturan-aturan dasar yang terbentuk dari hasil contoh interaksi anatarindividu dalam bermasyarakat.
  3. Sosiologi tidak termasuk ilmu pengetahuan normatif, melainkan termasuk dalam dalam pengetahuan displin kategoris. Artinya,  sosiologi hanya membahas sebatas pada kondisi realitas yang terjadi pada dikala ini dan tidak membahas perihal hal-hal yang seharusnya terjadi. Oleh alasannya yaitu itu ilmu sosiologi sanggup dikatakan sebagai ilmu pasti.
  4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan empiris rasional, hal tersebut berkaitan dengan apa yang dipakai dalam kajian ilmu sosiologi.
Itulah Pengertian Ciri-ciri dan Hakikat Ilmu sosiologi yang sanggup kita pelajari, Terimakasih atas kunjungannya.

No comments:

Post a Comment