Tuesday, December 3, 2019

Pengertian Dan Operasi Bilangan Cacah

Pengertian dan Operasi Bilangan Cacah - Dalam pelajaran matematika terdapat beberapa jenis bilangan menyerupai bilangan cacah, bilangan asli, bilangan prima dan sebagainya. Setiap bilangan mempunyai pengertian dan operasi bilangan yang berbeda beda. Seperti halnya bilangan cacah ini. Pengertian bilangan cacah dan operasi bilangan cacah berbeda dengan jenis bilangan lain. Namun anda mungkin sudah tidak absurd lagi dengan bilangan ini. Ketika dibangku sekolah, para siswa telah diajarkan mengenai bilangan cacah beserta hal hal yang terkait didalamnya.
Dalam pelajaran matematika terdapat beberapa jenis bilangan menyerupai bilangan cacah Pengertian dan Operasi Bilangan Cacah
Apa bilangan cacah itu? Bagaimana pengoperasiannya? Bilangan cacah merupakan salah satu jenis bilangan dalam matematika. Kali ini aku akan membahas mengenai pengertian bilangan cacah dan operasi bilangan cacah. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Operasi Bilangan Cacah

Terdapat sebagian orang yang kesulitan dalam mengetahui nama bilangan dalam matematika. Maka dari itu untuk membantu anda mengetahui klarifikasi mengenai bilangan cacah, telah aku sajikan lengkap dalam artikel ini. Dalam artikel ini telah aku bagi menjadi dua sub sajian yaitu pengertian bilangan cacah dan operasi bilangan cacah.
Baca juga : Rumus Luas dan Volume Tabung Beserta Cara Menghitungnya

Pengertian Bilangan Cacah

Pengertian bilangan cacah yaitu suatu bilangan yang bermula dari angka nol (0) dan akan bertambah satu bilangan dari bilangan sebelumnya. Bilangan cacah sanggup disebut himpunan bilangan lingkaran yang tidak negatif atau himpunan bilangan orisinil yang ditambah angka nol. Untuk lebih memahami lagi mengenai bilangan cacah, berikut pola bilangan cacah :
Bilangan Cacah = {0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,….}

Operasi Bilangan Cacah

Dalam bilangan cacah terdapat beberapa pengoperasian bilangan tersebut. Operasi bilangan cacah mencakup penjumlahan bilangan cacah, pengurangan bilangan cacah, perkalian bilangan cacah dan pembagian bilangan cacah.

Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah
Operasi bilangan cacah yang pertama yaitu operasi penjumlahan. Operasi penjumlahan bilangan cacah sanggup dibagi menjadi beberapa sifat yaitu :
  1. Penjumlahan Komulatif, contohnya x + y = y + x.
  2. Penjumlahan Asosiatif, contohnya (x + y) + z = x + (y + z).
  3. Terdapat unsur Identitas yaitu nol (0).
  4. Penjumlahan tertutup yaitu penjumlahan yang terjadi antara dua bilangan cacah dan akan menghasilkan bilangan cacah juga.
Operasi Pengurangan Bilangan Cacah
Operasi bilangan cacah selanjutnya yaitu operasi pengurangan. Untuk operasi pengurangan dalam bilangan cacah mempunyai sifat berkebalikan. Misalnya a - b = c sama dengan b + c = a. Dengan begitu mempunyai kesamaan dengan sifat dalam operasi penjumlahan.
Baca juga : Menentukan Nilai Rata Rata Diagram Batang
Operasi Perkalian Bilangan Cacah
Operasi bilangan cacah selanjutnya yaitu operasi perkalian. Operasi perkalian bilangan cacah yaitu operasi penjumlahan yang mengulang bilangan cacah yang dikalikan tadi. Contohnya :
  • 2 x 3 = 2 + 2 + 2
  • 4 x 5 = 4 + 4 + 4 + 4 + 4
  • 2 x 5 = 2 + 2 + 2 + 2 + 2
 Operasi bilangan cacah ini mempunyai beberapa sifat menyerupai :
  1. Perkalian komutatif, contohnya a x b = b x a.
  2. Perkalian asosiatif, contohnya (a x b) x c = a x (b x c).
  3. Perkalian distributif, contohnya a x (b + c) = (a x b) + (a x c) atau a x (b - c) = (a x b) - (a x c)
  4. Terdapat unsur Identitas yaitu 1, contohnya a x 1 = a dan b x 1 = b.
  5. Untuk semua bilangan cacah yang dikalikan dengan nol akan menghasilkan bilangan nol juga.
Operasi Pembagian Bilangan Cacah
Operasi bilangan cacah yang terakhir yaitu operasi pembagian. Operasi pembagian bilangan cacah mempunyai sifat yang berkebalikan dengan operasi perkalian. Misalnya a : b = c menjadi b x c = a. Untuk bilangan cacah yang dibagi dengan nol akan menghasilkan angka tak terhingga alasannya tidak sanggup didefinisikan. Sedangkan jikalau angka nol dibagi bilangan cacah akan menghasilkan angka nol juga.

Inilah klarifikasi mengenai pengertian bilangan cacah dan operasi bilangan cacah. Semoga artikel ini sanggup menambah ilmu anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment